Pengertian Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

Daftar Isi

    LancangKuning - Kualitatif merupakan suatu metode yang dilakukan dengan berdasarkan paradigma fenomenologi natural inquiry dengan hasil akhir yang berupa deskripsi/penjelasan yang berupa pemodelan yang sangat di butuhkan dalam pekerjaan dan untuk digunakan sebagai hasil yang akan dilakukan pada akhir pekerjaan.

    Kuantitatif merupakan suatu metode yang akan dilakukan dengan berdasarkan paradigma positivisme dengan hasil akhirnya yang berupa generalisasi untuk dapat dilakukan secara teliti dan akan di kerjakan dengan adanya ke aktif-an dalam diri anda. Dan untuk mengolah suatu deskripsi anda perlu untuk memahaminya terlebih dahulu supaya hasil yang dibuat akan lebih baik dan sempurna.

    Tujuan kualitatif adalah untuk menjelaskan suatu fenomena yang sedalam-dalamnya dengan cara mengumpulkan suatu data yang sedalam-dalamnya agar lebih mudah untuk mengerjakan sesuatu yang akan dibuat menggunakan kualitatif yang akan dapat membantu suatu pekerjaan yang akan dijadikan untuk mempertahankan suatu proyek dalam kualitatif. Penelitian kualitatif juga tidak terlalu fokus kepada angka atau nilai dalam pengukuran variabelnya, karena kualitatif tidak dibuat untuk berfokus kepada sebuah angka atau nilai.

    Fungsi Teori Pada Penelitian Kualitatif

    1. Untuk konsep-konsep yang digunakan untuk menjalankan suatu penelitian dan akan membantu dalam penelitian dengan suatu penerapan deskriptif yang lebih fokus pada analisa data dan akan direkomendasikan terhadap yang ingin menjalankan suatu pekerjaan yang telah dibuat dengan teliti.
    2. Suatu penelitian yang murni ini lebih menekankan dengan adanya penggunaan suatu teori sebagai sentral untuk kegiatannya, karena tujuan dari penelitian ini berasal dari pengembangan suatu ilmu pengetahuan yang dapat membantu anda dalam menjalankan suatu pekerjaan yang membuat anda tidak mengerti dengan semua yang akan dibuat.

    Karakteristik Penelitian Kualitatif

    1. Dilakukan pada kondisi yang alamiah (sebagai lawannya adalah eksperimen) yang akan langsung ke sumber data dan peneliti instrumen kunci yang dapat untuk mengembalikan sumber penelitian untuk dapat mengakses suatu pekerjaan yang akan di peroleh.
    2. Penelitian suatu kualitatif yang lebih bersifat deskriptif yang akan membantu suatu penelitian dengan baik agar data yang terkumpul dengan berbentuk kata-kata atau gambar yang mengesankan untuk dapat membentuk suatu pengolahan yang dibuat sehingga tidak akan menekankan pada angka yang dibuat.
    3. Penelitian suatu kualitatif juga lebih direkomendasikan untuk menekankan suatu proses dari pada produk atau outcome yang ditampilkan karena karakter-nya tidak berpedoman ke suatu produk.
    4. Penelitian kualitatif juga terdapat suatu produk yang akan dapat melakukan analisis data secara induktif dan akan lebih aktif dalam mengerjakannya.
    5. Penelitian kualitatif juga lebih menekankan suatu makna (data dibalik yang teramati) dan akan menghasilkan suatu penelitian yang akan baik dari apa yang anda prediksi sebelumnya.

    Fungsi Kuantitatif

    Untuk mendapatkan suatu data yang lumayan akurat untuk mengakses sesuatu sebagai hasil dari penelitian. Penelitian juga dapat dilakukan dengan berbagai cara, dan salah satu cara yang termudah untuk mendapatkan hasil yang sangat akurat adalah menggunakan suatu metode kuantitatif yang akan memberikan hasil untuk pekerjaan yang terdapat di dalam suatu penelitian kuantitatif.

    Contoh Kuantitatif

    Dapat disajikan dan di ambil dari beberapa sumber seperti yang telah anda ketahui sebelumnya. Data kuantitatif ini bersifat deskripsi atau dapat juga disebut dengan naratif untuk data yang berbeda dari data numerik dalam bentuk angka atau nilai yang dibuat dengan berdasarkan penelitian suatu pengguna kuantitatif ini.

    Karakteristik Kuantitatif

    1. Study kuantitatif juga dapat dilakukan untuk mem-perifikasi suatu teori yang telah dipilih oleh para peneliti dengan secara akurat atau tidak dapat untuk di ubah-ubah oleh siapapun.
    2. Metode penelitian kuantitatif berfungsi dalam suatu teori sebagai titik awal untuk menemukan suatu konsep yang ada di dalam teori yang akan digunakan oleh pengguna untuk mengolah data.(Pinta).

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pengertian Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar