Macam-Macam Sistem Operasi IoT

Daftar Isi

    LancangKuning - Suatu gagasan yang dimana semua benda di dunia nyata dapat saja berkomunikasi dari satu dengan yang lain sebagai bagian dari satu kesatuan suatu sistem terpadu yang telah sekian lama menggunakan jaringan internet sebagai penghubung misalnya antara jaringan anda dengan yang lain. Misalnya CCTV yang terpasang di sepanjang jalan dan telah di hubungkan dengan koneksi internet dan disatukan di ruangan kontrol yang jaraknya mungkin puluhan kilometer untuk dapat di tempuh untuk mendapatkan koneksi agar tersambung pada jaringan yang anda punya.

    Prinsip kerja

    Benda di dunia nyata juga diberikan suatu identitas yang sangat unik dan dapat di representasikan dalam bentuk suatu data yang berada di sebuah sistem komputer yang akan anda gunakan. Dan pada awal pembuatan implementasi dalam gagasan IOT pengenal yang digunakan agar benda dapat diidentifikasikan dan dibaca oleh komputer dengan menggunakan suatu kode batang (Barcode), Kode QR (QR Code) dan Frekuensi Radio yang akan dapat membantu dalam proses pembuatan proyek kerja yang akan lebih baik dari sebelumnya.

    Komponen perangkat IOT

    1. Sensor

    Berfungsi sebagai penerima/pengoleksi suatu informasi tentang apa yang ingin dimonitor. Misalnya harus sensor suhu terlebih dahulu untuk mendapatkan informasi suhu, kamera, microphone dan lain sebagainya yang mampu untuk digunakan sebagai komponen yang akan dapat menghasilkan suatu kerja yang lebih baik.

    1. CPU/Komputer

    Komputer di zaman ini tidak harus berbentuk laptop atau tower untuk dapat mengolah suatu informasi. Perangkat komputer kecil juga dapat di program untuk dapat mengolah suatu informasi dari sensor yang telah terpasang dan akan dapat menentukan tindakan yang berdasarkan suatu informasi yang akan diperoleh dari sensor untuk dapat membuat pekerjaan lebih aman dan nyaman saat digunakan.

    1. Sistem operasi

    Perangkat IOT memerlukan suatu sistem operasi khusus karena perangkat IOT berukuran kecil / portable dan memiliki spesifikasi yang minim untuk dapat digunakan sebagai pengguna yang tidak terlalu besar dalam mengerjakan suatu komponen. Sistem operasi inilah yang menjadi nyawa dari perangkat /module/embeded Device/perangkat IOT/Module IOT yang akan membuat komponen lebih berkarya untuk ke depannya dengan menggunakan sistem operasi tersebut.

    Contoh sistem operasi IOT

    1. Riot OS

    Merupakan suatu sistem operasi yang telah lama dikembangkan oleh komunitas open source yang dimulai sejak tahun 2008 dengan adanya RIOT sistem. RIOT juga dapat berjalan di berbagai platform termasuk embeded Device. Dan RIOT juga dikenal dengan secara efesiensi dalam penggunaan power dan membutuhkan suatu spesifikasi yang sangat minim untuk digunakan sebagai pembuatan sistem operasi.

    1. Windows 10 For IOT

    Windows 10 For IOT ini sangat baru sehingga masih tertinggal untuk mendapatkan suatu dukungan atau support dan Framework-nya sendiri. Tetapi pada developer sistem operasi ini sangat potensial untuk dapat mengembangkan suatu aplikasi smart house dengan memberikan suatu pekerjaan yang akan dibuat dengan menggunakan windows 10 For IOT untuk mengembangkan suatu sistem yang terkait dengan komponen yang akan dibuat.

    1. WindRiver VxWorks

    WindRiver VxWorks menjadi RTOS (Real Time Operating System) yang komersial-nya banyak digunakan saat ini karena dalam pengembangan embeded OS ini sudah mengembangkan security yang sangat kritis ketika pengimplementasian suatu perangkat IOT dalam proyek besar dan vital. Dengan hal ini akan menjadi suatu proyek yang akan berkembang dalam sistem komponen dengan cara yang baik dan agar mudah untuk digunakan.

    1. Google Brillo

    Merupakan embeded OS besutan google yang berbasis Android. Brillo juga menggunakan suatu protokol yang khusus untuk dapat berkomunikasi dengan Weave yang dimana embeded Device-nya tidak harus diinstal dalam sistem operasi yang akan di lakukan dengan adanya kompetensi yang lumayan sangat baik untuk digunakan sebagai pen-sisteman suatu komponen.

    5 Sistem operasi IOT

    1. Google Brillo/Android Things.
    2. Windows 10 IOT OS.
    3. ARM mbed OS.
    4. Huawei LiteOS.
    5. Intel RealSense OS X.(Pinta).

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Macam-Macam Sistem Operasi IoT
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar