Tips Supaya Anda Bisa Bangun Tidur Tanpa Alarm

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Setiap orang tentunya memiliki perbedaan kebiasaan cara bangun tidur. Terdapat dua jenis bangun tidur yang umumnya dialami oleh banyak orang, yang pertama adalah bangun tidur secara tiba-tiba karena mendengar bunyi alarm yang sengaja dipasang, kedua adalah bangun tidur secara alami tanpa bantuan alarm.

    Dari kedua jenis bangun tidur tersebut ternyata menghasilkan output yang berbeda. Pada jenis bangun tidur pertama anda akan cenderung  bangun dengan gerogi dan tergesa-gesa bahkan berharap untuk dapat kembali ke tempat tidur karena dirasa waktu tidur anda masih kurang, sering mengalami hal demikian? Berbeda dengan jenis bangun tidur yang kedua, yakni secara alami.

    Setelah bangun tidur secara alami baik di pagi hari maupun sepanjang hari, anda akan lebih fokus melanjutkan rutinitas anda dengan baik.

    Dilihat dari sisi kesehatan ternyata bangun tidur tanpa alarm mempunyai manfaat bagi tubuh, sesuai dengan pernyataan Dr Sujay Kansagra yakni seorang direktur yang berasal dari Duke University's Pediatric Neurology Sleep Medicine Program bahwa bangun secara alami akan lebih sehat karena otak akan melakukan pemulihan tubuh dengan baik sebelum Anda beraktivitas kembali.

    Bagi sebagian orang, bangun tidur secara alami merupakan hal yang mudah. Namun jika tidak terbiasa, sebagian orang memilih menggunakan bantuan alarm.

    Sepintas kebiasaan menggunakan alarm terlihat sangatlah wajar. Namun taukan Anda bahwa bangun tidur menggunakan alarm malah akan membuat tubuh anda semakin lelah? Sebuah penelitian menyatakan bahwa “pada saat tidur suhu tubuh Anda mengalami peningkatan karena hormon dopamin dan kortisol yang dilepaskan.

    Pelepasan hormon tersebut dapat  menyumbangkan energi bagi tubuh Anda untuk memulai aktivitas setelah bangun tidur. Namun proses ini akan terhenti dan kacau jika Anda mendengar nyaringnya bunyi alarm. Tubuh Anda akan menjadi kaget, selain itu tubuh Anda harus memulai lagi proses tersebut pada saat Anda terjaga. Sehingga tidak langsung keadaan semacam ini akan membuat Anda menjadi kelelahan bahkan pusing”.

    Lalu bagaimana caranya agar Anda dapat memiliki kebiasaan bangun tidur secara alami sehingga tidak merasakan kantuk dan badan terasa segar setelah bangun tidur? Untuk memiliki kebiasaan bangun tidur tanpa alarm sebenarnya tidaklah susah. Berikut adalah 3 tips yang dapat Anda lakukan untuk bisa memiliki kebiasaan bangun tidur tanpa alarm:

    • Berikan Waktu Tidur yang Cukup untuk Diri Anda

    Saat Anda perlu bangun pagi-pagi, cobalah untuk tidur 30-60 menit lebih awal. Pastikan juga bahwa Anda memiliki waktu tidur yang cukup atau sebanyak yang disarankan. Normalnya, anak-anak memerlukan waktu tidur sebanyak 10 jam atau lebih, sedangkan orang dewasa membutuhkan waktu tidur selama 7-8 jam atau sekurang-kurangnya 6 jam tiap malam.

    Jika perlu, mulai sekarang ingat dan catatlah kapan Anda tidur dan kapan Anda bangun tidur untuk melihat banyaknya jam tidur yang Anda dapatkan setiap malam sehingga Anda dapat menentukan kapan harus memulai tidur untuk mendapatkan jam bangun tidur yang sesuai.

    • Hindari Cahaya Terang di Malam Hari

    Dengan mematikan lampu saat tidur maka akan menciptakan kondisi kamar yang tenang dan gelap sehingga akan membuat siklus tidur Anda berkualitas karena pada kondisi ini Anda sedang berada dalam kondisi non aktif paling sempurna.

    Namun bagi Anda yang takut dengan kegelapan, Anda bisa menggunakan jenis lampu tidur yang cahayanya tidak terlalu terang, namun jangan menghadapkan sumber cahaya ke arah Anda ketika tidur. Dengan meminimalisir adanya cahaya lampu maka produksi hormon melatonin (berperan dalam regulasi fungsi biologis tubuh) akan tetap berjalan dan bisa membuat Anda bangun lebih awal tanpa bantuan alarm. Tertarik untuk mencobanya?

    • Makan makanan sehat. 

    Taukah Anda jika tidur setelah makan dapat menimbulkan banyak efek negatif? Kondisi tubuh yang bekerja saat tidur merupakan salah satu efek yang ditimbulkan sehingga akhirnya tidur anda tidak nyenyak. Mengkonsumsi makanan dan minuman dapat memicu sistem pencernaan untuk bekerja lebih ekstra pada saat Anda terlelap.

    Ujung-ujungnya Anda tidak bisa bangun pagi secara alami dan berkualitas. Cara terbaik untuk mencegah hal tersebut, hindari makan makanan berat pada saat hendak tidur serta kurangi minuman berkafein dan beralkohol.(Anggi)

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tips Supaya Anda Bisa Bangun Tidur Tanpa Alarm
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar