Kegunaan Mempelajari Kewargaan Digital

Daftar Isi

    LancangKuning - Manfaat mempelajari kewarganegaraan digital adalah memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk mengoperasikan TI mengekspresikan sebuah ide atau gagasan karakteristik pribadi ide maupun tujuan yang tertuang di dunia maya. Dan mengubah pola pikir dan perilaku dengan aktivitas buruk lainnya yang ada pada diri kita sendiri.

    Akses digital ini juga mempunyai hak setiap warga digital dalam melakukan aktivitas di dunia digital mulai dari membuat menyebarkan mengakses dan menerima segala informasi digital akses digital tidak memiliki batasan dan latar pendidikan karena akses digital dimiliki semua orang dengan menjaga etika di dunia digital.

    Dalam kewargaan digital juga dapat didefinisikan dengan sebagai norma dan perilaku yang tepat bertanggung jawab terkait dengan penggunaan teknologi.

    Adapun juga sub-komponen masing-masing komponen kewargaan digital tersebut di atas adalah

    • Komponen lingkungan sekolah  juga bisa mencakup hak digital etiket digital dan keamanan digital
    • Komponen lingkungan belajar  kita dapat mencakup akses digital komunikasi digital literasi digital

    Kewargaan digital berfungsi untuk mendorong masyarakat dalam mengenal teknologi yang berbasis internet dengan sebagai media komunikasi besar masyarakat yang menggunakan media komunikasi digital ini adalah anak muda yang telah mengikuti perkembangan zaman.

    Kewargaan digital membantu masyarakat dalam proses komunikasi melalui media digital media digital ini juga mencakup informasi yang luas oleh karena itu kewargaan digital berfungsi untuk menciptakan rasa tanggung jawab kepada diri pengguna media komunikasi digital.

    Materi simulasi digital kewargaan digital 

    • Pemilihan kata yang tepat saat berkomunikasi
    • Tidak menyinggung pihak lain
    • Tidak memberikan informasi rahasia

    Kelebihan

    • Teknologi digital menawarkan biaya lebih renda dan keandalan yang lebih baik pemakaian ruang yang lebih kecil serta konsumen daya yang rendah.
    • Alat-alat pada teknologi digital lebih stabil praktis dan memiliki daya tahan lama dalam pemakaiannya hal seperti itu juga menyebabkan biaya pemeliharaan menjadi lebih sedikit
    • Teknologi digital memungkinkan pengenalan layanan-layanan baru
    • Teknologi digital menyediakan kapasitas transmisi yang besar
    • Teknologi digital menawarkan fleksibilitas.

    Kekurangan

    • Kesalahan pada saat digitalisasi akan menyebabkan konsep informasi yang asli tidak dapat terpresentasi dengan baik saat digitalisasikan dengan baik saat digitalisasi misalnya warna jika suatu warga belum terdapat dalam sistem penyimpanan teknologi digital akan juga dicari pada warga yang paling dekat dan paling mirip dengan warga tersebut.
    • Dominasi dunia oleh teknologi analog banyak berbentuk informasi komunikasi yang menggunakan system analog perangkat analog sehingga untuk menikmati layanan teknologi digital kita harus menggunakan analogy digital converter (ADC) dan digital analog converter (DCA).

    Contoh warga digital memiliki hak atas privasi maupun kebebasan berbicara akan tetapi setiap warga digital juga memiliki kewajiban untuk menghormati privasi orang lain maupun berbicara tanpa menyakiti perasaan orang lain etiket digital sebenarnya bertujuan untuk menjaga kenyamanan  dan perasaan pengguna lainnya.

    Dalam konsep kewargaan digital ialah tata krama untuk menjadi kewargaan digital yang baik dan benar menggunakan alat komunikasi yang disediakan dengan internet dibutuhkan tata krama komunikasi sinkron tata krama dalam penggunaan jejaring social.

    Kewargaan digital ialah konsep yang dapat digunakan untuk memberikan pengetahuan dengan mengenai penggunaan teknologi dunia maya dengan baik dan benar komponen kewargaan digital dibagi menjadi 3 bagian dan dibagi lagi menjadi beberapa bagian tiap-tiap dibagi menjadi 3 sub bagian.

    Ada komponen kewargaan digital

    • Komponen 1 akses digital setiap manusia sudah seharusnya memiliki hak yang sama dalam mengakses fasilitas informasi teknologi
    • Komponen 2 komunikasi digital
    • Komponen 3 literasi digital
    • Komponen 4 hak digital
    • Komponen 5 etiket digital

    Warga digital merupakan individu memanfaatkan teknologi informasi untuk membangun komunikasi bekerja dan berekreasi warga digital secara umum dan dapat memiliki pengetahuan dengan kemampuan yang sangat bagus dalam mengoperasikan teknologi informasi untuk berkomunikasi maupun mengekspresikan sebuah ide atau gagasan.(Aini)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kegunaan Mempelajari Kewargaan Digital
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar