Manfaat Energi Listrik

Daftar Isi

    LancangKuning - Energi listrik merupakan salah satu energi utama yang dibutuhkan bagi peralatan yang menggunakan tenaga listrik. Satuan dalam energi listrik disebut ampere dan tegangan listrik. Energi listrik termasuk energi yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari hari, energi listrik bisa berupa energi kinetik dan potensial dan biasanya yang sering kita temukan dalam kehidupan sehari hari sering berupa energi potensial.

    Energi potensial ialah energi yang disimpan karena posisinya relatif partikel bermuatan atau medan listrik, arah medan listrik selalu menunjukkan arah partikel nya dan selalu berarah positif. Energi listrik mudah digunakan  dan dapat dengan mudah berpindah dari satu tempat ke tempat lain, tetapi energi listrik tidak dapat disimpan dalam jumlah besar.

    Listrik terbagi menjadi 2 jenis, yaitu :
    1. Listrik Statis
    Listrik statis muncul dari suatu gesekan, atau bisa juga disebut listrik statis sebagai energi yang muncul saat muatan listrik terbentuk di permukaan suatu material. Hal ini disebabkan karena menggosokkan suatu material pada benda yang permukaan licin. Akibat adanya penumpukan energi statis, suatu benda jadi saling tarik menarik atau menghasilkan percikan api. Misalnya, ketika menggosokkan balon pada kain wol, dan balon tersebut dapat menempel ke dinding.

    2. Listrik Dinamis
    Listrik dinamis berasal dari muatan listrik yang mengalir melalui suatu arus. Arus adalah laju aliran yang dihasilkan elektron, dalam kaitannya dengan energi listrik, arus merupakan jumlah energi yang ditransfer selama periode waktu yang telah ditentukan, dan energi tersebut merupakan aliran elektron.  Ada 2 jenis arus listrik, yaitu arus langsung (DC) dan arus bolak balik (AC). Arus  langsung tersebut contohnya seperti energi yang didapatkan oleh baterai, sedangkan arus bolak balik contohnya seperti colokan yang menempel pada dinding.

    Manfaat Energi Listrik
    Berikut beragam manfaat energi listrik dalam kehidupan sehari hari, antara lain :
    1. Sebagai sumber energi
    energi listrik dapat menjadi sumber penghasil energi, karena energi listrik dapat menghidupkan berbagai macam perlengkapan rumah tangga dan peralatan elektronik dan tanpa adanya energi listrik semua nya tidak dapat hidup dan digunakan dengan semestinya.

    2. Sebagai penerangan
    Energi listrik dapat digunakan sebagai penerangan yaitu lampu, salah satu nya saat malam hari dapat menerangi ruangan dan juga dapat digunakan pada lampu jalan, sehingga bisa memudahkan segala pekerjaan yang dilakukan pada malam hari.

     

    3. Untuk penghasil panas
    Energi listrik dapat diubah kedalam energi panas, banyak sekali peralatan yang membutuhkan energi listrik sebagai penghantar energi panas nya, contohnya kompor listrik, penanak nasi, dan setrika, alat-alat tersebut merupakan contoh energi listrik yang diubah menjadi energi panas. Peralatan tersebut sering kita gunakan dalam kehidupan sehari hari sehingga energi listrik menjadi sangat penting.

    4. Sebagai sarana hiburan
    Sarana hiburan dapat dihasilkan dari energi listrik, sebabnya banyak peralatan seperti playstation atau game elektronik lainnya yang memerlukan energi listrik, smartphone juga termasuk salah satu sarana hiburan yang memanfaatkan energi listrik, karena dapat mendengarkan musik dan juga bermain game dan bisa menghibur diri sendiri, hanya saja memanfaatkan energi listrik ketika mengecas nya saja.

    5. Sebagai pengganti BBM
    Sekarang sudah ada kendaraan yang tidak menggunakan BBM yaitu motor listrik dan mobil listrik. Kendaraan tersebut menggunakan tenaga listrik dengan cara di charger. Munculnya kendaraan tersebut memungkinkan pengendara beralih, karena tidak perlu mengantri untuk mengisi bahan bakar, cukup dengan mengecas kendaraan di rumah saja.

    6. Sebagai penghasil gerak
    Selain energi panas, energi listrik bisa diubah sebagai energi gerak misalkan kipas angin, saat ingin menghasilkan energi gerak sangat dibutuhkan energi listrik yang cukup, energi listrik yang cukup membuat benda yang bergerak dapat tahan dengan cukup lama. (Mirzan)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Manfaat Energi Listrik
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar