Data Grafis Dan Data Atribut Dalam Sig

Daftar Isi

    LancangKuning  - Data spasial merupakan jenis data sig yang berupa data keruangan data spasial terdiri dari data vector titik, garis, polygon dan data raster pixel sedangkan data atribut yang berupa data kualitatif. Data grafis merupakan data yang menggambarkan bentuk atau kenampakan objek di permukaan bumi sedangkan data tabular merupakan data deskriptif yang menyatakan nilai dari data grafis tersebut.

    Data atribut merupakan data yang memberikan deskripsi atau penjelasan tentang suatu fenomena yang ada di permukaan bumi atau penjelasan setiap objek yang ada di permukaan bumi data ini merepresentasikan-nya dalam bentuk kata-kata angka atau table.

    Data yang dimasukkan dalam sig mempunyai dua tipe data yaitu data spasial dan data atribut data atau non-spasial, data spasial menyajikan lokasi geografis suatu penampakan muka bumi feature titik garis dan kuas-an dipakai untuk menyajikan feature geografis seperti jalan, hutan, persil tanah dan lain-lain.

    Data grafis merupakan data yang disimpan dalam bentuk titik, garis dan area. data tersebut merupakan ketampakan yang dapat dilihat dalam titik koordinat letak, simbol dan tata nama data non-grafis adalah data yang menunjukkan karakteristik kualitas dan katerkaitan antara ketampakan dalam peta atau data grafis.

    Tahapan kerja sig meliputi 4 tahapan ialah

    • Masukan data atau data input masukan data di dalam sig dan semua data spasial informasi geosfera yang dapat berwujud table, grafik data digital, foto udara, peta dan lain-lain.
    • Pengolahan data
    • Analisis data dan simulasi
    • Keluaran data atau data output

    Tahapan dalam sig mencakup 3 hal yaitu masukan input proses dan keluaran output seluruh informasi atau data sig pada suatu wilayah dapat disimpan dimanipulasi dan dianalisis secara serentak melalui computer.

    Keuntungan Sig adalah mampu memproses data lebih cepat, fleksibilitas visualisasi, format dan pertukaran data spasial, relative lebih murah dibandingkan hasil yang akan di dapatkan pengolah datanya lebih akurat dan praktis.

    Manfaat grafik adalah menunjukkan atau memberikan informasi tentang data yang paling tepat dan mudah dipahami pembaca akan menerima lebih banyak informasi dalam waktu singkat pembaca lebih tertarik karena penyajian datanya lebih menarik menunjukkan fakta yang jenis dan mudah dipahami.

    Titik adalah bentuk data grafis paling sederhana karena tidak punya dimensi tapi biasanya ditampilkan dalam bentuk symbol baik dalam peta atau layar monitor contoh data berupa titik adalah lokasi rumah sakit, lokasi sekolah, lokasi kantor polisi dan sebagainya.

    Data atribut paling cocok digunakan untuk menggambarkan gejala topografi karena datanya berupa kualitatif dan deskripfit contoh paling sederhana dari data atribut adalah data jumlah penduduk data tingkat kesuburan tanah, data kandungan mineral dalam tanah dan sebagainya.

    Data spasial atau data keruangan merupakan data dalam bentuk grafis yang menunjukkan ruang lokasi atau tempat-tempat di permukaan bumi data atribut adalah data yang memberi penjelasan atau deskripsi atau setiap objek di permukaan.

    Data dasar yang dimasukkan dalam sig diperoleh dari empat sumber yaitu data lapangan teristris, data peta, pengindraan jauh dan data statistik misalnya peta geologi atau peta jenis tanah yang akan digunakan sebagai masukan dalam sig kemudian dikonversi-kan diubah ke dalam bentuk digital.

    Menurut Demers ciri-ciri sig adalah transformasi data spasial yang berbeda jenisnya missal dari peta kontur menjadi titik ketinggian memungkinkan data spasial untuk dipanggil, diedit dan diperbaharui.

    Kelemahan data grafis ialah

    • Pembuatannya membutuhkan waktu yang lama salah satu kelemahan penggunaan info-grafis dalam pemaparan data adalah lamanya waktu yang diperlukan untuk membuatnya khusus dalam hal pengumpulan data dan desain visualnya.

    Kekurangan data atribut ialah

    1. Sulit membedakan gambar dan warna pada peta
    2. Sulit menentukan lokasi(Aini)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Data Grafis Dan Data Atribut Dalam Sig
    Sangat Suka

    40%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    60%

    Komentar