Prospek Kerja Manajemen Perkantoran

Daftar Isi

    LancangKuning  - Manajemen Perkantoran merupakan salah satu kegiatan pengelolaan data yang juga disertai dengan informasi yang dibuat secara teratur dan ter sistematis dengan mengikuti berbagai kegiatan organisasi agar tujuan organisasi dapat terwujud dengan baik.

    Manajemen perkantoran adalah upaya pengarahan dalam aktivitas atau kegiatan tata usaha suatu kantor secara keseluruhan agar dapat mencapai tujuan yang efisien dan harus diadakan penataan supaya pekerjaan dapat dilakukan dengan sebaik mungkin. Upaya penataan ataupun pekerjaan tentang pengelolaan data suatu kantor disebut dengan manajemen perkantoran.

    Fungsi Manajemen Perkantoran :

    • Planning
      Fungsi planning atau perencanaan di manajemen perkantoran merupakan suatu fungsi yang digunakan dalam menentukan bentuk tindakan untuk menyentuh semua target yang diinginkan. Jadi, dalam fungsi perencanaan, seorang manajer dalam manajemen perkantoran  harus memikirkan bagaimana pekerjaan yang akan dikerjakan dengan berbagai sumber daya yang telah dimiliki.

    • Organizing
      Fungsi organizing atau pengorganisasian dalam manajemen perkantoran dapat membantu manajer manajemen perkantoran melakukan kegiatan pengawasan dan menentukan apa saja yang dibutuhkan untuk melakukan tugas yang akan di laksanakan. Adanya fungsi ini dalam suatu manajemen sangat penting karena bisa membantu menjalankan struktur organisasi secara tepat dan mampu menggambarkan bagaimana tugas setiap bidang atau bagian organisasi secara jelas. Tanggung jawab dan wewenang dalam organisasi ini akan menjadi jelas dan  dapat memperlihatkan setiap tugas dalam organisasi serta sumber daya manusia dan material yang sedang dibutuhkan pun dapat diketahui

    • Command
      Fungsi pengarahan ataupun command dalam manajemen perkantoran adalah fungsi manajemen yang  berkaitan dengan usaha dalam memberikan bimbingan, saran, perintah, maupun instruksi dalam upaya menjalankan tugasnya. Tujuannya agar tugas tersebut dapat dilakukan dengan baik dan sesuai dengan tujuan yang sudah ditentukan sebelumnya.

    • Controlling
      Fungsi Controlling atau pengawasan dalam manajemen perkantoran dapat sangat dibutuhkan untuk menjaga seluruh bentuk kegiatan dan efektivitas pemanfaatan sumber daya yang tidak digunakan dan menyimpang dari rencana, sehingga tujuan utama sebuah

    organisasi tersebut bisa tercapai.
     

    Prospek Kerja Manajemen Perkantoran

    Seorang lulusan manajemen dapat bekerja dalam berbagai bidang dan sektor. Semuanya dapat di tentukan sesuai dengan minat dan keinginan. Berikut ini merupakan prospek atau peluang kerja lulusan manajemen perkantoran :

    BUMN
    Prospek kerja lulusan manajemen perkantoran dapat bekerja di Badan Usaha Milik Negara. Jenis pekerjaan ini menjadi impian setiap orang dan terutama para fresh graduate. Secara umum, perusahaan BUMN merupakan perusahaan yang sebagian besar saham nya adalah milik negara indonesia untuk masyarakat Indonesia.
    Ada banyak keunggulan jika menjadi seorang pegawai BUMN antara lain, jenjang karier yang sudah jelas, gaji pegawai dan tunjangan terjamin, ada beasiswa untuk meneruskan studi, dijamin mendapatkan asuransi, dan lain-lain. Ada beberapa perusahaan yang bisa dipilih baik dalam bidang perbankan, pertambangan, farmasi, konstruksi, jasa, telekomunikasi, dan banyak lainnya

    Accounting Manager
    Lulusan manajemen perkantoran tentunya dapat berkarya dalam bidang akuntansi maupun keuangan. Tugas utama dari seorang accounting manager adalah memastikan agenda keuangan dalam perusahaan berjalan dengan baik. Adapun tugas yang lebih khusus dari seorang accounting manager yaitu menyiapkan laporan keuangan , memperkirakan kebutuhan financial perusahaan, mengelola file akun, dan melakukan dokumentasi dalam keperluan perpajakan. Selain itu, seorang accounting manager juga dapat bekerja sama dengan para akuntan dan asisten dalam suatu departemen perusahaan.

    Konsultan
    Berbagai perusahaan atau organisasi tentunya membutuhkan seorang konsultan dan sebagai lulusan manajemen perkantoran dapat berkarier dalam bidang ini. Seorang konsultan manajemen bertugas untuk meningkatkan kinerja bisnis, memberikan saran, memecahkan masalah, dan mendorong pertumbuhan perusahaan dalam semua hal. Konsultan sangat dibutuhkan dalam sektor pekerjaan manajemen termasuk juga sektor keuangan, sektor pemasaran, sektor sumber daya manusia, sektor teknologi informasi. Peran konsultan secara umum memberikan pendapat kepada klien, melakukan rekomendasi untuk melakukan perbaikan, dan melakukan tindakan untuk implementasi.(mirzan)

     

     


     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Prospek Kerja Manajemen Perkantoran
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar