Fungsi Register

Daftar Isi

    LancangKuning - Sebelum membahas fungsinya, kita akan membahas apa itu register, jenis dan fungsinya. Register merupakan suatu kumpulan flip-flop yang bisa secara serentak menyimpan data biner dalam jumlah yang sangat banyak.

    Bisa dibilang jumlahnya tersebut tidak terbatas. Namun biasanya register dikelompokan dalam kelipatan 4 flip-flop yang disebut dengan nibble. Register rangkaian yang tersusun dari satu beberapa flip-flop yang digabungkan menjadi satu. Flip-flop disebut juga sebagai register 1 bit. Jadi untuk menyimpan 4 bit data, register harus terdiri dari 4 buah flip-flop.

    Pengertian lain register adalah suatu rangkaian flip-flop yang mampu menyimpan data binary. Register merupakan kumpulan elemen memori yang bekerja sama sebagai satu unit. Register yang menyimpan data 4 bit dinamakan nibble, sedangkan yang menyimpan 8 bit disebut byte.  Selain berfungsi sebagai penyimpan data, register juga dapat menggeser (shift) dari kiri ke kanan dan dari kanan ke kiri.

    Jenis-jenis serta fungsi register yang di gunakan di komputerpun sangat beragam mulai dari yang sederhana hingga yang rumit sakalipun. Berikut adalah jenis-jenis dari register :

    Jenis-jenis Register

    • Register Buffer (Penyangga Data)

    Register Buffer adalah suatu jenis register yang berfungsi untuk menyampaikan kata digital. Register jenis ini juga merupakan yang sederhana dan yang paling dasar. Register Buffer hanya terdiri dari D flip-flop. IC 7474 adalah contoh dari register buffer.

    • Register Buffer Terkendali

    Register ini berfungsi dapat menyimpan data yang lebih besar dari 1 bit. Tetapi register buffer terkendali tersebut tidak bisa mengendalikan data-data biner tersebut, tetapi hanya berfungsi sebagai penyimpan data-data biner saja.

    • Register Geser (Shift Register)

    Shift register ini sudah termasuk kedalam pengendalian yang cukup rumit. Shift register ini bisa melakukan proses pergeseran dengan cara mengumpamakan data antara flip-flop yang satu ke flip-flop yang lainnya. Pergeseran data pada register dapat register dapat dilakukan dalam dua arah yaitu LSB (Low Significant Bitt) dank e arah MSB (Most Significant Bit). Register geser dikelompokkan sebagai rangkaian logika, dan oleh sebab itu suatu register disusun dari flip-flop.

    • Controlled Shift Register (Register Geser Terkendali)

    Register ini mempunyai masukan-masukan kendali yang mengatur operasi rangkaian pada pulsa-pulsa pendetak selanjutnya. Controlled Shift Register ini juga mempunyai 2 jenis pengisian, yaitu pengisian seri dan pengisian parallel.

    Pengisian Seri

    Pengisian seri atau Serial loading ini adalah penyimpanan sebuah kata dalam register dengan cara memasukkan 1 bit pada tiap clock pulse. Untuk menyimpan kata 4 bit diperlukan 4 clock pulse.

    Pengisian Paralel

    Register parallel bisa bekerja dapat bekerja dengan cara memasukkan data satu persatu kemudian mengeluarkannya secara bersama-sama. Secara langsung kedalam flip-flop, sama seperti register buffer. Dengan cara seperti ini hanya dibutuhkan satu detak saja untuk menyimpan sebuah kata.

    • Register PISO (Paralel In Serial Out)

    Register ini adalah jenis shift register yang paling rumit diantara semua jenis register, tetapi juga merupakan yang paling unik.  Register ini. Register ini yang bagian sinyal kendali Asinkronnya, terdiri dari beberapa flip-flop berfungsi masukkan data, sedangkan masukan yang lain sudah diatur atau tetap.

    • Register SISO (Serial in Serial Out)

    Register Serial In Serial out atau dalam bahasa Indonesia bisa juga di sebut dengan register geser dengan masukan serial keluaran serial merupakan register yang bekerja dengan data yang masuk dan keluar secara berurutan. Register ini banyak digunakan sebagai penyalur data lewat media tunggal. Contohnya adalah remote control yang digunakan pada televise modern seperti saat ini.

    Nah cukup sekian pembahasan mengenai pengertian, fungsi, dan macam-macam jenis register dari saya kali ini, semoga pembahasan kali ini dapat menambah wawasan kalian mengenai tentang ilmu elektronika dan digital.(Tina)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Fungsi Register
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    33%

    Tidak Peduli

    33%

    Marah

    33%

    Komentar