Pengelompokan Teknologi Informasi

Daftar Isi

    LancangKuning  - Pada dasarnya pengelompokan komputer dilakukan berdasarkan besarnya memori yang dipakai sebagai penyimpanan data pada komputer. Komputer yang mempunyai berupa RAM atupun yang disebut dengan Random Access Memory dan ROM kepanjangan dari Read Only Memory sebesar 512kb sampai 1mb disebut komputer mini saat ini pengelompokan ini sudah tidak pas lagi sebab komputer berukuran kecil, seperti PDA bisa disebut dengan Personal Digital assistand  sudah sangat banyak yang mempunyai RAM yang lebih besar dari 1mb atau (1mb = 1.024kb).

    Maka dari itu pengelompokan komputer diproses berdasarkan kemampuan pengolahan pada data. Komputer juga bisa digolongkan secara fisik, sistem operasi serta jenis data yang diperoleh. Dalam kemampuan pengolahan pada data serta bentuk fisiknya komputer dikelompokkan menjadi beberapa macam bagian mainframe, minicomputer serta microcomputer.

    • Mainframe merupakan jenis komputer yang dipakai pada perusahaan-perusahaan berskala sangat besar untuk menangani proses data dengan volume yang cukup besar.
    • Minicomputer merupakan jenis komputer yang dipakai dengan perusahaan berskala menengah sebagai server. Namun saat ini mini komputer semakin jarang untuk dipakai sebab fungsinya diganti oleh PC yang lebih canggih
    • Personal komputer ataupun komputer mini ini merupakan komputer yang berukuran sangat kecil serta diperlihatkan untuk satu pemakai komputer tersebut. Komputer ini terdiri dari monitor, keyboard, mouse dan CPU. Komputer yang jenis ini merupakan sangat banyak dipakai bisa itu di rumah, di kantor, Lembaga kursus maupun sekolahan.
    • Komputer portable komputer ini merupakan komputer uang yang berukuran kecil dari pada PC bahkan mudah untuk dibawa serta dipindahkan kemanapun. Komputer ini diperlihatkan bagi pengguna yang sering bepergian, pengembangan terbaru kemungkinan komputer yang seukuran telapak tangan, seperti desknote, notebook, subnotebook dan palmtop.

    Teknologi Informasi

    1. Teknologi Komputer

    Teknologi Komputer merupakan teknologi yang berhubungan dengan komputer termasuk peralatannya yang berhubungan dengan komputer seperti printer, pembaca sidik jari dan juga CD Room.

    1. Teknologi Komunikasi

    Teknologi komunikasi bisa disebut juga dengan teknologi telekomunikasi yang merupakan teknologi berhubungan dengan komunikasi secara jarak jauh, seperti televisi, telepon dan radio.

    Pengelompokan teknologi informasi

    1. Teknologi Masukan

    Teknologi masukan ataupun input Technology merupakan teknologi yang berhubungan dengan peralatan untuk memasukkan data kedalam sistem komputer seperti keyboard dan mouse.

    1. Mesin pemrosesan

    Mesin pemroses lebih di kenal dengan CPU, yang di dalamnya terdapat Mikroprocessor bisa juga disebut dengan processor. CPU merupakan bagian dari sistem komputer yang menjadi pusat pengolahan data dengan cara menjalankan program yang mengatur proses tersebut.

    1. Teknologi penyimpanan

    Teknologi penyimpanan di bagi menjadi dua kelompok sebagai berikut:

    1. Memory internal biasanya disebut dengan memory utama yang berfungsi sebagai pengingat baik sementara dalam data, program, maupun informasi pas proses pada pengolahan data dilaksanakan dengan CPU yaitu RAM dan ROM.
    2. Memory external ataupun penyimpanan sekunder merupakan segala piranti yang berfungsi sebagai penyimpan data secara permanen yaitu harddisk, disket, dan flashdisk.
    3. Teknologi output, Teknologi output ataupun pengeluaran merupakan teknologi yang berhubungan dengan segala piranti yang berfungsi untuk menyajikan informasi hasil dalam pengolahan sistem yaitu monitor.
    4. Teknologi perangkat lunak, Teknologi perangkat lunak biasanya juga disebut dengan program yaitu deretan instruksi yang dipakai untuk mengendalikan komputer sampai komputer dapat melakukan Tindakan sesuai dengan yang dihendaki. (Microsoft word, Adobe Photoshop dan lain sebagainya.

    Komponen Sistem Teknologi Informasi

    1. Sistem teknologi informasi yang menyatu (embedded IT sistem) merupakan sistem teknologi informasi melekat pada produk lainnya.
    2. Sistem teknologi informasi yang khusus (dedicated IT sistem) merupakan teknologi informasi yang telah dirancang untuk melaksanakan tugas-tugas khusus seperti ATM.
    3. Sistem teknologi informasi yang serbaguna (general purpose IT sistem) merupakan sistem teknologi informasi yang bisa dipakai untuk melakukan berbagai macam aktifitas yang bersifat umum seperti PC.(Riski)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pengelompokan Teknologi Informasi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar