Manfaat Panel Surya

Daftar Isi

    LancangKuning - Dalam kehidupan sehari-hari kita sering menggunakan listrik, bahkan listrik menjadi kebutuhan utama kita saat ini. Listrik mampu menjalankan banyak alat elektronik sehingga dapat memperlancar segala aktivitas. Listrik berasal dari banyak hal, bisa uap, air, batu bara, gas, matahari, dan lain sebagainya.

    Salah satu sumber energi listrik yang terbarukan, ramah lingkungan, dan saat ini banyak berkembang adalah listrik yang bersumber dari matahari. Namun, untuk mengubah energi matahari menjadi energi listrik, kita membutuhkan yang disebut panel surya. Buat kamu yang penasaran simak penjelasannya di bawah ini

    Memahami Panel Surya

    Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, panel surya merupakan suatu perangkat yang dapat mengubah energi matahari yang berupa cahaya menjadi energi listrik. Panel Surya dibuat sedemikian rupa untuk mengubah sinar matahari menjadi listrik dengan menggunakan prinsip kerja Pengertian Panel Surya Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, panel surya merupakan suatu perangkat yang dapat mengubah energi matahari yang berupa cahaya menjadi energi listrik. Panel surya dibuat sedemikian rupa untuk mengubah sinar matahari menjadi listrik dengan menggunakan prinsip kerja

    Efek fotovoltaik sendiri merupakan fenomena munculnya tegangan listrik yang terjadi akibat kontak antara dua elektrode yang terhubung dengan benda padat atau cair saat terkena atau mendapatkan energi dari sinar matahari. Panel surya ini merupakan kumpulan sel surya yang memiliki fungsi menangkap cahaya matahari. Selanjutnya untuk mengaktifkan rangkaian untuk menghasilkan energi listrik.

    Bagaimana Panel Surya Bekerja

    Cara kerja panel surya juga terkait dengan efek fotovoltaik. Ketika sinar matahari mencapai bumi, ia mengandung partikel yang sangat kecil yang disebut foton. Di dalam sel surya sendiri terdapat berbagai macam rangkaian semikonduktor yang terdiri dari atom. Ketika foton menghantam atom, energinya mampu memisahkan elektron dari atom.

    Pada akhirnya elektron yang bermuatan negatif akan bergerak di pita konduksi dan material semikonduktor. Atom akan kehilangan elektron dan bisa disebut lubang dengan muatan positif. Karena ada ruang hampa karena kehilangan elektron.

    Di daerah semikonduktor yang memiliki elektron bebas memiliki sifat negatif dan bertugas mendonasikan elektron. Di daerah ini disebut semikonduktor tipe N. Sedangkan semikonduktor berlubang positif bertugas menerima elektron yang disebut dengan semikonduktor tipe

    Pada pertemuan antara daerah positif dan daerah positif ini akan menghasilkan energi yang akan mendorong elektron dan lubang untuk melakukan gerakan berlawanan. Elektron akan menjauh dari daerah negatif dan lubang akan menjauh dari daerah positif.

    Sehingga ketika suatu beban diberikan dengan menggunakan alat listrik maka akan menghasilkan arus listrik. Pada dasarnya panel surya ini merupakan photo diode yang memiliki permukaan yang sangat besar sehingga dapat menangkap sinar matahari lebih banyak sehingga dapat menghasilkan energi listrik yang lebih besar.

    Penggunaan Panel Surya dalam Kehidupan Sehari-hari

    Saat ini panel surya di Indonesia masih kurang dimanfaatkan dan bahkan lebih umum. Namun, bukan berarti tidak ada yang menggunakannya. Panel surya ini biasa digunakan untuk pembangkit listrik di rumah, sekolah, kantor, dan terakhir digunakan untuk pompa air.

    Salah satu pompa air yang menggunakan tenaga surya sebagai tenaga penggeraknya adalah pompa air Lorentz yang sangat efektif dan efisien digunakan saat ini. Air sangat penting agar bisa didapatkan dengan mudah dan murah.

    Di atas adalah penjelasan sekaligus pembahasan tentang panel surya dan cara kerjanya. Jika Anda memiliki uang lebih untuk membeli panel surya, ini akan sangat menguntungkan karena Anda hanya perlu mengeluarkan modal awal dan tidak perlu membayar bulanan ke PLN.

    Selain dari sisi ekonomis, dengan menggunakan panel surya juga berkontribusi terhadap kelestarian lingkungan karena penggunaan alat ini tidak menimbulkan pencemaran sama sekali. Anda juga termasuk orang yang bisa memanfaatkan energi matahari yang bisa Anda gunakan secara gratis. Semoga beberapa informasi diatas dapat bermanfaat bagi anda semua yang membaca. (danil)

     

     

     

     

     

     

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Manfaat Panel Surya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar