Pengertian Sistem Informasi Akademik

Daftar Isi

    LancangKuning  - Sistem informasi akademik merupakan suatu system yang dibuat agar mempermudah suatu kegiatan administrasi akademik di kampus, karena semua diatur secara daring (online). Contoh kegiatan yang bersifat administratif di kampus seperti, penerimaan siswa baru (PMB), penyusunan kurikulum dan jadwal kuliah, mengisi kartu rencana studi (KRS), mengisi nilai (khusus dosen), mengelola data dosen, karyawan, mahasiswa, dan lain-lain.

    System informasi akademik ini dapat memuat data-data sebagai berikut:

    1. Data mahasiswa
    2. Data dosen
    3. Data mata kuliah
    4. KRS
    5. Daftar nilai mahasiswa
    6. Data mahasiswa yang telah lulus
    7. Data keuangan

    Data yang bisa diakses oleh para pengguna system informasi akademik, yaitu:

    1. Daftar nama mahasiswa
    2. Daftar nama dosen
    3. Jadwal mata kuliah
    4. KHS
    5. Absensi mahasiswa
    6. Daftar nama wisudawan
    7. Data mahasiswa yang aktif dalam perkuliahan

    Keunggulan

    Sistem informasi akademik ini memiliki keunggulan atau kelebihan tersendiri, yaitu:

    1. Sistem informasi akademik ini dirancang untuk dapat mengolah semua informasi yang ada secara integrasi, yang kemudian data yang tersedia akan selalu yang terbaru (up to date) secara realtime.
    2. Karena system informasi akademik basis datanya terpusat, maka system informasi akan bisa meminimalisir tentang terjadinya duplikasi data yang lazim ditemui pada system manual.
    3. System informasi akademik berfungsi sebagai pusat informasi yang memiliki kelebihan yang berupa:
    • Respon email otomatis
    • PMB online
    • KRS online
    • Penjadwalan kelas online
    • Penilaian secara online
    1. Menjadi suatu pusat rekam jejak semua kegiatan yang ada di kampus, karena semua data yang ada pada system informasi akademik termasuk berita-berita terbaru seputar kampus.
    2. Sebagai media komunikasi bagi dosen, karyawan, dan juga mahasiswa.

    Manfaat System Informasi Akademik bagi perguruan tinggi:

    1. Sebagai  pusat informasi
      Dapat mempermudah mahasiswa guna untuk memperoleh suatu informasi tanpa harus datang ke bagian administrasi di kampus yang seringkali menunggu karena harus mengantri, dan sebagainya.
    2. Memudahkan petugas akademik
      Dengan adanya system informasi akademik maka akan mempermudah bagian administrasi kampus, karena kegiatan seperti berinteraksi dengan mahasiswa yang sedang butuh data menjadi semakin berkurang. Dan pada bagian administrasi bisa lebih memfokuskan waktunya untuk input data dan pemeriksaan data.
    3. Alat rekam segala kegiatan kampus
      Data akan tersimpan secara terstruktur dengan database yang ada di dalam computer. Selain sebagai pusat informasi juga digunakan untuk alat rekam di segala kegiatan kampus. Informasi kegiatan terbaru di kampus akan dapat di update di system informasi akademik, sehingga mahasiswa dan dosen yang sedang berhalangan hadir akan dapat mengetahui kegiatan yang sedang berlangsung.
    4. Integrasi data
      Dengan cara menggunakan integrasi data, maka pada setiap masing-masing informasi akan dapat berbagi data yang sama dalam waktu yang sama pula.
    5. Memudahkan proses mengelola data akademik & non akademik

    Pengolahan data keuangan akan lebih efektif dengan menggunakan aplikasi yang bisa mendukung suatu proses keuangan dan juga proses kepegawaian. System informasi akademik ini akan sangat membantu dalam pengelolaan data nilai mahasiswa, mata kuliah, data staf dosen, dan administrasi fakultas/jurusan yang masih bersifat manual untuk dikerjakan melalui bantuan software agar dapat mengefektifkan waktu dan menekan biaya operasional.

    1. Meningkatkan citra kampus
      Dengan adanya  system informasi akademik, maka akan dapat meningkatkan citra perguruan tinggi sebagai kampus yang peduli, transparan, dan maju selangkah di bidang teknologi.

    Manfaat bagi para mahasiswa

    1. Mempermudah mahasiswa dalam pengisian dan juga perbaikan KRS.
    2. Mempermudah serta mempercepat registrasi atau her-registrasi dan pembayaran mahasiswa.
    3. Memudahkan dalam memperoleh data IP per semester, jadwal mata kuliah, nilai UTS, nilai UAS, nilai tugas, remedial, serta informasi-informasi yang terbaru dari jurusan.
    4. Mahasiswa juga akan dapat melihat nilai mereka melalui SIAKAD Mobile, agar lebih cepat.
    5. Mahasiswa akan dapat mengetahui suatu informasi akademik kapan saja dan dimana saja.

    Saat ini penting bagi kampus untuk memperbaharui system administrasi di kampus dengan menggunakan Sistem Informasi Akademik yang terpadu. Selain untuk menghemat waktu dan tenaga, semua pihak dosen, mahasiswa, karyawan di bagian administrasi, bagian keuangan dan di bagian-bagian lain juga dapat memperoleh data yang selalu terbarukan secara realtime.(Tria)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pengertian Sistem Informasi Akademik
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar