Jenis Komponen Elektronika Pasif

Daftar Isi

    LancangKuning Komponen elektronika pasif merupakan jenis yang tidak memerlukan sumber arus listrik eksternal untuk pengoperasian dan sebuah komponen-komponen elektronika yang digolongkan sebagai komponen pasif diantaranya seperti resistor, kapasitor dan induktor.

    Komponen akfit merupakan komponen elektronika yang memerlukan arus listrik untuk belajar contoh komponen pasif diaoda, transistor, light emitting diode, dan tabung elektron sedangkan komponen pasif merupakan jenis komponen elektronika yang tidak memerlukan arus listrik untuk belajar.

    Komponen elektronika pasif yang memiliki fungsi utama untuk menguatkan dan meningkatkan daya arus listrik pada rangkaian sedangkan komponen pasif memiliki fungsi utama sebagai penghambatan dan penyimpan elektromagnetik.

    Elektronika merupakan ilmu yang mempelajari suatu alat listrik arus yang lemah yang di operasikan dengan cara mengontrol aliran elektron partikel yang bermuatan listrik dalam suatu alat seperti komputer, peralatan elektronika, ter-mokopel, semikonduktor dan lain sebagainya.

    Elektronik merupakan suatu alat yang dibuat berdasarkan prinsip elektronika serta hal atau benda yang menggunakan alat tersebut dan antara lain dapat digunakan pada media elektronika sarana media massa yang mempergunakan alat elektronika modern misalnya radio televise dan film.

    Alat-alat yang menggunakan dasar kerja elektronika ini disebut sebagai peralatan elektronika contoh alat ukur elektronik

    • Ohm-meter
    • Amper- meter
    • Voltmeter
    • Multimeter
    • Multitester analog atau digital
    • Oscilloscope
    • Generator fungsi
    • Digital signal analyser

    Komponen pasif merupakan jenis komponen elektronika yang tidak memerlukan arus listrik untuk dapat belajar tapi tidak seperti komponen aktif komponen pasif tidak bisa bersifat menguatkan menyerahkan dan mengubah suatu bentuk energy ke bentuk energi lainnya.

    Resistor atau hambatan ini merupakan komponen elektronika pasif yang memiliki fungsi guna menghambat serta mengatur arus listrik di dalam suatu rangkaian elektronika resistor atau hambatan ini juga memiliki suatu yang disebut dengan ohm.

    Diode adalah komponen terbuat dari bahan semikonduktor an mempunyai fungsi untuk menghantarkan arus listrik ke satu arah tetapi menghambat arus listrik arah sebaliknya.

    Fungsi kapasitor ini juga dapat gelombang radio pada rangkaian tuner sebagai perata arus pada rectifier dan juga sebagai filter di dalam rangkaian power supply.

    Sejak elektronika dimulai dari abad ke-20 dengan melibatkan tiga buah komponen utama yaitu tabung hampa udara vacum tube, transistor dan sirkuit terpadu tabung hampa udara menjadi device yang dibuat untuk me-manipulasikan kemungkinan energi listrik sehingga bisa diperkuat dan dikirimkan kepada yang mempunyai ha katas system elektronika.

    Komponen aktif merupakan suatu komponen-komponen yang di rangkaian elektronika yang mempunyai penguatan atau mengarahkan aliran arus listrik di antaranya adalah transistor, tirsistor, diode dan tabung vakum.

    Induktor yang dikenal juga dengan koil merupakan komponen elektronika pasif yang terdiri dari susunan atau lilitan kawat yang dapat membentuk sebuah komparan induktor yang akan dapat menimbulkan suatu media magnet saat di aliri arus listrik.

    Kapasitor merupakan suatu komponen listrik yang dapat digunakan untuk menyimpan muatan suatu listrik dan bahan penyusun kapasitor yaitu dua keping atau dua lembaran penghantar listrik yang di pisahkan menggunakan isolator listrik berupa bahan dielektrik.

    Kapasitor merupakan kemampuan untuk menyimpan suatu muatan listrik yang ber-kapasitas dengan suatu kapasitor yang di definisikan sebagai perbandingan tetap antara muatan yang dapat disimpan dalam kapasitor dengan beda potensial antara kedua konduktornya.

    Jenis-jenis kapasitor adalah

    • Kapasitor keramik perbesar
    • Kapasitor poliester perbesar
    • Kapasitor elektrolit perbesar
    • Kapasitor variable perbesar
    • Kapasitor kertas perbesar
    • Supercapacitor perbesar

    Fungsi kapasitor kondensator dapat memilih gelombang radio pada rangkaian tuner sebagai arus pada ractifiter dan uga sebagai filter di dalam rangkaian power supply satu daya satuan nilai untuk kapasitor adalah farad.

    Kapasitor merupakan menyimpan muatan listrik terutama terjadi perubahan kimia pada bahan kapasitor besar kapasitansi dari suatu kapasitor dinyatakan dalam farad.(Aini)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Jenis Komponen Elektronika Pasif
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar