Cara Membuat Storyboard di Word

Daftar Isi

    LancangKuning - Storyboard merupakan sebuah sketsa gambar yang dirancang secara berurutan sesuai dengan naskah, dengan storyboard kita bisa menyampaikan ataupun mengungkapkan ide cerita kita kepada orang lain dengan mudah, sebab kita dapat menggiring imajinasi seseorang mengikuti gambar-gambar yang tersaji, sehingga dapat menghasilkan persepsi yang sama dengan ide cerita kita.

    Pada bagian yang cukup penting dalam produksi  film yaitu, Membuat storyboard, setelah sutradara dan pengarah fotografi  membahas suatu adegan mereka setelah bertemu dengan artis storyboard untuk  menerjemahkan gagasan mereka pada gambar. Terbentuknya rancangan shooting seketika dirasa ada sesuatu yang kurang tepat ataupun ada kendala-kendala pada pengambilan gambar nantinya segera dapat dilakukan revisi.

    Berpatokan dengan rencana shooting dalam storyboard para pemain Serta kru bisa melaksanakan tugas mereka masing-masing dengan cepat dan tepat.  Storyboard secara gamblang memberikan tata letak visual dari adegan seperti yang dilihat melalui pada lensa kamera. Storyboard juga berfungsi sebagai editor agar membantu menyusun scene yang berbeda- beda menjadi sesuai dengan skenario  dengan  mudah serta cepat.

     Cara membuat Storyboard

    1. Catat poin-poin yang penting seperti, ide, dan konsep-konsep di bawah frame storyboard yang berurutan.
    2. Pada dasarnya kamu harus merupakan jenis peta, menguraikan seluruh langkah-langkah utama yang di dibutuhkan untuk menyelesaikan tujuan pembelajaran.
    3. Kamu bisa membuat storyboard kamu di kertas atau berbagai perangkat lunak seperti Microsoft Word, Microsoft PowerPoint, dan Inspirasi.

    Contoh Storyboards

    A. Kertas (lembaran)

    B. Word atau PowerPoint

    C. Inspirasi taupun imajinasi

    Tujuan Storyboard

    Lighting dan kameramen sangat memungkinkan seorang pembuat film untuk memvisualkan ide-idenya Sebagai Alat untuk berkomunikasi ide keseluruhan film yang menjelaskan tentang alur narasi dari sebuah cerita yang berperan dalam timing pada squence, percobaan-percobaan dengan sudut pandang kamera, perpindahan dengan kesenambungan (countinuity) antara element-element pada sebuah frame.

    Kelemahan Storyboard dan Solusinya

    Tidak bisa untuk memperlihatkan gerakan-gerakan kamera, beserta efek optikal, seperti pelarutan atau pemudaran (Blur, Disolving) solusinya. Dalam penulisan serta gambar skematis untuk mendiskripsikan apa yang tidak bisa di gambarkan Perlu di perhatikan batas pinggir dari sebuah storyboard ataupun bingkai untuk memperlihatkan sudut pandang yang dipilih dari keseluruhan ruang. Dalam menggunakan Storyboard Advertising gunanya untuk menjual produk kepada klien VideoGame.

    Sangat banyak rencana yang termasuk brainstroming dari beberapa  konsep game serta interaksi pemakai serial tv, hanya dipakai pada Sequence yang kompleks yaitu Multimedia, CD-Rom untuk edukasi, pelatihan atau program-program tutorial Web Design dan mengembangkan team pada pembuatan web design. Sebelum menjalankan proses tersebut pada dasarnya harus mendifinisikan elemen-elemen seperti gambar, animasi, video dan ilustrasi Industri serta video-video pemerintahan yang untuk menampilkan ide-ide saat pembuatan sebuah proyek video pemerintahan.

    Proses Storyboard

    Thumbnail, tahap paling awal yang digunakan ilustrator untuk menggambarkan dalam bentuk panel sketsa yang masih cukup sederhana yang berisi nomor urut sebagai index dan pergerakan kamera ataupun pergerakan pada karakter yang di beri simbol anak panah, Rough Pass bagian revisi Thumbnail serta panel yang di pakai lebih besar dari yang sebelumnya. Pada bagian ini, storyboard lebih mudah di baca dan dipahami oleh non ilustrator seperti pemain, produser, kameramen, kru pencahayaan dan investor.

    Cara Membuat Storyboard untuk Film

    Dengan adanya kita latihan, storyboard kita bukan hanya akan mempercepat proses pembuatan film, namun juga memungkinkan kita untuk sepenuhnya mewujudkan visi artistik kita. Menganalisis pada script kamu, Tergantung pada bagaimana cara tangan-on kamu, kamu mungkin storyboard saat-saat penting dari film ini, beberapa tembakan adegan, atau setiap gerakan kamera tunggal.(Riski)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Membuat Storyboard di Word
    Sangat Suka

    16%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    83%

    Marah

    0%

    Komentar