Perbedaan Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

Daftar Isi

    LancangKuning - Dalam membuat suatu penelitian kita harus mengetahui ada berbagai macam konsep penelitian yaitu Penelitian Kualitatif dan penelitian kuantitatif. Penelitian kualitatif merupakan sebuah metode yang membuatnya membutuhkan penekanan pada aspek pemahaman yang lebih mendalam terhadap suatu masalah daripada sebuah permasalahan.

    Sedangkan penelitian kuantitatif dapat disebut menjadi sebuah penelitian riset yang sifatnya deskripsi, cenderung menggunakan analisis dan lebih menampakkan proses maknanya. Berikut adalah perbedaan yang terdapat pada penelitian kualitatif dan kuantitatif.

    1.     Desain Penelitian

    Untuk penelitian kualitatif untuk desain penelitiannya bersifat umum, fleksibel dan dinamis. Pada penelitian kualitatif tersebut dapat berkembang lagi selama proses penelitian berlangsung. Sedangkan pada penelitian kuantitatif memiliki sifat yang khusus, terperinci dan statis. Pada alur dari penelitian kuantitatif tersebut sudah direncanakan sejak awal dan tidak dapat diubah lagi.

    2.     Analisis Data

    Pada penelitian kualitatif dapat dianalisis selama proses penelitian tersebut berlangsung, berbeda dengan kuantitatif dapat dianalisis pada tahap akhir sebelum laporan.

    3.     Istilah Subjek penelitian

    Pada kualitatif memiliki subjek penelitian yang biasa disebut dengan narasumber. Sedangkan pada penelitian kuantitatif memiliki subjek penelitian yang biasa dikenal dengan nama responden.

    4.     Cara memandang Fakta

    Untuk Cara memandang fakta, masing-masing penelitian memiliki cara pandang yang berbeda. Pada penelitian kualitatif dapat memandang fakta atau kebenaran tersebut tergantung kepada cara peneliti yang menginterpretasikan data tersebut.

    Hal ini dikarenakan ada hal-hal kompleks yang tidak bisa hanya dijelaskan oleh angka misalnya seperti perasaan manusia. Untuk penelitian kuantitatif berangkat dari data yang kemudian dapat dijelaskan oleh teori –  teori yang dianggap relevan serta untuk menghasilkan suatu teori yang menguatkan teori yang sudah ada.

    Sedangkan untuk penelitian kuantitatif saat memandang fakta atau kebenaran yang berada pada objek penelitian yang terdapat diluar sana. Peneliti harus bersifat netral dan tidak memihak. Apapun yang ditemukan peneliti di lapangan harus berdasarkan fakta. Penelitian kuantitatif berangkat dari teori yang menuju data.

    5.     Pada Pengumpulan Data

    Pada penelitian kualitatif, penelitian kualitatif harus lebih berfokus pada suatu yang tidak bisa diukur oleh hitam putih kebenaran, sehingga pada penelitian tersebut peneliti harus mengorek dara sedalam-dalamnya atas hal tertentu yang berkaitan dengan penelitian. Sehingga kualitas penelitian kualitatif tidak terlalu ditentukan oleh banyaknya narasumber yang terlibat tetapi seberapa dalam peneliti yang menggali informasi spesifik dari narasumber yang dipilih.

    Untuk penelitian kuantitatif, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan serangkaian instrumen penelitian yang berupa tes atau kuesioner. Data yang terkumpul kemudian akan dikonversikan menggunakan kategori atau kriteria yang sudah ditetapkan sebelumnya. Kualitas penelitian kualitatif dapat ditentukan oleh banyaknya responden penelitian yang terlibat.

    6.     Representasi data

    Pada kualitatif, hasil penelitian kualitatif dapat berupa interpretasi penelitian akan sebuah fenomena sehingga laporan penelitian tersebut akan lebih banyak mengandung deskripsi.  Untuk penelitian kuantitatif pada hasil penelitian kuantitatif dapat dipresentasikan dalam bentuk hasil penghitungan matematis. Hasil perhitungan tersebut dianggap sebagai fakta yang sudah terkonfirmasi. Penelitian kuantitatif disajikan dengan sangat ditentukan oleh validitas dan reliabilitas instrumen yang digunakan.

    7.     Implikasi hasil riset

    Pada penelitian kualitatif untuk impilikasi hail dari risef memiliki implikasi yang terbatas pada situasi-situasi tertentu sehingga hasil dari penelitian kualitatif tidak bisa digeneralisasi dalam setting berbeda.  Sedangkan pada penelitian kuantitatif untuk impilikasi hail dari riset dapat berupa fakta atau teori yang berlaku secara umum atau generalized, yang berdasarkan kapan pun atau dimanapun fakta itu dapat berlaku.

    8.     Macam metode

    Penelitian kualitatif memiliki macam metode fenomenologi, etnografi, studi kasus, historis, grounded theory. Sedangkan untuk penelitian kuantitatif memiliki macam metode yaitu eksperimen, survei, korelasi, regresi, analisis jalur, expost facto.

    9.     Tujuan dari Penelitian

    Pada penelitian kualitatif akan memperoleh pemahaman mendalam yang mengembangkan teori, mendeskripsikan realitas dan kompleksitas sosial. Sedangkan untuk penelitian kuantitatif akan menjelaskan hubungan antar variabel, menguji teori, melakukan generalisasi fenomena sosial yang diteliti.

    10.  Jenis Data

    Pada penelitian kualitatif memiliki jenis data berupa deskriptif dan eksploratif. Sedangkan pada penelitian kuantitatif memiliki jenis data numerik dan statistic,

    Demikian lah perbedaan antara penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif.(Riela Annisa)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Perbedaan Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar