Fungsi Sistem Informasi Perpustakaan

Daftar Isi

    LancangKuning - System Informasi Perpustakaaan (SIPERPUS) ialah suatu system yang terintegrasi buat sediakan data guna mendukung operasi, manajemen, serta guna pengambilan keputusan dalam Perpustakaan. System Data pada Perpustakaan ialah fitur lunak yang didesain spesial buat memudahkan pendataan koleksi perpustakaan, catalog, informasi anggota/ peminjam, transaksi serta perputaran koleksi perpustakaan. Keseluruhannya bekerja secara sistematis sehingga bisa membetulkan administrasi serta operasional perpustakaan dan bisa menghasilkan wujud laporan yang efisien serta bermanfaat untuk manajemen perpustakaan.

    Bersamaan pertumbuhan jaman yang berakibat pada terus menjadi berkembangnya teknologi, perpustakaan pasti dituntut buat bisa menyesuaikan diri dengan pertumbuhan tersebut. Salah satu elemen berarti dalam pertumbuhan perpustakaan ialah sistem data yang dituntut buat berjalan dengan cepat serta pas. Bagi Sumardi( 2011)

    “ Sistem Data Perpustakaan adalahs ebuah fitur lunak berbasis Website serta barcode scanner yang berguna buat menolong pengelola perpustakaan dalam melakukan tugasnya, misalnya melaksanakan pencatatan peminjaman serta pengembalian novel, katalogisasi, pencatatan aktivitas perputaran novel, pembuatan laporan, kartu anggota serta sebagainya. Tidak hanya itu, bisa pula digunakan oleh anggota perpustakaan serta pengguna universal buat mencari novel dengan jenis tertentu, melaksanakan pemesanan novel, serta memandang informasi peminjamannya dan besar dendanya (bila terdapat)”

    Penerapan teknologi informasi di perpustakaan bisa difungsikan dalam bermacam wujud antara lain:

    1. Selaku Sistem Data Manajemen Perpustakaan. Umumnya diucap pula dengan Automasi Perpustakaan. Bidang pekerjaan yang umumnya diintegrasikan antara lain pengadaan, inventarisasi, katalogisasi, perputaran bahan pustaka, pengelolaan anggota, statistik serta sebagainya.
    2. Selaku fasilitas buat menaruh, memperoleh, serta memberitahukan data ilmu pengetahuan dalam wujud Teknologi Data. Umumnya diketahui dengan sebutan Perpustakaan Digital.

    Tujuan dari pemakaian sistem data pada perpustakaan merupakan supaya bisa diakses dari mana saja tanpa dibatasi oleh jarak serta waktu, kilat serta akurat dalam melaksanakan sistem barcode pada perputaran, dibentuk memakai open source sehingga tanpa butuh memakai lisensi serta bertabiat free, informasi ditaruh secara terpusat pada server sehingga tiap orang bisa memakai data yang sama, proses pembaharuan informasi lebih lebih instan, serta pembuatan laporan bisa terbuat dengan lebih kilat sehingga memesatkan dalam pengambilan keputusan.

    Tiap pergantian dalam perihal apapun, tercantum pergantian Perpustakaan yang semula konfensional jadi ber- Sistem Data ataupun Digitalisasi pastinya ada kelemahan ataupun kekurangan d isamping kelebihan serta khasiatnya. Kelemahan- kelemahan Sistem Data dalam Perpustakaan antara lain bisa berbentuk:

    1. Memerlukan bayaran yang besar,  

    Bayaran besar tersebut merupakan buat membeli Komputer( personal computer), buat sewa teknisi ataupekerja yang dapat membuat dan mengoperasikan di dini, yang pastinya pekerja tersebut merupakan pakar dalam bidangnya, serta memakan pendapatan yang lebih di banding pekerja tadinya.

    1. Cuma Komputer yang terinstal yang bisa digunakan,

    Semakin banyak Komputer yang terinstal hingga hendak terus menjadi mempermudah pencarian, serta pasti saja memerlukan Komputer lebih dan bayaran lebih.

    1. Pengguna yang Awam

    Ketika Komputer sudah di install hingga Perpustakaan pula wajib bisa mensosialisasikan pemakaian media ataupun system data tersebut. Sebab tidak seluruh wisatawan melek teknologi.

    Menu- menu yang biasadisediakan oleh Sistem Informasi Perpustakaan antara lain:

    1. Novel: Berisi pengolahan novel, antara lain pencatatan, katalogisasi novel baru, mengedit, mencari novel, dll
    2. Harian: Berisi pengolahan harian serta paper, mengisi informasi baru, mengedit dll
    3. Skripsi: Berisi pengolahan skripsi, antara lain mengisi informasi baru, mengedit mencari, dll
    4. Keanggotaan: Buat melaksanakan pendaftaran anggota
    5. Peminjaman: Buat melaksanakan transaksi peminjaman buku
    6. Pengembalian: Buat melaksanakan transaksi pengembalian buku
    7. Pencarian: Berisi pembedahan pencarian yang meliputi pencarian novel, paper, skripsi, serta anggota
    8. Laporan: Berisi tentang data transaksi peminjaman serta pengembalian
    9. Opsi: Berisi tentang pengaturan yang hendak diterapkan dalam Sistem Data Perpustakaan ini serta pula buat mem- backup database.
    10. Password: Berisi tentang penggantian password
    11. Wisatawan: Digunakan buat mencatat pengunjung.(Adi)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Fungsi Sistem Informasi Perpustakaan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar