Komponen Sistem Basis Data

Daftar Isi

    LancangKuning  Database memiliki hubungan yang sangat erat dengan storage atau penyimpanan data dari virtual baik dalam sebuah komputer ataupun smartphone. Jika hendak dipercaya maka suatu basis data yang terdiri atas dua kata yaitu basis dan data. Basis dianggap sebagai gudang, sementara data ialah catatan tentang mengenai fakta baik berupa huruf, teks, gambar, bunyi, simbol, angka atuapun kombinasinya. Dengan demikian bisa memiliki beberapa pengertian sekaligus sebagai berikut:

    • Himpunan dari sebuah kelompok data yang saling berhubungan serta diorganisasi sedemikian rupa agar nantinya bisa kembali dimanfaatkan dengan mudah dan cepat.
    • Media penyimpanan sebuah elektronik yang ada di dalamnya membuat data atau informasi secara sistematis sehingga bisa untuk diakses dengan menggunakan suatu program dari komputer manakala data atau informasi tersebut saat diperlukan
    • Kumpulan data yang di dalamnya terdapat sebuah informasi yang sangat terorganisir sehingga mudah untuk diperbaharui seperti dikelola maupun diakses.

    Ada beberapa komponen dari basis data yaitu:

    • Pengguna

    Komponen basis data yang pertama ialah suatu pengguna atau user. Pengguna ini biasanya dianggap sebagai orang-orang yang mempunyai suatu wewenang untuk melakukan suatu interaksi dengan sistem basis data dan mereka membutuhkan sebuah informasi yang ada di dalamnya. Pengguna ini ialah dapat diklasifikasikan menjadi 4 kelompok yaitu sebagai berikut.

    1. Application programmer atau programmer aplikasi yaitu suatu pengguna yang mempunyai sebuah tugas untuk membuat suatu program dari aplikasi yang digunakan untuk mengakses basis data dengan bahasa dari pemrograman tertentu.
    2. End user yaitu suatu pengguna yang didasarkan pada cara mereka untuk melakukan interaksi dengan sistem basis data yang terdiri atas naive user, casual user, specialized user bahkan termasuk pula dari kelompok sebelumnya yaitu application dari programmer.
    3. Designer ialah mereka yang bertugas untuk mendesain suatu basis data
    4. Administrator yaitu mereka yang memilki wewenang untuk mengendalikan seluruh sistem dari basis data.
    • Data

    Data merupakan suatu tabel atau file yang akan membentuk suatu dari basis data. Berkenaan dengan komponen basis data satu ini disebut dengan entitas dan atribut. Adapun entitas itu ialah merupakan konsep dari kejadian, tempat atau bahkan orang yang ingin informasinya akan disimpan. Sementara atribut ialah sebutan untuk mewakili dari entitas.

    Misalnya di sini entitas seseorang dari mahasiswa yang kuliah di suatu perguruan tinggi. Mahasiswa tersebut mempunyai beberapa atribut yang berupa dari jenis seperti kelamin, alamat, nomor induk, nama dan lain sebagainya. Informasi dari mahasiswa yang bersangkutan diproses akan menjadi sebuah file lalu digabungkan dengan file dari mahasiswa yang lainnya sehingga membentuk data tentang kemahasiswaan.

    • Software DBMS

    DBMS atau database dari management system merupakan software yang dapat dimanfaatkan untuk mengelola basis data. Dengan DBMS ini siapapun yang berkepentingan dengan suatu basis data akan bisa memelihara untuk mengakses sekaligus untuk mengontrol data dengan lebih mudah dan efesien.

    Bahkan software ini juga akan menerapkan suatu mekanisme khusus sebagai langkah dari suatu pengamanan data. Dengan adanya DBMS agar para pengguna yang masih awal juga bisa lebih mudah untuk menggunakan data yang akan dimaksud tanpa perlu repot-repot untuk memahami kompleksitas dari suatu struktur data tersebut.

    • Sistem operasi

    Merupakan perangkat lunak yang akan memfungsikan untuk mengendalikan semua sumber daya yang sekaligus melakukan operasi dasar yang ada pada sistem komputer. Sistem dari sebuah operasi ini tentunya harus sesuai dengan software dari pengelolaan basis data yang akan siap digunakan.

    • Hardware

    Hardware atau perangkat keras ialah berbagai hal yang berperan sebagai suatu pendukung dari operasi pengolahan data. Hardware ini seperti memori, terminal dan perangkat komputer lainnya.(Lisdayani)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Komponen Sistem Basis Data
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar