Keuntungan Sistem Power Steering

Daftar Isi


    LancangKuning - Hampir semua mobil terbaru saat ini telah mengaplikasikan teknologi power steering secara menyeluruh, baik itu hydraulic power steering maupun electric power steering. Lalu apa saja keuntungan yang bisa kita dapatkan dari penambahan power steering ini pada sebuah mobil.

    Fungsi dari teknologi power steering ini adalah untuk membantu meringankan setir mobil pada saat dibelokkan, terutama pada saat mobil dalam kecepatan rendah sehingga kita tidak perlu mengeluarkan tenaga ekstra hingga kosong hanya untuk memutar kemudi. roda saat kita hendak meninggalkan tempat parkir atau sebaliknya saat kita ingin memarkir mobil, terutama parkir model paralel. Dan power steering merupakan salah satu pengembangan dari sistem kemudi yang fungsinya untuk mereduksi tenaga mengemudi, sehingga dapat meringankan pengoperasian roda kemudi. Tenaga kemudi umumnya 20 N hingga 39 N, beberapa sistem menyertakan pertimbangan khusus untuk mengurangi tenaga kemudi selama operasi kecepatan rendah dan meningkatkan tenaga kemudi selama operasi kecepatan tinggi.

     Penggunaan power steering memberikan beberapa keuntungan seperti:

    1. mengurangi upaya kemudi
    2. Stabilitas yang sangat tinggi selama berkendara
    3. Mengurangi guncangan dari permukaan jalan yang tidak rata yang disalurkan ke roda kemudi.

    Power steering memiliki dua jenis peralatan yaitu jenis hidrolik yang menggunakan tenaga mesin, dan yang lainnya menggunakan motor listrik atau biasa disebut Electric Power Steering (EPS). Pada power steering yang menggunakan tenaga mesin, tenaga mesin digunakan untuk menggerakkan pompa, sedangkan pada tipe yang menggunakan motor listrik, pompa digerakkan oleh motor listrik. Keduanya bertujuan untuk menghasilkan tekanan hidrolik yang digunakan untuk menggerakkan piston di silinder tenaga dan memberikan tenaga tambahan ke pinion dan rak.

    Persyaratan untuk sebuah power steering harus sesuai dengan gaya mengemudi dimana pada kecepatan rendah tenaga berkendara harus lebih rendah (lebih ringan) dan semakin tinggi kecepatan kendaraan maka tenaga yang diperlukan untuk mengemudikan-nya semakin sedikit. Untuk mendapatkan gaya kemudi yang tepat, beberapa mobil memiliki power steering dengan perlengkapan khusus yang dipasang pada pompa (vane pump) atau rumah roda gigi.

    Power steering yang menggunakan sensor yang dipasang pada gear housing merupakan jenis power steering dengan sensor kecepatan kendaraan, dimana kecepatan kendaraan dideteksi oleh sensor kecepatan dan tekanan fluida yang bekerja pada pompa akan berubah sesuai dengan sensor kecepatan.

    Power steering yang menggunakan sensor yang dipasang pada vane pump merupakan jenis power steering dengan engine speed sensor (RPM). Pada mesin tipe penginderaan rpm, diatas kecepatan tertentu volume aliran fluida berkurang sehingga tekanan yang bekerja pada pompa akan berkurang.

     Peralatan power steering hidrolik terdiri dari:

    1. Vane pump yang berfungsi untuk menghasilkan tekanan hidrolik dan digerakkan oleh mesin atau motor listrik. Pompa baling-baling terdiri dari badan pompa, reservoir pompa, kontrol aliran
    2. Control valve ditempatkan pada gear housing dan berfungsi untuk mengatur dan mengontrol tekanan hidrolik yang akan dialirkan ke power cylinder. Katup pengatur ini dikendalikan oleh poros utama yang digerakkan oleh roda kemudi. Ada tiga tipe control valve, yaitu tipe Flapper valve (untuk tipe recirculating ball), tipe Rotary valve dan tipe Spool valve (untuk tipe rack n pinion).
    3. Power cylinder berfungsi untuk mengubah tekanan hidrolik menjadi gerakan mekanis dengan melewatkan tekanan hidrolik dari control valve ke rack end (steering linkage).

    Bisakah Anda memasang mobil tua dengan power steering?

    Lalu apakah kendaraan yang tidak menggunakan power steering seperti mobil tua bisa dipasang power steering? jawabannya iya, anda hanya perlu membawa unit mobil anda ke teknisi power steering untuk memasang teknologi ini pada mobil anda. Untuk harga yang harus dibayar dalam menambah power steering pada mobil jadul ini cukup besar dan tergantung model power steering apa yang akan dipasang, apakah model hidrolik atau elektrik. Dan untuk mengetahui berapa detail-nya anda bisa langsung bertanya ke toko aksesoris power steering mobil di kota anda.

                Nb: Gilang Aditya

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Keuntungan Sistem Power Steering
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar