Peluang Usaha Mahasiswa Jurusan Manajemen

Daftar Isi

    LancangKuning - Mungkin banyak diantara kamu yang mengalami hal seperti ini. Sewaktu berdiskusi atau berbincang bincang dengan orang tua mu mengenai jurusan apa yang akan di ambil saat mau masuk kuliah nanti. Banyak diantara orang tua yang menganjurkan atau menyuruh anak-anaknya mengambil jurusan bisnis dan manajemen, agar nantinya setelah lulus mudah mendapatkan pekerjaan. Memang ada benar nya juga. Usaha apa saja yang tidak perlu tenaga kerja lulusan bisnis dan manajemen?

    Apa itu manajemen?

    Ilmu manajemen dapat dibilang sebagai ilmu tertua di dunia. Kenapa? Sebab, sejak manusia hidup berkelompok, mereka telah memulai yang namanya manajemen, yaitu merencanakan, mengatur dan mengelola semua proses untuk mencapai suatu tujuan. Hal tersebut termasuk membagi peran dan tanggung jawab. Sudah tidak heran lagi banyak yang berpikir bahwa jurusan bisnis dan manajemen adalah jurusan yang paling aman, pasti ilmu tersebut akan terpakai dan akan lebih gampang dalam mencari pekerjaan.

    Kuliah manajemen

    Sering berpikir mengapa kita kuliah manajemen kalau itu sudah menjadi naluri manusia? Buktinya manusia purba yang tidak kuliah saja bisa mengatur dan mengorganisir anggotanya dengan baik.

    Walaupun terdengar sederhana, manajemen di dalam dunia bisnis itu sangat kompleks dan tentu saja perlu dipelajari tentang teori dan prakteknya. Ditambah pula, berbeda dengan zaman dulu, kurikulum di luar Negeri sangat mementingkan keahlian praktikal, kamu akan diikutkan dalam program magang atau juga bisa disebut prakerin yang diwajibkan oleh kurikulum. Dengan begitu, kamu tidak hanya belajar teori, tetapi juga berkesempatan untuk mempraktekkan apa saja yang kamu pelajari ditempat kerja. Jadi ketika sudah lulus, sudah punya pengalaman kerja, dan bahkan jika kamu cukup kreatif dan dapat menghasilkan ide yang inovatif, punya koneksi dan dapat memanfaatkan fasilitas universitas, kamu bahkan dapat memulai usaha kamu sendiri.

    Dukungan bagi mahasiswa

    Mengapa sebagian orang berpendapat harus kuliah bisnis dan manajemen di luar Negeri? Alasan yang paling utama yaitu karena program kuliah disana mencakup magang atau prakerin dalam kurikulumnya, sehingga tidak hanya mempelajari teori, tetapi juga dapat berkesempatan mempraktekkannya di dunia kerja sebelum lulus. Dengan begitu para mahasiswa akan menjadi lulusan yang lebih siap di dunia kerja nantinya.

    Selain itu, di universitas, terutama di Inggris, juga banyak menyediakan kegiatan ekstra kurikuler untuk mahasiswa nya, agar dapat menunjang pembelajaran mereka. Bahkan di sebagian universitas banyak menyediakan dukungan dalam wirausaha juga untuk membantu mahasiswa memulai usaha sendiri dan juga untuk persiapan karir bagi mahasiswa. Untuk universitas sendiri tidak langsung lepas tangan setelah mahasiswa lulus, tetapi juga membantu mereka dalam menemukan karir yang cocok.

    Apa saja yang dipelajari dalam kuliah bisnis dan manajemen?

    Banyak yang dipelajari di jurusan ini. Di tahun -tahun pertama kamu akan kenyang dengan menghafal teori. Namun itu tidak susah jika kamu mulai dari mempelajari garis besar pelajaran.

    • Mempelajari dan memahami tujuan yang harus kamu capai.
    • Mengumpulkan dan menganalisa data serta informasi.
    • Menyusun rencana atau strategi berdasarkan prinsipmen.
    • Mengimplementasikan rencana yang sudah dibuat.
    • Mengevaluasi rencana.

    Prospek kerja bisnis dan manajemen

    Mempunyai kualifikasi bisnis dan manajemen, banyak peluang karir menjadi lebih luas dan fleksibel. Pada umumnya, lulusan keuangan dan akuntansi dapat melanjutkan dengan mengambil kualifikasi profesional ketika bekerja di lapangan. Dengan mendapatkan gelar bisnis atau manajemen yang lebih umum, banyak dari lulusan tersebut melanjutkan karir di bidang-bidang seperti pengembangan bisnis, pemasaran, sumber daya manusia, rekruitmen, perbankan dan hubungan industrial. Peran ini ada di berbagai industry.

    Berikut beberapa peluang pekerjaan jika kamu kuliah di jurusan manajemen

    1. Pengusaha, menjadi pengusaha pastinya membutuhkan kemampuan dan insting dalam mengelola usaha. Sebab, lulusan manajemen tidak hanya bisa menjadi pekerja tetapi juga bisa menjadi pengusaha.
    2. Konsultan bisnis, perusahaan di dalam ataupun di luar Negeri pasti membutuhkan konsultan bisnis di perusahaan mereka, konsultan bisnis ini akan sangat membantu perkembangan perusahaan mereka.
    3. Konsultasi perbankan, peluang kerja di bidang ini sangat terbuka lebar bagi kamu yang lulusan manajemen. Jadi tidak heran lagi gaji yang di dapatkan dari perusahaan ini mencapai belasan bahkan puluhan juta rupiah dalam waktu tertentu.(Delia)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Peluang Usaha Mahasiswa Jurusan Manajemen
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar