Penerapan Basis Data Dalam Berbagai Bidang

Daftar Isi

    LancangKuning - Basis adalah markas atau gudang. Sedangkan data adalah catatan suatu kumpulan fakta dalam dunia nyata yang mewakili objek seperti manusia, barang, hewan, konsep, peristiwa, dan lain-lain yang diwujudkan dalam bentuk huruf, angka, symbol, gambar, teks, bunyi atau kombinasinya.

    1. Bidang Pendidikan

    Bidang pendidikan ini adalah salah satu manfaat komputer yang utama. Komputer adalah sarana belajar guna meningkatkan suatu kemampuan siswa. Komputer juga menjadi salah satu bidang studi pada kemampuan yang wajib untuk dimiliki di setiap siswa. Dengan adanya bekal ilmu komputer dari sekolah, maka anak-anak akan dapat bersaing di saat masuk kedalam dunia kerja.

    Selain memberikan modal kepada siswa di salah satu kemampuan yang diperlukan saat mencari kerja, manfaat komputer lain juga merupakan pembuka cakrawala. Dengan banyaknya akses ke ilmu pengetahuan menggunakan komputer, dengan begitu akan dapat membuka cakrawala para siswa mengenai dunia dan segala isinya.

    1. Bidang Bisnis

    Dengan adanya komputer, maka segala urusan administrasi akan dipermudah. Di berbagai aplikasi pengolah kata dan juga data akan membantu dalam urusan administrasi dan berbagai pengolah data lainnya.

    Kehadiran komputer yang ada dalam dunia bisnis juga sangat membantu dalam penyimpanan data. Dengan tanpa computer, maka akan sulit untuk dapat memeriksa banyaknya stok barang yang dimiliki perusahaan retail. Dan dengan adanya komputer dan juga aplikasinya, maka akan dapat memeriksa mengenai kondisi stok barang dan keuangan perusahaan akan bisa mudah untuk dilakukan. Namun hal ini akan menjadi modal dalam pengambilan suatu keputusan dan langkah yang akan diambil selanjutnya.

    1. Bidang Perbankan

    Adanya komputer, maka segala aktivitas perbankan baik simpan pinjam atau transaksi keuangan lain akan dapat berjalan lancar. Dengan adanya system canggih di dalam komputer perbankan, maka akan menjamin keamanan dan juga kerahasiaan dari setiap nasabah. Komputer dalam dunia perbankan memiliki fungsi untuk menyimpan dan juga mengolah berbagai data. Suatu aplikasi yang terpasang dalam komputer dapat menjadi salah satu sumber data analisa untuk mengambil suatu keputusan dalam mengembangkan diri. Jika tanpa system computer yang kuat, maka bidang perbankan tidak akan berjalan dengan baik.

    1. Bidang Pertahanan dan Keamanan

    Dalam suatu bidang pertahanan dan juga keamanan akan masuk ke dalam salah satu manfaat komputer di berbagai bidang. Adanya komputer akan membuat setiap Negara bisa memperkuat barisan pertahanannya dari serangan luar.

    1. Bidang Seni

    Awal dibuatnya komputer, diharapkan untuk dapat membantu manusia dalam melakukan pekerjaannya. Dengan seiringnya perkembangan komputer saat ini, telah dapat melakukan banyak hal untuk membantu pekerjaan manusia di banyak bidang termasuk di bidang seni.

    1. Bidang Kesehatan

    Dunia kesehatan saat ini telah memanfaatkan suatu perkembangan teknologi untuk meningkatkan suatu efisien dan efektivitas di dunia kesehatan. Contoh peng-aplikasiannya dalam dunia IT did unia kesehatan adalah suatu penggunaan alat-alat kedokteran yang mempergunakan aplikasi computer, yang salah satunya adalah USG (Ultra Sonografi).

    1. Bidang Transportasi

    Pengguna komputer dalam bidang transportasi, seperti computer yang digunakan untuk mengatur lampu lalu lintas. Di Negara maju lain juga banyak kereta yang telah dipasang alat navigasi modern guna menggantikan masinis melalui penggunaan satelit dan juga system komputer.

    1. Bidang Jasa Pengiriman Barang

    Dengan adanya computer dan juga internet, kantor pos dapat mengirimkan dokumen dengan lebih cepat dan akurat, sehingga orang-orang tidak perlu menunggu berhari-hari dalam menerima surat. Cukup untuk mengirimkannya melalui email, maka akan lebih cepat dalam sekejap.

    1. Bidang Industri Otomotif

    Dengan bantuan robot yang dikendalikan computer, mampu untuk membuat mobil-mobil dari kerangka body, mesin, peralatan elektronik pabrik. Dengan adanya bantuan dari computer pabrik-pabrik otomotif dapat memproduksi mobil dalam jumlah ratusan perbulan.

    1. Bidang Jasa Konstruksi

    Dengan computer para Insinyur dan juga Arsitek mendesain sebuah gambar kontruksi dengan pemodelan dan perhitungan yang akurat, cepat, dan tepat.

    1. Bidang Jasa Percetakan

    Untuk percetakan Koran, majalah, buku-buku, semua dapat dikerjakan dengan mesin yang dioperasikan oleh computer. Sehingga dalam waktu yang singkat, dapat mencetak buku, majalah, atau koran dalam jumlah ratusan atau hingga jutaan exemplar. Dan dapat menghemat waktu dan juga biaya.(Tria)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Penerapan Basis Data Dalam Berbagai Bidang
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar