Pesona Pantai Teluk Makmur dan Perkampungan Wisata Melayu di Dumai

Daftar Isi

    Pantai teluk makmur merupakan salah satu pantai yang ada di kota Dumai. Pantai ini berada diantara perbatasan dua  kelurahan yang berbeda, yaitu kelurahan Medang Kampai dan Tasik Bunga Tujuh. Kelurahan ini merupakan bagian dari kecamatan Dumai Timur. Pesona yang ada di pantai ini berupa pantai dan perkampungan wisata Melayu yang berhadapan dengan Pulau Rupat dan Selat Malaka.

    Pantai ini memiliki daratan berpasir yang mempunyai garis pantai lumayan panjang, namun luasnya tidak besar dan dipenuhi dengan bebatuan besar di sepanjang garis pantai. Batu-batu ini memang sengaja disusun di sekitar garis pantai untuk menahan ombak agar tidak terjadi abrasi. Pada saat pasang ombaknya bisa naik hingga membuat daratan Pantai Teluk Makmur menjadi lebih sempit. 

    Pantai Teluk Makmur memiliki sebuah bangunan berupa pondok yang digunakan untuk istirahat dan bersantai bagi para pengunjung. Pondok ini dibuat dari kayu yang berdiri di perairan pantai dan ditopang tiang penyangga, terlihat seperti desain rumah panggung. Tidak sulit untuk bisa ke pondok ini karena sudah dibangun pula jembatan kayu penghubung tepi Pantai Teluk Makmur dengan pondok unik tersebut.
    Pantai Teluk Makmur mempunyai sebuah aliran air kecil yang mengarah menuju ke perairan pantai. Dengan lebar yang tidak terlalu besar, namun debit airnya konstan. Aliran ini terus mengalir meskipun saat musim kemarau. Aliran ini bersifat payau karena merupakan pertemuan antara air sungai dengan perairan laut. Kedalaman air ini tidak dalam hanya semata kaki orang dewasa, kita bisa menelusuri aliran air ini.

    Mengunjungi Pantai Teluk Makmur akan menambah kesenangan tersendiri bagi wisatawan dan penyuka pantai, karena Pantai Teluk Makmur selain dengan pondoknya yang unik, kita juga bisa bersantai di sekitar bebatuan sambil menikmati ombak pantai yang datang. Di pondok yang ada juga bisa menikmati keindahan pantai dan sekitar, pemandangan pantai yang bisa kita lihat lebih luas terjangkau. (hyAzn)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pesona Pantai Teluk Makmur dan Perkampungan Wisata Melayu di Dumai
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar