Jenis Excavator dan Fungsinya

Daftar Isi

    LancangKuning - Penggunaan alat berat dalam bidang pekerjaan sudah menjadi hal yang lumrah bahkan mungkin menjadi kewajiban. Alat berat digunakan dalam proyek-proyek buatan pabrik untuk membantu dan memfasilitasi pekerja sesuai dengan fungsinya masing-masing, seperti penggali, pemuat, pengangkut, penyebar, dan pemadat. Sebagai alat berat, pengguna harus sangat efektif agar tingkat produktivitas mesin sesuai jadwal dan ada biaya tambahan yang harus dikeluarkan saat menyewa alat berat tersebut. Agar dapat diakses secara efisien, pengguna dapat melihat kemampuan alat, jenis dan fungsi mesin, keterbatasan alat, dan biaya operasional alat tersebut.

    Jenis Alat Berat

    Alat berat merupakan salah satu alat yang digunakan untuk memudahkan proses kerja agar lebih cepat, mudah, dan hasil sesuai dengan yang diharapkan. Penggunaan alat berat ini harus tepat dan tidak terkalahkan dalam situasi dan situasi di lapangan. Harus tahu sebelum menyewa atau menggunakan. Berikut ini adalah jenis dan fungsi alat berat yang diproduksi oleh perusahaan manufaktur.

    • Excavator Hidrolik
    Mesin paling umum dan paling umum yang dikenal masyarakat sering disebut sebagai Pull Shovels atau Backhoes. Penggunaan excavator harus disesuaikan dengan kondisi lapangan. Excavator ini menggunakan tenaga mesin diesel dan full hydraulic system yang terbagi menjadi beberapa tipe yang sesuai dengan penggali di lapangan.

    Pengoperasian ekskavator yang paling efisien adalah menggunakan metode tumit dan ujung kaki, dari atas ke bawah. Bagian atas excavator dapat berputar (unit berputar) 360 derajat. Ekskavator mampu memuat beban secara merata ke seluruh kapal.

    Excavator memiliki dua jenis penggerak yaitu ban dan crawler. Ekskavator dilengkapi dengan perayap yang mendukungnya untuk bekerja pada permukaan yang kasar atau kurang padat dan tidak mendukung banyak gerakan.

    • Pemuat
    Loader merupakan salah satu jenis alat berat yang mirip dengan Dozer Shovel, namun menggunakan roda karet (ban) sehingga memiliki kemampuan dan kegunaan yang sedikit berbeda. Loader hanya dapat digunakan di area yang keras, datar, kering, dan tidak licin. Loader berat biasanya digunakan untuk memberi makan material proyek, terutama material quarry atau untuk membuat material pile.

    Keunggulan Wheel Loader adalah:

    1. Mobilitas tinggi;

    2. Area manuver titik angkut lebih tahan lama dibandingkan alat berat untuk sekop truk;

    3. Menghasilkan lebih sedikit kerusakan permukaan dari penggunaan karet.

    Sedangkan kekurangannya adalah penempatan kargo ke dalam dump truck sulit diakses, terkadang bisa miring, sehingga membutuhkan operator yang sudah memiliki sertifikat resmi.

    • Truk

    Truk merupakan salah satu jenis alat berat yang khusus digunakan sebagai alat transportasi karena kemampuannya bergerak dengan cepat dan biaya pengoperasiannya yang relatif murah. Kegunaan truk untuk mengangkut material konstruksi seperti bongkahan batu, pasir, tanah, aspal, dan lain-lain. Keunggulan truk yaitu sangat efisien untuk transportasi jarak jauh dengan kapasitas muat yang besar. Seperti beberapa kelebihan yang telah dilalui, alat ini juga memiliki kekurangan yaitu dalam proses pengangkutan material ke truk yang masih membutuhkan alat lain untuk pemuatan.

    • Peringkat

    Grader (permukaan) adalah alat yang dibuat khusus untuk pekerjaan rangka kemiringan mekanis. Alat berat ini memiliki fungsi memotong, mendorong dan meratakan tanah terutama pada tahap finishing agar diperoleh perataan dan akurasi yang optimal dalam pekerjaan tanah. Selain itu, grader juga bisa digunakan untuk membuat lereng atau badan jalan atau lereng jalan. alat ini juga digunakan untuk membuat parit-parit kecil.

    Pisau perataan motor dapat disetel sesuai keinginan operator, yang dapat diubah menjadi dozer sudut, buldoser, dan dozer kemiringan. Tentu ini jauh lebih fleksibel dibanding jenis dozer. Namun demikian, memiliki variasi perata pada blade tidak berarti bahwa perata motor adalah tipe dozer. Saat digunakan untuk pekerjaan tanah, buldoser merupakan alat perataan yang jauh lebih efektif, hal ini karena daya yang tersedia dan letak sentroid (pusat gravitasi) pada bilah buldoser.(Faridah)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Jenis Excavator dan Fungsinya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar