Review dari Departemen Manajemen Sumber Daya Perairan

Daftar Isi

    LancangKuning - Manajemen Sumber Daya Air menyediakan seperangkat kurikulum untuk menghasilkan lulusan yang mampu di bidang ini bagi lingkungan. Untuk menyelesaikan studinya, mahasiswa diwajibkan mengambil 144 SKS mata kuliah wajib minimal yang terdiri dari 127 SKS dan 17 mata kuliah pilihan. Waktu studi bisa ditempuh dari 8-14 semester tergantung kampus / universitas yang memiliki jurusan water management.

    Penyelenggaraan pendidikan yang dilaksanakan oleh Program Studi Manajemen Sumber Daya Perairan adalah perkuliahan, melaksanakan tugas, praktikum, melakukan penelitian terhadap tugas akhir yaitu PKL dan skripsi yang diakhiri dengan seminar dan ujian. Selain itu, untuk dapat menyandang gelar sarjana, mahasiswa diwajibkan lulus ujian komputer dan TOEFL dengan nilai minimal 450.

    Program Studi Manajemen Sumber Daya Perairan memiliki tiga jenis pusat studi yang menjadi ruang lingkup studinya, yaitu Ilmu Lingkungan Perairan, Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut, dan Bioteknologi Sumber Daya Perairan.

    1. Apakah pengelolaan sumber daya air itu?

    Pengelolaan Sumber Daya Perairan membahas tentang proses atau kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pemanfaatan, pengelolaan sumber daya termasuk pemetaan sumber daya, eksploitasi, budidaya, produksi, dan pemasaran sumber daya laut. Dalam program studi ini kita akan mempelajari keanekaragaman dan fisiologi hewan, cara penangkapan, dan penyakitnya. Dari sudut pandang ekonomi, kami akan mempelajari perdagangan dan pengelolaan strategi pemasaran laut.

    2. Mengapa Anda harus memilih departemen ini?

    Wilayah perairan lebih luas di wilayah daratan. Tentu banyak sumber daya disimpan di perairan. Namun kekayaan sumber daya laut Indonesia diolah dan dimanfaatkan secara efektif, sehingga seringkali Indonesia belum menjadi pihak asing dalam pengadaan dan pengelolaan perairannya. Dibutuhkan personel yang kompeten dalam pengelolaan sumber daya laut untuk mengatasi masalah ini. Program studi ini hadir untuk menjawab permasalahan pengelolaan air.

    3. Dimana prospek pekerjaannya?

    Studi sarjana di bidang Manajemen Sumber Daya Perairan dapat bekerja di instansi pemerintah Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Dinas Perikanan, Badan Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan, Pusat Penelitian dan Pengamatan Kelautan, dan lain-lain. Juga perusahaan budidaya laut, pakan ikan, konsultan kelautan, dan wirausaha

    4. Apa profesi karir bagi lulusan ini?

    1. Peneliti dan ahli teknologi pangan
      Peneliti dan pakar teknologi pangan merupakan pekerjaan yang berhasil mencapai gaji Rp 7 juta. Pekerjaan yang menggunakan kimia dan teknik. Profesi ini digunakan untuk cara terbaik membuat makanan.
    2. Konsultan lingkungan
      Konsultan lingkungan adalah pekerjaan yang digaji mencapai 8 juta rupiah. Pekerjaan ini bekerja sama dengan organisasi lingkungan dengan cara memberikan pendapat tentang lingkungan mereka.
    3. Spesialis air
      Spesialis irigasi adalah pekerjaan yang bergerak di bidang air. Pekerjaan ini juga terlibat dalam pengajaran serta pelaksanaan program sumber daya udara. Pekerjaan ini biasanya menghasilkan gaji sekitar Rp 3-5 juta.
    4. Ahli konservasi tanah dan udara
      Ahli konservasi tanah dan air adalah orang-orang yang merencanakan dan mengembangkan praktik terkoordinasi untuk mengontrol kondisi tanah dan keberlanjutan udara. Gajinya sekitar Rp 7 juta
    5. Spesialis konservasi alam
      Spesialis konservasi alam ini berada di bawah naungan industri. Anda akan bertanggung jawab untuk memperbaiki sistem atau segala sesuatu yang ada dan menjadi sumber daya perairan Indonesia. Banyak orang menginginkan pekerjaan ini karena gaji yang akan Anda dapatkan sekitar Rp 3-5 juta.
    6. Dosen
      Dosen adalah tenaga pengajar dalam dunia pendidikan sebagai pendidik dan bergerak di bidang akademik. Bedanya dengan guru, dosen harus mencapai pendidikan magister. Gaji yang didapat biasanya berkisar Rp 4-6 juta.
    7. Pegawai Negeri Sipil
      PNS merupakan pekerjaan yang sangat diminati oleh masyarakat. Salah satunya, karena pekerjaan ini masih akan dibayar bersama, kami tidak bekerja lagi (gaji pensiunan). Gaji kelas III biasanya mencapai Rp 5 juta.
    8. Peneliti
      Peneliti adalah pekerjaan yang dibutuhkan untuk meneliti suatu masalah. Anda bisa menjadi peneliti di bidang dan sumber daya laut di Indonesia. Gaji yang akan Anda dapatkan biasanya mencapai puluhan bahkan puluhan juta rupiah.(Erma)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Review dari Departemen Manajemen Sumber Daya Perairan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar