BAZNas Siak Bangun Gedung Dari Swadaya Amil

Daftar Isi

    Keterangan foto: Bupati Siak H Alfedri menyerahkan surat hibah lahan untuk gedung baru BAZNas Kabupaten Siak.  (Istimewa)

    SIAK, Lancangkuning.com  - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNas) Kabupaten Siak, hari ini mulai membangun gedung baru dua lantai di jalan Sultan Syarif Ali Kecamatan Siak, Rabu (16/3/21).

    Pembangunan itu ditandai peletakan batu pertama oleh Bupati Siak, disusul wakil Bupati Siak terpilih H Husni Merza, ketua DPRD Siak H Azmi, BAZNas Riau Muhammad Erwin, dan ketua BAZNas Kabupaten Siak Abdul Rasyid.

    Gedung yang rencana siap sekitar bulan Agustus mendatang dibangun senilai Rp 1,6 miliar, hasil dari swadaya dari Amil.

    "Sekitar 6 tahun menabung, maka terkumpul Rp 1,6 miliar.  Anggaran ini merupakan anggaran dari Amil, atau hak Amil sesuai dengan undang-undang yakni 12 persen," kata Abdul Rasyid.

    Rasyid mengatakan, sekian lama menabung, maka pihaknya memilih untuk membangun gedung pada tahun ini, sebelum masa kepengurusan komisioner habis pada November mendatang.

    "Ini nanti menjadi kenang-kenangan kami, karena November mendatang masa kami sudah berakhir," kata Rasyid.

    Rasyid juga mengatakan, ide pembangunan gedung sudah lama terpikirkan, namun baru tahun ini terealisasi. Bahkan, ide tersebut sudah direncanakan pada periode kepemimpinan sebelumnya.

    "Gedung ini merupakan gedung muzakkir dan mustahik," katanya.

    Setelah dibangun gedung baru tersebut akui Rasyid, BAZNas juga berencana untuk membangun sekretariat lembaga BAZNas  di belakang gedung.

    "Dalam waktu dekat, rencana juga akan dibangun lembaga pemberdayaan mustahik," jelasnya.

    Rasyid menjelaskan, zakat yang terkumpul dalam beberapa tahun terakhir ini terus meningkat.

    "2019 lalu zakat yang terkumpul Rp 15,7 miliar, kemudian di tahun 2020 Rp 17,8 miliar, kalau di rata-ratakan sekitar Rp 2 miliar peningkatan pertahun," kata Rasyid.

    Target yang bisa di optimalisasi adalah di setiap UPZ baik di tingkat kecamatan sampai ke kampung-kampung. 

    "Kita sudah menggarap zakat peternakan, perkebunan dan perdagangan. Namun perdagangan dan pertanian belum tergarap semua, ini yang akan kita optimalisasi kedepan," jelasnya.

    Bupati Siak Alfedri mengucapkan syukur dan apresiasi serta ucapan selamat kepada BAZNas Kabupaten Siak, yang akan membangun kantor yang telah lama di niatkan. 

    "Alhamdulillah, akhirnya rencana BAZNas Kabupaten Siak untuk membangun kantor terwujud. Dan semoga dari dimulainya pembangunan hingga tahap akhir pembangunan, bisa berjalan lancar tanpa ada halangan apapun", kata Alfedri. 

    Dulu sebagian dari dana Amil juga pernah dipergunakan untuk pinjaman tanpa bunga dan agunan, termasuk untuk usaha mikro di Kecamatan Siak dan Kecamatan Dayun. 

    "Dengan adanya gedung BAZNas Kabupaten Siak nantinya, akan menjadi tempat bagi seluruh Jajaran BAZNas Siak beserta muzaki dan mustahik untuk bersilaturahmi. Sehingga akan memberikan motivasi agar pengumpulan zakat di Kabupaten Siak terus meningkat", harap Mantan Ketua BAZNas Kabupaten Siak itu. 

    Alfedri juga mengucapkan selamat kepada BAZNas Kabupaten Siak atas prestasi yang telah diraih, selain menjadi pengumpulan Zakat terbesar di Provinsi Riau, BAZNas Kabupaten Siak juga telah meraih penghargaan atas Laporan Keuangan dan Transparansi terbaik se-Indonesia. 

    Sebelum meletakkan batu pertama pembangunan kantor BAZNas Kabupaten Siak, Bupati Siak Alfedri menyerahkan surat tanah hibah kepada ketua BAZNas Siak Abdul Rasyid Suharto untuk lahan pembangunan kantor BAZNas Siak tersebut. 

    Peletakkan batu pertama pembangunan kantor BAZNas Kabupaten Siak tersebut, juga dihadiri oleh perwakilan BAZNas Provinsi Riau Muhammad Erwin, Sekda Siak Arfan Usman, Ketua DPRD Siak Azmi, wakil Bupati Siak terpilih H Husni Merza, serta seluruh tamu undangan lainnya. (Gs)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel BAZNas Siak Bangun Gedung Dari Swadaya Amil
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar