Pengertian Multimedia Interaktif Berbasis Halaman Web dan Media Interaktif

Daftar Isi

    LancangKuning  - Multimedia Interaktif Berbasis Halaman Web, Multimedia ialah kombinasi dari teks, foto, seni grafis, suara, animasi, serta elemen-elemen video yang dimanipulasi secara digital. Dari penjelasan tersebut dapat didefinisikan bahwa multimedia interaktif yaitu pergabungan antara teks, foto, seni grafis, suara, animasi, dan video serta dapat memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan produk multimedia.

    Bagian input, proses dan output dari produk multimedia interaktif yaitu bagian yang perlu dipahami sebelum menjalankan sesuatu. Proyek multimedia yaitu peranti perangkat lunak yang bersifat informasi, pengetahuan, dan hasil yang akan ditampilkan di layar komputer. Sedangkan proyek bisa diedarkan ataupun dijual kepada konsumen dan pengguna akhir biasanya dalam bentuk CD atau melewati internet.

    Multimedia interaktif di dalam bisnis, aplikasi yang menerapkan multimedia interaktif ialah presentasi, demo produk, database, katalog serta pemasaran. Di dalam bidang sekolah antara lain yaitu presentasi, simulasi pembelajaran, CD pembelajaran, pembelajaran interaktif dan lain sebagainya.

    Konsep Dasar Multimedia Interaktif

    Produk multimedia berdasarkan karakteristik yang terbagi menjadi dua kategori yaitu multimedia linier dan multimedia non linier. Multimedia linier yaitu produk multimedia yang di mulai dari awal menuju akhir dengan sedikit atau tanpa adanya interaksi. Dari penjelasan diatas maka kunci utama dari multimedia interaktif adanya pengguna yang bisa berinteraksi dan berkomunikasi dengan system dengan baik. Yang dapat menggabungkan antara komponen-komponen multimedia dengan bahasa pemrograman sehingga hasil yang akan didapat, dapat berinteraksi dengan pengguna. Multimedia dibagi menjadi komponen-komponen multimedia yang perlu diketahui yaitu teks, foto, seni grafis, video, suara, serta animasi.

    Level interaksi dalam pembelajaran berbasis computer:

    1. Umpan balik, yaitu berupa tingkatan interaktif yang paling rendah.
    2. Manipulasi, meliputi perubahan secara waktu yang nyata ataupun transformasi informasi sebagai tanggapan atas tindakan dari pengguna.
    3. Adaptasi meliputi tanggapan yang perlu disesuaikan dengan kebiasaan pengguna sebelumnya.
    4. Komunikasi, dapat diwujudkan dengan lingkungan pembelajaran online dinamis yang fleksibel.

    Website multimedia interaktif

    Konsep ialah suatu yang dapat dipahami atau abstrasi suatu ide atau gambaran mental. Multimedia interaktif berbasis halaman web ialah memahami pemanfaatan computer untuk membuat dan mengabulkan teks, gambar, suara, video, dan animasi dengan menggabungkan perangkat perangkat tertentu yang bisa memungkinkan pengguna melakukan navigasi, berinteraksi dan komunikasi baik berbasis halaman web ataupun media interaktif.

    Keuntungan website multimedia interaktif

    • Bisa mengatasi berbagai cara gaya belajar
    • Belajar melalui system visual
    • Belajar dengan cara auditori
    • Banyak ide-ide yang lebih mudah untuk menyampaikan
    • Bahan yang lebih menarik dan juga menyenangkan

    Kekurangan website multimedia interaktif

    • Banyak nya waktu dan biaya untuk pengembangan
    • Kompatibilitas dan waktu untuk mendownload multimedia berbasis web

    Media interaktif

    Media interaktif yaitu metode komunikasi yang dimana output dari media yang berasal dari masukkan dari pengguna. Media interaktif masih mempunyai tujuan yang sama tapi masukan pengguna menambahkan interaksi dan membawa fitur-fitur yang lebih menarik untuk system untuk kenikmatan yang lebih baik.

    Jenis media interaktif

    Media yang dapat memungkinkan beberapa secara geografis terpencil pengguna untuk berinteraksi secara serentak dengan media aplikasi atau system yang lebih dikena dengan Distribusi Media Interakif.

    Keuntungan

    Media interaktif yaitu sebuah system penyampaian pengajaran yang menyajikan berbagai materi video rekaman dengan pengendalian computer kepada pendengar ataupun penonton yang tidak hanya mendengarkan dan melihat video atau suara, tetapi juga dapat memberikan respon yang aktif, dan respon itu lah yang menentukan kecepatan dan sekuensi penyajian.

    Media interaktif ini dapat membantu dalam empat pengembangan dimensi dimana anak anak belajar yaitu: social dan emosional, perkembangan bahasa, kognitif dan pengetahuan umum, serta pendekatan terhadap pembelajaran.(Delia)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pengertian Multimedia Interaktif Berbasis Halaman Web dan Media Interaktif
    Sangat Suka

    42%

    Suka

    14%

    Terinspirasi

    28%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    14%

    Komentar