Hubungan Sistem Operasi Dengan Sistem Komputer

Daftar Isi

    LancangKuning - Secara umum dalam komponen atau elemen sistem komputer dapat terdiri dari perangkat keras seperti hardware yang merupakan suatu sumber daya utama untuk proses komputasi sistem operasi dan mempunyai tugas untuk melakukan kontrol dan koordinasi dalam penggunaan suatu perangkat keras dengan berbagai program aplikasi untuk user-user yang berbeda dalam melakukan suatu sistem operasi.

    Sistem operasi merupakan  suatu perangkat lunak yang mengatur sumber daya dari perangkat keras dan perangkat lunak serta sebagai donasi untuk program komputer tanpa sistem operasi pengguna tidak dapat menjalankan program dalam aplikasi dalam komputer mereka kecuali program booting.

    Sistem komputer merupakan kumpulan perangkat-perangkat computer yang saling berhubungan dan berinteraksi satu sama lain untuk melakukan proses pengolahan data sehingga dapat menghasilkan informasi yang diharapkan oleh penggunanya.

    Sistem operasi merupakan suatu program-program komputer yang sangat mengendalikan sumber daya perangkat keras dan perangkat lunak pada komputer sistem operasi ialah perangkat lunak yang memiliki tugas mengontrol dan mengatur perangkat keras sekaligus operasi dasar sistem lainnya termasuk dapat menjalankan program aplikasi.

    Dalam sistem komputer dapat berfungsi untuk menginput semua jenis data yang telah dimasukkan oleh brainware atau pengguna melalui perangkat keras komputer seperti mouse, keyboard, microphone dang perangkat input lainnya yang dapat untuk melakukan suatu pekerjaan yang dapat mengakses semua komponen.

    Manfaat sistem operasi merupakan suatu program demikian mempunyai komponen yang dapat untuk dilakukan dengan memungkinkan dan dapat menerima perubahan atau pengembangan baru dengan efektif dan efisien dan dapat untuk melakukan pengujian dalam sistem tanpa mengganggu layanan yang telah ada dalam sistem operasi yang memungkinkan sumber daya komputer digunakan secara efisien.

    Dengan sistem komputer terdapat berbagai manfaat dalam komputer yang dapat anda rasakan dengan menggunakan komputer ini yaitu dengan mengolah suatu data, mempercepat pekerjaan, berkirim informasi, mencetak dokumen penting, hingga berkomunikasi dengan orang penting yang berhubungan dengan perusahaan.

    Sistem operasi pengguna tidak dapat menjalankan suatu program dalam aplikasi pada komputer orang lain yang menggunakannya kecuali dalam program booting dengan contoh sistem operasi modern menggunakan Linux, Android, ios, Mac OS X, dan Microsoft windows.

    Jenis-jenis sistem operasi komputer ialah

    • Sistem operasi DOS
    • Sistem operasi windows
    • Sistem operasi linux
    • Sistem operasi mac os
    • Sistem operasi unix

    Tujuan pokok dari sistem komputer merupakan mengolah data untuk menghasilkan informasi sehingga perlu dalam dukung oleh elemen-elemen yang terdiri dari perangkat keras hardware perangkat lunak software dan brainware.

    Jurusan sistem komputer dapat mempelajari tentang desain yang dirancang  oleh konstruksi komputer dan sistem yang berbasis komputer itu lebih mempelajari hardware pada suatu komputer dan juga bisa dikatakan kombinasi antara teknik elektro dengan teknik informatika.

    Keunggulan dari windows sebagai sistem operasi ialah proses instalasi yang mudah dalam proses instalasi yang mudah dan user friendly alias juga mudah sekali digunakan selain dari pada itu banyak perusahaan yang membuat software atau aplikasi yang konstabil dengan windows sehingga windows pun mampu mendukung dalam berbagai aplikasi atau software yang ada.

    Kekurangan harga yang lumayan mahal rentan terkena virus dan hacking juga banyak virus komputer yang menyerang sistem operasi dan tidak ada sistem keamanan yang tangguh kecuali Ms windows 2000 dan xp pada Ms windows yang hampir tidak dapat dimiliki dalam sistem keamanan yang membuat komputer anda aman dari tangan-tangan jahil yang akan dapat merusak computer anda.

    Kekurangan komputer ialah

    • Tergantung pada penggunaan daya listrik
    • Bentuknya masih  belum dianggap cukup oleh ringkas untuk penggunaan sehari-hari
    • Kemampuan dalam komputer yang terbatas berhadapan dengan kebutuhan manusia akan pengolahan informasi dan data yang semakin berkembang dengan cepat.

    Sistem operasi yang mempunyai fungsi dan tujuan yaitu kenyamanan atau kemudahan yang lebih efisien juga mampu untuk berevolusi keputusan memilih sistem operasi merupakan suatu keputusan utama yang sangat mendasar dalam membangun sistem berbasis komputer.

    Tujuan dari sistem operasi dilansir dari howstuffworks merupakan untuk mengatur dan mengontrol perangkat keras dan perangkat yang ditempatinya bisa diatur dan dikendalikan dengan cara yang fleksibel tetapi dapat diprediksi.(Aini)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Hubungan Sistem Operasi Dengan Sistem Komputer
    Sangat Suka

    25%

    Suka

    25%

    Terinspirasi

    25%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    25%

    Komentar