Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Ilmu Gizi

Daftar Isi

    LancangKuning - Jurusan ilmu gizi tentunya akan mempelajari tentang banyak aspek yang sangat berkaitan dengan gizi yang akan diasup oleh para masyarakat. Maka cabang ilmu tersebut tidak akan lepas dari pendalaman terhadap hubungan antara makanan yang diasup dengan kesehatan. Namun secara lebih spesifik jurusan ini akan mempelajari berkaitan dengan gizi serta kesehatan pertumbuhan manusia.

    Disini akan mempelajari tentang zat gizi apa saja yang dibutuhkan oleh tubuh serta berapa takaran idealnya. Lulusan ilmu gizi juga dapa berkarir di perusahaan yang dapat bergerak di industry pangan seperti perusahaan pengolahan makanan kaleng dan lain –lain. Berikut adalah kelebihan dari kita masuk kuliah di jurusan kesehatan sebagai berikut.

    1. Jika kita kuliah di jurusan kesehatan tentu akan sangat menyenangkan dan mengasyikkan. Dikarenakan pada kuliah di jurusan tersebut tentu akan dipertemukan dengan teman-teman yang sebelumnya tentunya juga belum mengerti tentang kesehatan yang pastinya akan bertemu banyak hal baru hingga aneh sehingga saat kita berkuliah tersebut tentu akan sangat menyenangkan.
    2. Banyak manfaat yang didapat. Selain kita mempelajari suatu ilmu kesehatan tentunya kita akan mendapatkan manfaat terutama bagi diri kita sendiri, maupun keluarga ataupun orang lain yang membutuhkan.
    3. Saat kita berkuliah di jurusan kesehatan contohnya seperti jurusan ilmu gizi ini biasanya akan memperoleh pekerjaan setelah lulus. Tentu saja ya, namun hal tersebut tidak menjamin jika kita tidak serius dalam menempuh pendidikan. Saat kita rajin pandai serta tekun pastinya pekerjaan akan segera menampilkan kita tanpa harus menunggu waktu yang lama.
    4. Memiliki profesi yang jelas. Ketika kita lulus dan telah untuk disumpah profesi maka gelar yang begitu besar dan syarat tanggung jawab tentunya akan jelas melekat pada diri kita.
    5. Menjadi seseorang yang memiliki jiwa social yang tinggi. Dikarenakan pada semasa kuliah tentunya mahasiswa akan dibekali dengan Ilmu empati serta simpati yang sangat tinggi. Kita dituntut untuk diajarkan peduli untuk saling menghargai, mendengarkan pendapat orang lain, ramah serta peduli terhadap orang lain. hal ini di tanamkan tentu ada alasannya dikarenakan setelah lulus nantinya kita akan langsung untuk berhadapan dengan manusia sebagai objek dari pekerjaan kita yang tentunya beraneka ragam sifat dan wataknya.

    Namun dibalik kelebihan dari jurusan kesehatan yang kita geluti, tentunya terdapat kekurangan atau resiko dari jurusan tersebut, maka berikut adalah kekurangan dari jurusan kesehatan, sebagai berikut.

    1.  Kuliah di kesehatan tentunya kita membutuhkan waktu yang lama untuk melanjutkan pekerjaan. Hal tersebut disebabkan karena setelah kita menyelesaikan kuliah sarjana kita diharuskan untuk dapat melanjutkan profesi yaitu tahapan praktek di Rumah sakit dan lain-lain.
    2. Bagi orang yang tidak sukat dengan darah, tindakan pelayanan serta ketelitian pada mata kuliah di kesehatan kita akan dipaksakan untuk tidak takut dengan darah, harus menyukai ketelitian, menyukai para anak-anak serta pasien.
    3. Ketika ktia sudah menentukan kuliah di bidang kesehatan maka kita harus siap untuk bekerja dengan sistem shift yang tidak tau kapan, seperti shift pagi, siang dan malam.
    4. Ketika kita telah lulus bersiaplah untuk harus bersaing dengan ratusan bahkan ribuan pelamar pekerjaan, meskipun banyak peluang kerja namun lulusan yang dicetak setiap tahunnya pasti akan bertambah namun persaingan akan tetap ada.
    5. Dikarenakan kita telah bekerja maka kita harus siap untuk mendapatkan gaji yang tidak sesuai dengan harapan kita. Kenyataannya banyak sekali perusahaan kesehatan seperti di rumah sakit ataupun yang lainnya, menggaji para karyawannya dibawah upah minimum regional (UMR) yang sesuai dengan daerah setempat.

    Demikianlah kelebihan dan kekurangan dari kuliah di jurusan kesehatan tentunya termasuk jurusan Ilmu Gizi. Semoga bermanfaat!(Riela Annisa)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Ilmu Gizi
    Sangat Suka

    18%

    Suka

    18%

    Terinspirasi

    36%

    Tidak Peduli

    27%

    Marah

    0%

    Komentar