Kelebihan dan Kekurangan Komunikasi Digital

Daftar Isi

    LancangKuning Perkembangan teknologi yang semakin pesat berdampak pada munculnya berbagai jenis media teknologi salah satunya adalah teknologi komunikasi digital. Teknologi komunikasi digital ini adalah teknologi yang berhubungan dengan komunikasi yang rentan dengan jarak jauh, dan teknologi inilah yang memungkinkan seseorang dapat mengirimkan informasi atau yang menerima informasi dari atau ke pihak lain yang jaraknya berjauhan.

    Teknologi ini membuat jarak yang jauh menjadi seperti tidak ada yang jaraknya  ratusan atau ribuan kilometer bukanlah hambatan untuk berkomunikasi secara online karena kehadiran dari sebuah teknologi komunikasi digital .

    Komunikasi digital merupakan komunikasi yang berbasis komputer untuk dapat mengirimkan dan menerima pesan atau bertukar kabar lewat platform digital. Sistem digital dapat dimanfaatkan untuk kepentingan untuk belajar, bekerja, belanja, dan kegiatan hidup lainnya, bahkan membangun trending dan cerita diri sendiri dan semua itu bisa dilakukan dengan komunikasi digital.

    Kelebihan Komunikasi Daring

    1. Lebih Cepat, Melalui komunikasi daring ini dapat memangkas waktu dan uang serta lebih murah dan lebih cepat untuk saling bertukar informasi.  Dan akan lebih efisien dan cepat untuk menghubungi mitra bisnis atau kerabat. Karena bisa berkomunikasi dengan siapapun di seluruh dunia dengan melalui email atau pesan teks secara instan, dan internet juga sudah menyediakan komunikasi tatap muka dan masih banyak cara lain yang di tawarkan oleh teknologi komunikasi online saat ini.
    2. Teknologi digital sudah banyak menawarkan banyak  biaya yang lebih rendah, keamanan yang lebih baik, dan  pemakaian ruang yang rentan lebih kecil, serta konsumen daya yang rendah.
    3. Dapat dilakukan dimana saja
      Pengguna dapat melakukan komunikasi daring dimana saja dan kapan saja dengan syarat harus dapat terkoneksi dengan jaringan internet.
    4. Efisien waktu
      Komunikasi dapat dilakukan dengan cepat, tanpa harus bertemu secara langsung.
    5. Teknologi integrated circuit (IC) atau yang lebih dikenal dengan sebutan chips membuat penggunaan teknologi digital lebih praktis karena ukurannya yang sangat kecil.
    6. Teknologi digital membuat kualitas komunikasi tidak bergantung pada jarak.
      Komunikasi digital ini tidak mengenal jarak sejauh apapun, komunikasi digital ini dapat menjangkau jarak sejauh apapun seluruh dunia ini, dan anda tidak perlu khawatir dengan jarak, dengan adanya komunikasi digital ini anda dapat mengirim atau menerima pesan dari kerabat maupun tentang bisnis anda.

    Kekurangan Komunikasi Digital

    1. Tidak mewakili emosi pengguna
      Penggunaan akan terbatas untuk berekspresi karena komunikasi digital membatasi pengguna untuk tidak mewakili emosi pada saat melakukan komunikasi antara lain.
    2. Memerlukan perengkat tertentu
      Dengan kekurangan inilah yang membuat masyarakat sangat kecewa, karena sistem komunikasi digital ini memerlukan perangkat yang tertentu seperti handphone maupun komputer karena syarat supaya berjalannya komunikasi daring adalah dengan adanya perangkat yang tertentu.
    3. Tidak adanya jangkauan internet
      Hal yang satu ini yang banyak masyarakat sangat terkendala dengan tidak adanya jangkauan internet, karena sebagian masih ada daerah atau wilayah yang masih sulit terjangkau jaringan internet dan membuat komunikasi daring ini tidak berjalan dengan baik, karena apabila tidak adanya koneksi jaringan internet maka akan memungkinkan untuk ber komunikasi daring tidak dapat berjalan .
    4. Investasi public
      Bagi penggunanya, untuk dapat menikmati komunikasi digital secara keseluruhan, maka harus melakukan penggantian alat komunikasi. Dan dengan hal ini menyebabkan masyarakat akan mengeluarkan biaya yang sedikit cukup mahal dan dapat menyebabkan permasalahan bagi kelangsungan industri pertelekomunikasian dan memengaruhi kemampuan tenaga membeli masyarakat.

    Tujuan Komunikasi Daring

    • Berbagi sumber daya
    • Sebagai media komunikasi
    • Integrasi data
    • Memiliki keamanan data
    • Efisiensi tenaga
    • Efisiensi waktu
    • Efisiensi biaya
    • Pengembangan dan pemeliharaan
    • Sebagai control
    • Memudahkan pengelolaan
    • Pengendalian jarak jauh
    • Meningkatkan intensitas komunikasi
    • Meningkatkan partisipasi komunikasi
    • Memberikan informasi
    • Web browsing.(Syaidah)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kelebihan dan Kekurangan Komunikasi Digital
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    50%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    50%

    Komentar