Kegunaan Selulosa dalam Industri

Daftar Isi

    LancangKuning - Sebagian bahan baku utama dalam pembuatan perolehan atau bahan peledak. Sedangkan selulosa merupakan kualitas dari di bawahnya dapat digunakan sebagai selain bisa dimanfaatkan untuk industri pulp, tekstil (rayon dan cotton), film dan peralatan rumah tetangga, selulosa juga dapat dimanfaatkan untuk industri pembuatan selulosa asetat. Selulosa merupakan komponen utama dari setiap sel dari tumbuhan. Selulosa terkandung dalam kayu, kulit dari beberapa buah misalnya, biji dan bunga matahari, selulosa murni adalah bubuk putih yang tidak larut dalam air atau tidak membentuk pasta.

    Selulosa dapat digunakan untuk pembuatan kertas masih sangat berguna untuk membuat reaksi esterifikasi dengan berbagai asam anorganik dan organik. Selama reaksi ini dapat membentuk ester ini juga dapat digunakan dalam industri. Gabungan dari pecahan antara molekul selulosa di dalamnya adalah reaksi kimia, tidak pecah, dan hasilnya adalah molekul baru dari gugus eter- COOR- salah satu dalam produk penting dari reaksi adalah selulosa asetat yang dapat dibentuk dengan interaksi asam asetat dan selulosa. Merupakan zat kimia yang banyak digunakan untuk pembuatan serat sintetis seperti serat zat kimia yang banyak digunakan hanya untuk pembuatan serat sintetis seperti serat asetat.

    Produk yang akan bermanfaat adalah ketika trinitroselulosa itu terbentuk ketika nitrasi selulosa dengan menggunakan campuran dari asam sulfat dan nitra. Trinitroselulosa banyak digunakan dalam pembuatan bubuk tanpa asap.

    Fungsi Selulosa

    Selulosa yang termasuk dalam makanan manusia misalnya melalui sayuran, umbi-umbian, biji-bijian dan buah-buahan, yang penting untuk sistem pencernaan karena metabolisme transit usus. Dalam makanan hewani kecuali ruminansia, herbivora, dan beberapa mikroorganisme merupakan sisanya tidak dapat memetabolisme selulosa. Sebagai contoh jika kita memberikan wortel yang dapat mengandung selulosa kepada seekor anjing ia tidak akan mengambilnya sehingga ia tidak bisa menjadi bagian utama dari makanannya.

    Selulosa yang tersusun secara eksklusif dari molekul glukosa yang tidak dapat dicerna oleh banyak mamalia, tidak termasuk manusia, sehingga tidak memberikan kalori.

    Untuk memutuskan ikatan antara molekul dengan glukosa dibutuhkan enzim yang biasa disebut selulase merupakan enzim yang tidak ada dalam perut semua mamalia sehingga tidak mungkin dicerna dan membentuk bagian dari serat makanan.

    Kegunaan Selulosa

    Memperoleh selulosa hanya untuk keperluan dalam industri yang bisa menggunakan dengan prosedur bahan kimia, seperti membuat kayu pada suhu dan tekanan yang cukup tinggi dalam memasak dengan menggunakan aditif kimia sehingga serat akan dapat dilepaskan dengan melarutkan sebuah lignin. Produk yang berkualitas tinggi dan mudah tahan diperoleh meskipun hasilnya tidak rendah karena dari total kayu hanya 40% dikonversi akan menjadi bahan serat. Cara lain hanya untuk mendapatkan selulosa adalah dengan menggunakan prosedur dengan mekanisme yang dimana ia juga dapat mengalami suhu dan tekanan tinggi akan tetapi sebelum bisa ditumbuk. Lignin tidak dapat dihilangkan dan oleh karena itu hasilnya juga lebih tinggi akan tetapi dari kualitasnya akan lebih rendah. Lignin ketika teroksida akan dapat memberi suatu dari rona kuning seperti yang bisa kita lihat di dalam koran lama.

    Struktur Selulosa

    Selulosa memiliki suatu struktur linier dimana suatu ikatan dalam hidrogen banyak terbentuk antara gugus hidroksil dari rantai glukosa terdekat yang berbeda dapat menyebabkan serat dengan kompak hanya untuk membuatnya tidak dapat ditembus oleh air, dan karenanya tidak bisa larut dalam air dan alkohol. Struktur dam kimia selulosa adalah linier yang dapat membentuk banyak ikatan hidrogen antara berbagai kelompok hidroksil. Seperti selulosa tidak akan kaku, tidak berasa, tidak mengkristal dan tidak akan bisa larut dalam air.

    Contoh selulosa

    Contoh dari selulosa yang paling murni adalah kapas dengan bahan 90% selulosa dan dengan dingding sel dari tumbuhan akan muda yang kira-kira dengan 40% selulosa juga tidak kalah pentingnya.

    (Lisdayani)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kegunaan Selulosa dalam Industri
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar