Jenis-Jenis Kain dan Sifatnya

Daftar Isi

    LancangKuning - Tekstil merupakan suatu material fleksibel yang terbuat dari tenun benang tekstil dan dapat dibentuk dengan cara penyulaman penjahitan dan pengikatan dalam cara pressing istilah tekstil dapat dalam pemakaiannya sehari-hari sering disamakan dengan istilah kain.

    Di dalam sebuah pementasan ada sebuah kostum yang akan menjadi salah satu dari unsur artistik yang sangat penting bukan hanya untuk dikenakan oleh para pemainnya namun untuk kostum itu sendiri juga akan menjadi pendukung bagian cerita yang akan dipentaskan di hadapan para penonton.

    Kostum dapat menjadi penanda latar cerita baik tempat dan waktu penanda status sosial dan masih banyak lagi kostum dirancang dengan menggunakan berbagai macam jenis kain sesuai dengan kebutuhannya. Nah, kali ini kita akan dapat membahas mengenai macam-macam kain dan sifatnya.

    1. Blacu

    Blacu merupakan suatu jenis kain yang sering dibuat dari kapas sebagai bahan dan dasarnya kain sejenis ini sangat fleksibel sehingga mudah untuk dibentuk dan akan dapat menjadi berbagai macam kreasi cocok untuk ditambahkan sebuah hiasan-hiasan tertentu dan kain blacu termasuk jenis kain yang ramai dalam lingkungan karena bahan dasar pengolahannya alami mudah untuk kita dapat dan mudah menemukan kain blacu ini hingga dapat di bawa kemana-mana contoh yang dipakai untuk pembungkus tepung terigu.

    1. Wool

    Kain wool merupakan kain yang cukup berat, sehingga kita sering melihat kain ini digunakan sebagai bahan dasar untuk pembuatan pakaian yang hangat atau seperti sweater kain wools yang mempunyai keuntungan tersendiri yaitu lebih awet dibanding kain jenis lain cara perawatannya dilakukan dengan secara benar.

    1. Poly ester

    Kain poly ester merupakan suatu yang memiliki kemiripan dengan kain katun namun dari segi kualitasnya kain Poly ester berada satu tingkat dibawah kualitas kain katun bahan dasar dari kain tersebut dari benang poly ester dan bahannya dibuat dari hasil minyak bumi yang kemudian menghasilkan fiberpoly. Oleh karena itu, sifat bahan dasar yang tidak alami maka bahan ini tidak dapat menyerap keringat dan panas saat dipakai.

    1. Tenun

    Kain tenun merupakan kain yang dihasilkan dari alat tenun tradisional ada beberapa daerah seperti Lombok Sumatra dan lain-lain merupakan sentra kain tenun khas di Indonesia kain-kain tenun tersebut memiliki ciri khasnya masing-masing. Selain itu proses pengerjaannya yang relative cukup lama dari berbeda dengan sejenis kain lainnya dan dapat membuat harga kain ini bisa sangat tinggi karena kain tenun tradisional akhir-akhir ini di lirik untuk memberikan warna baru alam dunia fashion Indonesia.

    1. Jersey

    Bahan kain yang satu ini pasti sangat dikenal oleh para olahragawan karena kabanyakan kaos-kaos atau seragam olahraga menggunakan kain ini dalam pembuatannya kain ini melekat pada tubuh.

    1. Satin

    Satin merupakan sebuah kain yang permukaannya licin dan mengkilat sama hal dengan kain katun silk tapi hanya berbeda hanya pada satu sisi saja sedangkan sisi lainnya terlihat lebih suram dan kain satin sekarang mulai digunakan hanya untuk pembuatan kerudung atau jilbab saja.

    1. Sutra

    Sutra merupakan salah satu kain termewah dan termahal dibanding kain yang lain teksturnya yang sangat lembut dan sangat ringan membuat kita harus berhati-hati dalam penjahat serta perawatannya seperti saat pencucian dan penyetrikaan kain sutra ini mempunyai bahan dasar dari songket dan palembang yang cukup terkenal dengan sejarahnya seperti pakaian para bangsawan kerajaan sriwijaya sehingga cukup bernilai jual tinggi dan antik.

    1. Flannel

    Kain flannel merupakan  suatu jenis kain yang terbuat dari bahan dasar serat wol tapi tanpa ditenun tekstur kain ini agak lebih tebal dari yang lain namun sangat lembut dan lentur sehingga mudah untuk dibentuk menjadi apa saja dan kain flannel ini juga sering digunakan dalam pembuatan suatu kerajinan tangan seperti gantungan kunci atau kotak tisu.

    1. Denim

    Denim merupakan kain yang cukup kasar dan sangat tebal dalam kain denim ini tidak mudah kusut serta memiliki ciri khas yang sangat unik. Kain hampir disukai setiap kalangan karena semakin sisi gelap pada warnanya akan yang akan semakin mudah mencari padanannya. Bajunya yang gelap ini juga cukup terkesan lebih formal dan rapi dibanding yang terang dan lusuh.(Aini)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Jenis-Jenis Kain dan Sifatnya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar