Ciri-ciri Algoritma

Daftar Isi

    LancangKuning - Kita sering kali mendengar kata Kata algoritma ataupu saat membaca, pastinya Sebagian dari kita ada yang beranggapan bahwa kata tersebut ada hubungannya dengan Bahasa pemrograman, ilmu komputer maupu matematika itu sangat benar tapi disini kita akan membahas apa itu algoritma , ciri-ciri serta jenisnya. Pengertian algoritma sebagai berikut:

    Pengertian Algoritma

    Algoritma merupakan suatu urutan dari beberapa langkah logis serta Sistematis yang digunakan untuk menyelesaikan masalah tertentu. Defisinisi dalam algoritma adalah proses atau serangkaian aturan yang harus diikuti dalam penghitungan ataupun dalam sistem operasi pemecah masalah lainnya terutama komputer. Dalam kata lain semua susunan logis yang telah diurutkan berdasarkan sistematika tertentu serta dipakai untuk memecahkan suaru masalah bisa disebut dengan algoritma.

    Pada dasarnya algoritma digunakan untuk melakukan penghitungan, penalaran otomatis, serta mengolah data dalam komputer dengan menggunakan komputer. Dalam algoritma terdapat rangkaian terbatas dari beberapa intruksi agar menghitung dari fungsi yang jika dieksekusi serta diproses akan menghasilkan output, kemudian berhenti pada kondisi akhir yang telah ditentukan.

    Ada tiga bentuk dasar algoritma sebagai berikut :

    1. Algoritma Sekuensial : Algoritma Sekuensial ialah sebuah perintah yang bisa tersusun dengan cara sistematis serta berurutan yang nantinya akan muncul beberapa insrtruksi.
    2. Algoritma perulangan : Algoritma perulangan merupakan sebuah perintah yang bisa digunakan untuk mengulang dari beberapa banyak perintah dengan memperhitungkan syarat syarat tertentu.
    3. Algoritma percabangan  atau bersyarat : Algoritma percabangan  merupakan suatu perintah yang bisa digunakan untuk memilih salah satu dari beberaapa pilihan yang ada.

    Ciri-ciri Algoritma

    Algoritma mempunyai lima ciri utama yang saling berhubungan satu  dengan lainnya. adapun ciri-ciri algoritma adalah sebagai berikut:

    1. Input : input ialah permasalahan yang dihadapi serta akan dicarikan solusinya. Algoritma mempunyai nilai nol ataupun lebih input bisa disebut juga dengan (Masukan)
    2. Proses : proses merupakan sebuah langkaah-langkah yang akan dilakukaan untuk mencapai tujuan akhir.
    3. Output : out put merupakan solusi ataupun tampilan aakhir yang diperoleh dari suatu aalgoritmaa. Algoritma mempunyai minimal satu output.
    4. Intruksi yang jelas dan tidak ambigu : yang dimaksud dengan intruksi yang jelas tidak ambigu adalah intruksi yang jelas dalam algoritma sehingga tidak terjadi kesalahan pada hasil output.
    5. Tujuan akhir : tujuan akhir adalah akhir dari sebuah program dimana akan berhenti Ketika tujuan akhir sudah tercapai.

    Fungsi dan manfaat Algoritma

    Pada dasarnya fungsi utama dari algoritma yaitu untuk memecahkan suatu masalah. Lebih tepatnya ada beberapa manfaat dan fungsi dari algoritma sebagai berikut:

    • Membantu pada suatu program yang besar dan rumit menjadi sederhana
    • Memudahkan dalam merancang ataupun membuat sebuah program pada masalah tertentu.
    • Algoritma bisa digunakan dengan terus-terusan untuk menyelesaikan suatu permasalahan
    • Memanbantu dalam memecahkan suatu masalah dengan sistematis dan logika
    • Meminimalisir pada penulisan program secara berulang-ulang
    • Bisa mendapatkan pendekatan pada top-down dan divide derta conquer.
    • Agar memudahkan membuat program yang lebih rapi serta terstruktur sehingga lebih mudah untuk dipahami serta dikembangkan.
    • Memudahkan proses modifikasi dalam program sebab bisa dilakukan hanya pada satu modul tanpa harus mengubah modul lainnya.
    • Ketika terjadi kesalahan, algoritma bisa membantu menemukan karena alur kerja yang jelas.
    • Memudahkan proses dalam dokumentasi.

    Mengacu pada penjelasan tentang Algoritma maka kita dapat simpulkan bahwa algoritma merupakan prosedur untuk menyelesaikan suatu masalah mulai dari ilmu komputer, ilmu matematika bahkan kehidupan sehari-hari. Algoritma mencangkup   penghitungan, penalaran, dan pemrosesan data yang dapat disajikan dalam Bahasa aalami, kode, diagram alur ataupun flowchart dan lainnya. Demikian penjelasan pengertian algoritma serta ciri-ciri dan fungsinya semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan sekian Terimakasih.(Riski)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Ciri-ciri Algoritma
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar