Apa itu Regulasi Media Audio Visual

Daftar Isi

    LancangKuning - Media audio visual adalah media yang mempunyai suara dan unsur gambar. Jenis audio visual tersebut mempunyai keahlian yang sangat baik, karena media audio visual meliputi kedua jenis media auditif yang artinya mendengar dan juga visual yang artinya melihat. Media audio visual merupakan sebuah alat bantu. Yang dimaksud audio visual yang berarti bahan ataupun bisa juga disebut dengan alat yang digunakan dalam situasi belajar untuk membantu tulisan serta kata-kata yang diucapkan dalam memberi pengetahuan, sikap, dan ide yang disebut juga pemberi informasi.

    Jenis-jenis pada audio visual

    Audio visual murni

    Audio visual murni yang biasanya juga disebut dengan audio visual gerak merupakan media yang bisa menampilkan unsur suara serta gambar tersebut berasal dari suatu sumber.

    • Film Bersuara

    Pada film bersuara mempunyai berbagai macam jenis, ada yang dipakai untuk hiburan, Contohnya film komersial yang diputar di bioskop. Pada film bersuara ini yang dimaksud dalam pembahasan yakni film sebagai alat pembelajaran.

    • Video

    Video adalah sebuah media audio visual yang menampilkan suatu pergerakan, semakin lama semakin popular pada masyarakat kita. Pesan yang telah disampaikan bisa bersifat fakta dan juga fiktif, bisa juga jadi bersifat informativ, edukatif serta bisa juga bersifat instruksional.

    • Televisi

    Bukan hanya film dan juga video, televisi juga merupakan media yang menyajikan pesan-pesan untuk pembelajaran secara audio visual dan juga disertai dengan gerak di bagian dalamnya.

    Audio Visual tidak Murni

    Audio visual tidak murni merupakan media yang unsur suara serta gambarnya yang berasal dari sebuah sumber yang berbeda. Audio visual plus suara adalah media yang memperlihatkan suara dan juga gambar yang diam ataupun bisa juga disebut dengan gambaran yang tidak bergerak, seperti sound slide yang disebut dengan film bingkai suara. Slide atau filmstrip yang telah ditambahkan dengan suara bukan alat audio visual yang lengkap, kenapa dikatakan audio Visual yang tidak lengkap karena suaranya dan juga rupanya disisi yang terpisah, maka dari itu slide ataupun filmstrip juga termasuk media audio visual dan bisa juga masuk sebagai media visual diam pluss suara.

    Ciri-ciri Audio Video

    Teknologi audio visual adalah cara untuk menghasilkan dan juga menyajikan materi dengan cara memakai mesin-mesin mekanis serta elektronik untuk menyampaikan pesan-pesan audio dan juga visual. Pengajaran yang melalui audio visual sudah jelas bercirikan penggunaan perangkat keras pada proses pembelajaran, contohnya seperti mesin proyektor film, tape recorder serta proyektor visual yang besar dan lebar.

    Ciri-ciri utama pada teknologi media audio visual sebagai berikut:

    1. Bersifat linier
    2. Menyajikan visual yang sangat dinamis
    3. Digunakan secara yang telah ditetapkan ataupun yang sudah diterapkan sebelunnya dari para pembuatnya.
    4. Merupakan represtasi disik dari gagasan real bisa juga disebut gagasan abstrak.
    5. Dikembangkan menurut prinsip psikologis dan juga kognitif
    6. Saling berorientasi kepada guru yang tingkat perlibatan interaktif murid yang rendah.

    Kelebihan dan juga Kekurangan Media Audio Visual

    Secara keseluruhan media visual mempunyai kelebihan dan juga kekurangannya sebagai berikut :

    1. Kelebihan Media Audio Visual
    • Memperjelas penyajian pada pesan suapaya tidak bersifat verbalitas.
    • Mengatasi adanya keterbatasan ruang pada wakru dan juga biaya indera.
    1. Kekurangan Media Adio Visual
    • Media audio visual tidak bisa dipakai dimana saja dan juga kapan saja, sebab media audio visual lebih cenderung selalu tetap ditempat.
    • Biaya pengadaan media audio visual relative lebih mahal
    • Apabila guru tidak dapat berpartisipasi aktif maka siswa akan mendengarkan serta menikmati visualisasi dan juga suaranya.

    Sangat banyak manfaat audio visual salah satunya seperti mempermudah dalam proses penyajian dan juga menerima pembelajaran dan informasi sehingga dapat menghindari dari adanya salah paham mau pun salah pengertian.(Riski)

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Apa itu Regulasi Media Audio Visual
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar