Jenis-Jenis Gambar Konstruksi Geometris

Daftar Isi

    LancangKuning Geometris merupakan garis dan alat yang digunakan untuk dapat membantu dalam menyelesaikan sebuah gambar teknik dengan adanya konstruksi suatu geometris yang akan dapat menghasilkan bentuk-bentuk yang lebih rapi, bagus, dan presisi yang baik untuk digunakan berdasarkan apa yang anda inginkan. Dan suatu konstruksi geometris juga merupakan sebuah garis, sudut, lingkaran, dan lain sebagainya.

    Jenis-Jenis Konstruksi Geometris

    • Garis Tegak Lurus

     Merupakan cara yang dapat membagi suatu garis yang menjadi dua sama panjang dengan menggunakan garis yang tegak lurus untuk mencapai sebuah garis yang akan digunakan.

    • Membagi sudut

    Merupakan cara yang akan bisa membagi dari dua segi sudut agar sama besar satu dengan yang lainnya walaupun sudut tidak terbentuk dan beraturan dalam prosesnya.

    • Membuat segi lima 

    Merupakan cara untuk membuat segi lima yang beraturan dan semua sisinya sama panjang atau tidak ada kesalahan yang akan membuat segi tersebut menjadi rusak.

    • Membuat segi enam 

    Merupakan cara anda untuk membuat segi enam yang beraturan dan semua sisinya sama panjang dengan posisi yang diinginkan.

    • Membuat elips 

    Merupakan cara untuk membuat elips yang beraturan sehingga akan terlihat rapi dan presisi dengan baik.

    Cara Membuat Konstruksi Geometris

    1. Garis Tegak Lurus

    Untuk membuat garis tegak lurus sebenarnya sangatlah mudah untuk dilakukan dengan membuat garis lurus horizontal dengan titik AB agar mempermudah anda untuk mengingat titik yang akan anda gunakan. Kemudian dengan menggunakan jangka, buatlah lingkaran dengan titik tengah pada titik A dan titik B sehingga membentuk garis lingkaran yang saling bersinggungan satu sama lainnya. Dan berikutnya buatlah dua garis singgung dan beri nama titik C dan titik D untuk lebih mempermudah anda dalam mengingatnya. Kemudian dalam membuat garis dengan menarik secara lurus akan mulai dari titik C sampai titik D sehingga garis tegak lurus akan membagi dua garis horizontal dengan presisi yang sama.

    2. Membagi Sudut

    Untuk membagi sebuah sudut dapat anda lakukan dengan beberapa langkah sebagai berikut.

    • Buatlah lingkaran sampai memotong pada dua garis sudut yang ada dan berikan nama titik tersebut menjadi titik A dan titik B.
    • Kemudian dengan menggunakan jangka sorong buatlah lingkaran yang melalui dari titik A dan titik B sampai keduanya bersinggungan satu sama lain pada satu titik yang diberikan dengan nama titik C.
    • Untuk mendapatkan sudut yang sama besar, maka anda tinggal menarik garis mulai dari titik 0 sampai titik C dan sudut akan terbagi menjadi dua dengan sama besar.

    3. Membuat Segilima

    Membuat segilima sebenarnya tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Berikut merupakan cara untuk membuat segilima dengan panjang setiap sisinya sama, anda hanya perlu mengikuti cara yang akan dilakukan sebagai berikut ini.

    • Membuat garis horizontal AB kemudian akan dibagi menjadi dua dengan garis tegak yang lurus untuk mendapatkan hasil yang bagus. Setelah mendapatkan garis tegak lurus tersebut maka akan diberi nama dengan titik C.
    • Hubungkan titik A ke G, dari G ke F, dari F ke H, dan dari H ke B tersebut akan menggunakan titik tersebut untuk digunakan sehingga akan mendapatkan segilima yang beraturan.
    • Menggunakan sebuah jangka untuk dapat membuat lingkaran dengan panjang jari-jari AB melalui titik F dan A sampai dapat memotong garis tegak lurus dan diberi nama titik F.
    • Menggunakan sebuah jangka juga agar dapat membuat lingkaran dengan panjang jari-jarinya sehingga nantinya didapatkan titik dari persinggungan dua garis tersebut dan akan diberi nama titik H.

    Demikiankah artikel saya tentang pembahasan jenis-jenis gambar konstruksi geometris semoga dapat membantu.(Syaidah).

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Jenis-Jenis Gambar Konstruksi Geometris
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar