Layanan Cloud Computing di Indonesia

Daftar Isi

    LancangKuning - Webhosting sudah biasa digunakan oleh pengembang web yang ada di Indonesia untuk mendeploy aplikasi web mereka, dimulai dari harga paling murah sampai yang mahal juga tersedia. Namun di satu sisi ada beberapa kekurangan yang tidak bisa di dapatkan jika kita bandingkan dengan layanan yang berada adi cloud vendor seperti push notification, big data, relational database dan lainnya.

    Namun memang tidak semua cloud vendor yang menyediakan layanan unik tersebut, ada juga yang hanya menyediakan layanan unik tersebut, ada yang hanya menyediakan virtual private server, cloud storage, serta backup service. Namun ada juga yang memberikan berbagai layanan yang telah disebutkan dan dapat kamu gunakan sesuai ongkos yang kamu punyai.

    Teknologi cloud computing atau komputasi awan beberapa tahun terakhir semakin popular, terutama setelah transformasi digital berkembang dengan pesat akibat dari kondisi pandemic covid-19. Sehingga komputasi awan pun memperoleh permintaan yang tinggi.

    Ada beberapa cloud vendor yang dapat kamu manfaatkan layanan gratisnya, walaupun hanya satu tahun. Ada juga yang hanya 30 hari saja. Tidak semua layanan yang dia miliki digratiskan. Hanya beberapa layanan saja yang free atau digratiskan.

    Dan tentunya, terdapat banyak penyedia layanan cloud computing yang menyediakan layanan canggih dan sesuai dengan apa yang diperlukan oleh para penggunanya. Berikut ini adalah para penyediaan layanan cloud computing.

    • Indonesian Cloud (PT Indonesian Cloud)

    Indonesia Cloud merupakan penyedia layanan komputasi awan local yang menyediakan layanan platform cloud dan keamanan cloud dalam berbagai bidang. Indonesian Cloud juga merupakan provider yang telah bersertifikat ISO 9001 dan 27001, dan juga memiliki sertifikasi juga pada Payment Card Industry Data Security Standard (PCI DSS) yang mendukung sector keuangan serta perbankan.

    Indonesia Cloud menghadirkan berbagai layanan, mulai dari teknologi dan infrastruktur cloud, layanan konsultasi tentang teknologi informasi, pemulihan bencana, keamanan siber dan lainnya.

    • Zettagrid Indonesia

    Zettagrid Indonesia merupakan penyedia layanan cloud computing yang sudah bersertifikasi internasional dan menghadirkan berbagai produk canggih untuk infrastruktur serta keamanan cloud.

    Zettagrid adalah provider edge cloud yang menghadirkan produk seperti VMWare, Veeam Backup dan Disaster Recovery yang tersedia di delapan wilayah tersebar di area Asia Pasifik. Zettagrid menawarkan layanan cloud yang gampang digunakan dan berjalan secara otomatis.

    • CBN Cloud (PT Cyberindo Mega Persada)

    CBN Cloud atau PT Cyberindo Mega Persada merupakan salah satu pionir penyedia layanan cloud computing yang ada di Indonesia. Mulai beroperasi sejak 2011, CBN Cloud terus menghadirkan layanan cloud computing yang bisa memuaskan pelanggan dengan berbagai macam produk.

    CBN Cloud saat ini mempunyai beberapa layanan seperti Computing as a Service, Software as a Service, dan lainnya

    • Amazon Web Service

    AWS menghadirkan layanan AWS Free Tier yang dimana kamu dapat mengakses beberapa layanan AWS dengan gratis selama setahun. Tentunya dengan batasan yang telah ditentukan agar tidak terkena charge.

    • Alibaba Cloud

    Saingan berat AWS di dataran Cina ini menyediakan program yang bernama Alibaba Cloud Free Credit yang dimana kamu bisa menggunakan beberapa layanan inti Alibaba Cloud dengan gratis selama satu tahun penuh.

    • Microsoft Azure

    Microsoft mempunyai program yang bernama Azure for Free, yang dimana beberapa layanan Azure bisa kamu gunakan dengan batas tertentu dan gratis selama satu tahun.

    • Google Cloud Platform

    Google mempunyai program yang bernama GCP Free Tier, dimana kamu bisa menggunakan sejumlah layanan dengan gratis selama satu tahun. Hebatnya disini GCP Free Tier membebaskan kamu dari batasan yang dimiliki. Sehingga kamu bisa gunakan sebebas- bebasnya tapi hanya untuk satu tahun saja.

    • IBM Bluemix

    Selama 30 hari kamu bisa mengakses berbagai layanan IBM serta kamu dapat memiliki container dengan memori 2GB. Selain itu kamu bisa mendaftar tanpa kartu kredit.(Tina)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Layanan Cloud Computing di Indonesia
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar