Manfaat Teh Hijau Dan Madu

Daftar Isi

    LancangKuning - Sebelum mengenal berbagai manfaat yang ada pada teh hijau dan madu lebih baik kita kenali dahulu ciri-cirinya.

    Teh hijau adalah daun tumbuhan yang bernama Camellia sinensis. Di negara seperti China dan Jepang menggunakan daun teh hijau sebagai minuman untuk pengobatan yang telah terjadi selama berabad-abad terdahulu. Berbeda dengan teh hitam yang proses pengolahannya yang sedikit ribet teh hijau dalam pengolahannya tergolong mudah. Karena proses pengolahannya yang sedikit membuat the hijau lebih terjaga nutrisi, antioksidan dan manfaat lainnya.

    Teh Hijau Memiliki Kandungan:

    • 12 miligram kafein
    • 1 kkal energi
    • 0,2 gram protein
    • 1 miligram magnesium
    • 8 miligram

    Manfaat The Hijau

    1. Meningkatkan Fungsi Otak dan Kecerdasan

    Dalam teh juga terdapat kafein untuk menghambat aktivitas adenosin, adenosine adalah senyawa untuk mencegah kantuk pada tubuh. Kafein juga dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan memperkuat daya ingat.

    2. Mencegah Tubuh Terkena Kanker

    Karena teh hijau memiliki anti oksidan yang tinggi ­­hal ini dapat melindungi bagian tubuh yang mempunyai resiko menjadi pertumbuhan sel kanker. Berdasarkan riset teh hijau dapat mencegah kanker seperti, kanker usus besar, kanker prostat dan kanker payudara.

    3. Melindungi Tubuh Dari Infeksi

    Bukan hanya melindungi otak, teh hijau juga dapat membunuh kuman dan menghambat virus dengan ampuh yang ada di dalam tubuh. Hal tersebut karena di dalam teh hijau terdapat katekin.

    4. Membakar Lemak

    Berdasarkan penelitian the hijau dapat meningkatkan metabolisme pada tubuh dan membakar lemak pada tubuh serta dapat melancarkan pencernaan. Hal ini dapat membantu kita untuk berdiet dan mencapai bentuk proporsional yang kita inginkan.

    5. Meningkatkan Performa

    Teh hijau juga dapat membantu kita meningkatkan performa fisik. Hal ini karena adanya kafein yang mengubah asam lemak menjadienergi yang dibutuhkan oleh tubuh.

    6. Resiko Terkena Alzheimer Dan Parkinson Makin Sedikit

    Hal ini dapat terjadi karena ada kandungan bioaktif dan ketekin. Meminum teh hijau harus secara teratur untuk mengurangi resiko terkena penyakit Alzheimer dan Parkinson, hal ini sangat disarankan kepada orang yang berusia lanjut.

    7. Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut

    katekin dalam teh hijau juga dapat menghambat bakteri yang tumbuh padagigi yaitu bakteri Streptococcus mutan, bakteri tersebut sering menyebabkan kerusakan gigi dan berlubang selain itu juga dapat mengurangi bau mulut.

    8. Mencegah Penyakit Jantung

    Antioksidan pada the hijau dapat meningkatkan kadar antioksidan yang terdapat di dalam darah, hal ini mencegah kolesterol jahat masuk dan mengalami oksidasi. Apabila oksidasi dapat menimbulkan penyakit jantung.

    Madu adalah cairan alami yang memiliki kandungan zat gula asli yang dihasilkan oleh lebah dari nektar bunga yang memiliki rasa manis. Rasa manis dari madu dikarenakan oleh unsur monosakarida, glukosa 31% dan fruktosa 38% selain itu juga terdapat 17% air.

    Walaupun kadar gula yang tinggi, madu mengandung beberapa vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh. Salah satu kandungan utama dalam madu adalah asam pantotenat, asam askorbat, ribovlafin dan niacin.

     Manfaat Madu

    1. Melegakan tenggorokan

    Madu dapat membuat tenggorakan kita dijauhkan dari radang tenggorokan, hal ini karena kandungan dari flavonoid dan polifenol. Penelitian membuktikan madu dapat mengurangi batuk di malam hari dan dapat membantu menaikan kualitastidur.

    2. Anti Bakteri

    Karena kandungan hidrogen dan tingkat keasaman yang alami,meminum madu dapat mencegah pertumbuhan bakteri. Dalam penelitian bakteri E.colli dan Salmonella dapat dihambat pertumbuhannya oleh madu.

    3. Menurunkan tekanan darah

    Selain hal diatas madu juga dapat menurunkan tekanan darah yang tinggi. Hal ini dapat membuat kita jauh dari penyakit jantung. Unsur yang sangat berpengaruh adalah adalah fenolik.

    4. Meminimalkan Resiko Penyakit

    Dalam penelitian madu dapat memperkecil resiko kanker, penyakit jantung, diabetes dan hamper penyakit kronis lainnya. (Romi)

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Manfaat Teh Hijau Dan Madu
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar