Mata Kuliah Administrasi Negara

Daftar Isi

    LancangKuning - Setiap jurusan memiliki jenis mata kuliah yang berbeda-beda. Tentu saja mata kuliah yang diberikan harus sesuai dengan jenis ilmu atau jurusan yang kamu pelajari. Bagi kamu yang ingin berkuliah di jurusan administrasi negara, berikut ini adalah 10 mata kuliah administrasi negara yang perlu kamu ketahui:

    1. Teori Administrasi Negara

    Berkuliah di sebuah jurusan administrasi negara tentu saja kamu harus belajar tentang teori administrasi negara. Kamu harus tahu tentang dasar-dasar ilmu administrasi negara terlebih dahulu.

    1. Pengantar ilmu Hukum

    Di jurusan administrasi negara, kamu harus mempelajari ilmu hukum juga. Ada juga mata kuliah pengantar ilmu dari hukum dimana kamu akan belajar lebih jauh tentang ilmu hukum yang berlaku di seluruh Indonesia.

    1. Sistem politik Indonesia

    Di jurusan ini, kamu harus memahami suatu sistem politik yang berlaku di negara kita. Untuk memahami ini lebih jauh tentang administrasi negara maka kamu harus tahu seperti apa sistem politik yang akan berlaku.

    1. Hukum administrasi negara

    Kamu harus memahami mengenai hukum atau peraturan administrasi negara. Dengan memahami hukum administrasi dan negara maka kamu bisa lebih jauh paham tentang bidang ilmu yang satu ini.

    1. Administrasi pemerintah Daerah

    Administrasi negara dimulai dari administrasi daerah. Otomatis, kamu juga harus mempelajari bagaimana administrasi pemerintah daerah yang ada di Indonesia.

    1. Administrasi perpajakan

    Mendalami ilmu suatu administrasi negara tentu tidak bisa jauh dari sebuah topik perpajakan. Kamu otomatis harus bisa belajar tentang mengenai administrasi perpajakan karena negara kita tidak bisa berdiri tanpa adanya sebuah sistem pajak.

    1. Administrasi keuangan

    Negara yang baik akan memiliki sebuah sistem pengelolaan keuangan yang baik. Kamu juga akan mempelajari administrasi keuangan sebagai bekal untuk mengelola administrasi keuangan negara.

    1. Administrasi pembangunan

    Selain administrasi keuangan, kamu juga akan belajar tentang administrasi pembangunan. Seperti yang kita tahu bahwa sebuah negara tak bisa lepas dari proses pembangunan untuk menjadi negara yang maju.

    1. Organisasi dan manajemen

    Untuk mendalami ilmu dari administrasi negara, otomatis kamu harus belajar mengenai ilmu organisasi dan manajemen yang akan berlaku dalam sebuah organisasi.

    1. Perencanaan pembangunan

    Di jurusan ini kamu akan mempelajari mata kuliah perencanaan sebuah pembangunan agar ke depannya bisa terjun langsung ke dalam proses pembangunan negara.

    Ada 4 macam jurusan ilmu administrasi, yaitu:

    • Jurusan ilmu administrasi Negara

    Pada jurusan ilmu dari administrasi Negara atau juga sering disebut dengan administrasi publik, kamu akan mempelajari mengenai seluk-beluk dari pemerintahan mulai dari sistem pemerintahan, pembangunan, kebijakan publik, hingga sumber daya manusia.

    • Jurusan ilmu administrasi bisnis

    Kamu yang memilih jurusan ilmu administrasi bisnis akan belajar tentang semua hal yang berkaitan dengan aktivitas bisnis, mulai dari operasional, perencanaan, pemasaran, pengelolaan keuangan, manajemen sumber daya manusia, hingga kegiatan produksi. Jadi, buat kamu yang ingin mengembangkan bisnis sendiri, jurusan ini bisa kamu jadikan pilihan. Jurusan yang selalu menjadi incaran mahasiswa baru ini ternyata memiliki prospek kerja yang sangat luas. Kamu juga bisa bekerja di berbagai instansi sebagai konsultan bisnis, manajer perusahaan, HDR, dan staf marketing.

    • Jurusan ilmu administrasi fisikal

    Jurusan yang tekenal dengan sebutan administrasi pajak ini akan mempelajari mengenai seluk-beluk perpajakan. Selama kuliah, kamu akan dibekali dengan keterampilan dalam menyusun sebuah laporan pajak yang sesuai dengan peraturan dan ketentuan perpajakan. Kamu juga akan dituntut untuk menghapal berbagai macam aturan perpajakan adan tarif pajak. Tujuannya agar laporan perpajakan yang kamu buat nantinya bisa sesuai dengan peraturan yang berlaku.

    • Jurusan ilmu administrasi perkantoran

    Jika kamu tertarik ingin menjadi seorang sekretaris atau staf administrasi perkantoran sebagai pilihanmu. Pada jurusan ini kamu akan dibekali dengan suatu pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan sebuah perencanaan, korespondensi, pengarsipan, pendataan, hingga penyediaan dalam segala dari administrasi perkantoran.(Lisdayani)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Mata Kuliah Administrasi Negara
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar