Prospek Kerja Lulusan Agribisnis

Daftar Isi

    LancangKuning - Prospek kerja lulusan agribisnis itu lebih luas, yang meliputi di bidang pertanian, perikanan, perkebunan, sampai kehutanan. Dan anda bisa juga bekerja langsung dengan para petani tujuannya untuk memajukan kualitas hasil dari pertanian di Indonesia.

    Seperti yang kita bahas, agribisnis atau sosial ekonomi pertanian merupakan program studi yang mempelajari usaha baik itu untuk memajukan bidang pertanian di sosial dan ekonomi secara berkelanjutan.
    Jurusan agribisnis ini mengkaji upaya manusia dalam mengembangkan sumber daya alam dan lingkungan agar supaya lebih berdayaguna dalam pemenuhan kebutuhan hidup.

    Pengetahuan dan keahlian di jurusan agribisnis:

    • Kemampuan manajerial
    • Kemampuan dalam meneliti
    • Kemampuan dalam membuat analisis
    • Kemampuan berkomunikasi
    • Kemampuan dalam melakukan perencanaan
    • Dan kemampuan dalam pemahaman biologi

    Keuntungan yang diperoleh dari seseorang yang lulusan jurusan agribisnis diantaranya sebagai berikut:

    1. Instansi pemerintah sangatlah membutuhkan sarjana lulusan agribisnis di berbagai posisi, seperti pengawas benih tanaman, pengendali organisme pengganggu tanaman, dan pengawas mutu hasil pertanian.
    2. Tinggal di negara Indonesia yang merupakan negara agraris yang dengan segala komoditas pertaniannya yang beraneka ragam yang memungkinkan banyak peluang tersendiri bagi lulusan jurusan agribisnis .Dan kamu akan memiliki kesempatan untuk menjadi pengusaha komoditas pertanian dengan dukungan ilmu yang kamu miliki.
    3. Lulusan agribisnis memiliki peran yang mengenalkan cara mengelola lahan pertanian secara modern. Dan kamu dapat membantu para petani dalam meningkatkan hasil panennya dengan bergabung dengan masyarakat di bidang pertanian.
    4. Perusahaan- perusahaan di sektor pertanian mulai dari dulu sampai sekarang sangat membutuhkan lulusan ilmu di bidang pertanian ini.
       

    Prospek kerja lulusan agribisnis sebagai berikut:

    • Pengusaha / Wirausaha
      Menjadi seorang pengusaha tentu akan menjadi prospek kerja yang sangat menjanjikan buat para lulusan agribisnis. Bahwa melihat negara Indonesia sangat mengandalkan bidang pertanian, dan maka akan ada banyak jenis usaha yang dapat anda lakukan untuk dapat memberdayakan dan memajukan kualitas pertanian yang ada.
    • Dosen / Tenaga Pengajar
      Sebagai lulusan agribisnis anda dapat menjadi seorang tenaga pengajar di SMK atau mejadi dosen di kampus- kampus yang memiliki program studi agribisnis, sebagai tenaga pengajar di bidang agribisnis anda dapat membantu lulusan- lulusan agribisnis yang siap untuk memajukan di bidang pertanian terutama di negara kita ini.
    • Bisnis Komuditi Baru
      Anda bisa membuka atau membangun komuditi- komuditi yang baru yang belum pernah ada di negara kita ini atau yang masih jarang ada di Indonesia ini. Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan hasil buminya, dan kamu bisa mengembangkan komuditas hasil pertanian di Indonesia yang berpotensial. Dan ingat, bahwa kekayaan alam Indonesia itu sangatlah beragam.
    • Pegawai Instansi Pemerintahan
      Sebagai lulusan agribisnis anda juga dapat bekerja di beberapa instansi pemerintahan, antara lain adalah di Dinas pertanian daerah atau di kementerian pertanian. Dan kedua instansi tersebut tentunya akan menyediakan prospek kerja agribisnis yang baik untuk membangun karir anda, selain itu anda juga akan mendapatkan pelayanan yang sepadan seperti seorang pegawai nasional.
    • Pegawai Perusahaan Bidang Pertanian (BUMN atau Swasta)
      Selalu banyak prospek kerja agribisnis terbuka bagi anda di perusahaan- perusahaan yang bergerak di bidang pertanian baik di kelola oleh negara maupun swasta. Dan anda jangan khawatir cuma di bidang pertanian saja yang bisa kamu ambil tetapi kamu juga bisa memanfaatkan beberapa posisi lain sebagai prospek kerja agribisnis anda.
    • Peneliti
      Dengan menjadi seorang peneliti bisa menjadi prospek kerja yang bagus buat anda yang lulusan agribisnis, karena pertanian, perikanan, perkebunan, sampai kehutanan tentu akan memiliki permasalahan yang sangat kompleks dan sangat membutuhkan seorang peneliti. Dan nantinya hasil dari penelitian anda akan sangat berguna untuk kemajuan ilmu pengetahuan di bidang sektor pertanian.(Syaidah) 

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Prospek Kerja Lulusan Agribisnis
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar