Keistimewaan 10 Hari Pertama Ramadhan

Daftar Isi

    Foto: Ilustrasi ramadhan/berdoa.

    Lancang Kuning –Bulan Ramadhan menjadi bulan yang paling dinanti setiap muslim. Banyak keutamaan dari bulan suci ini. Bahkan, bulan Ramadhan terbagi dalam tiga fase, yakni 10 hari pertama, 10 hari kedua dan 10 hari terakhir. Apa makna dan keutamaan setiap 10 hari dalam fase bulan Ramadhan? Yuk simak penjelasannya. 

    Setiap fase punya keistimewaan khusus untuk para muslim. Mari kita bahas satu persatu dan sekaligus ayah dan bunda perlu tahu doa-doa yang bisa kita amalkan dalam setiap fase 10 hari bulan Ramadhan.

    Keistimewaan 10 Hari Pertama Ramadhan

    Setiap fase yang dijalani dalam bulan ramadhan tak akan ada yang sia-sia. Setiap harinya, akan ada keberkahan yang diberikan oleh Allah untuk kaum muslim di seluruh dunia. Berikut keistimewaan 10 hari pertama Ramadhan, mengutip Viva.co.id.

    1. Masa Adaptasi Fisik dan Hati

    Di fase pertama 10 hari Ramadhan, ini mungkin menjadi fase tersulit dan terberat dibanding dua fase lainnya. Ini lantaran dalam periode ini, manusia mengalami masa peralihan dari bulan-bulan sebelumnya. 

    Sebelum puasa, pola makan normal tiga kali sehari, tapi ketika awal Ramadhan mulai dijalani, seolah kita berusaha keras melatih diri menahan lapar dan haus sejak waktu imsak hingga waktu berbuka puasa tiba. 

    Bukan cuma fisik yang dilatih untuk sabar menahan lapar dahaga, tapi juga hati ikut beradaptasi dan harus dijaga. Ya, di 10 hari pertama inilah kita belajar perdalam kesabaran dan keikhlasan hati untuk dapat menunaikan ibadah puasa dan ibadan lainnya di bulan ramadhan. 

    2. Allah Bukakan Pintu Rahmat

    Allah SWT memberikan keistimewaan khusus di hari pertama Ramadhan. Fase awal ini adalah waktu-waktu dibukakannya pintu rahmat yang sebesar-besarnya oleh Allah SWT. 

    Rahmat ini berlaku untuk semua hamba-hamba-Nya yang ikhlas melaksanakan ibadah puasa dengan penuh keimanan dan ketaqwaan. 

    Hadis riwayat al-Baihaqi yang artinya: " Awal bukan Ramadhan adalah rahmat, pertengahannya adalah ampunan, sedangkan akhirnya adalah terbebas dari neraka." 

    3. Perbanyak Amal Saleh demi Rahmat dan Keberkahan Allah

    Ramadhan adalah momen yang terbaik bagi manusia memperbaiki diri. Saatnya meningkatkan kualitas ibadah kita kepada Allah SWT. Bisa jadi selama ini kita terlalu sibuk untuk urusan duniawi, hingga lupa pada Allah.

    Untuk itu, di 10 hari pertama Ramadhan, saatnya memanfaatkan waktu untuk mengerjakan kabaikan-kebaikan yang disukai Allah. Meski tengah berpuasa berjuang melawan hawa nafsu, lapar dan dahaga, bukan berarti berhenti melakukan kebaikan. Perbanyak baca Al Quran serta pahami maknanya, laksanakan salat-salat sunnah, bersedekah, menolong orang yang membutuhkan, perkuat silaturahmi, berzikir, salawat dan berdoa. Amalan-amalan tersebut dapat di lakukan di fase awal Ramadhan hingga fase akhir. 

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Keistimewaan 10 Hari Pertama Ramadhan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar