Karakteristik dan Ruang Lingkup Akuntansi Manajemen

Daftar Isi

    LancangKuning - Akuntansi manajemen ialah membantu seorang manajer dalam sebuah perusahaan untuk membuat keputusan serta proses mengidentifikasi, menganalisis, menafsirkan, dan mengkomunikasikan sebuah informasi kepada seorang manajer untuk membantu mencapai sebuah tujuan bisnis.

    Akuntan manajemen menjaga akun perusahaan. Mereka menasihati manajer tentang implikasi keuangan dari keputusan bisnis untuk membantu pertumbuhan dan keuntungan. Tanggung jawab pekerjaan meliputi: menyiapkan laporan, anggaran, komentar dan laporan keuangan.

    Akuntansi manajerial membantu manajer membuat keputusan operasional - dimaksudkan untuk membantu meningkatkan efisiensi operasional perusahaan - sekaligus membantu dalam pengambilan keputusan investasi jangka panjang

    Fungsi Akuntansi adalah; pengendalian kebijakan keuangan, dan pembentukan perencanaan, penyusunan anggaran, pengendalian biaya, evaluasi kinerja karyawan, Pencegahan kesalahan dan kecurangan. Analisis pihak yang berkepentingan, termasuk manajemen.

    Fungsi Akuntansi manajemen ialah menyajikan sebuah data – data atau informasi yang penting dan terkait berdasarkan data historis dalam rangka melaksanakan proses manajemen yang meliputi seperti perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian serta penilaian kerja.

    Perbedaan Akuntansi Keuangan Dan Akuntansi Manajemen berdasarkan ruang lingkup yaitu Laporan dari Akuntansi Keuangan menyajikan sebuah informasi keuangan mengenai suatu perusahaan secara keseluruhan, contohnya neraca, laporan laba rugi, dan lain – lain. Sedangkan Laporan dari Akuntansi Manajemen memberikan sebuah informasi yang bertujuan untuk melaporkan hanya pada suatu bagian yang ada di dalam suatu perusahaan.

    Karakteristik Akuntansi Manajemen

    • Processing of financial information ( sebagai suatu system pengolahan informasi keuangan )

    Sekilas sebuah akuntansi manajemen agak mirip seperti dengan sebuah akuntansi keuangan tetapi akuntansi manajemen ruang lingkupnya sedikit lebih sempit yaitu hanya kepentingan pemakai internet organisasi atau suatu perusahaan. Sebuah Akuntansi Manajemen menyediakan sebuah informasi kuantitatif termasuk dokumen dengan uang sebagai suatu ukuran untuk mempermudah pihak manajemen dalam mengelola suatu perusahaan sehingga sebuah masalah atau sebuah kendala apapun akan teratasi dengan cepat.

    • Business information provider (sebagai penyedia informasi bisnis )

    Akuntansi manajemen memiliki suatu peran yang sangat dalam untuk mengurangi ketidakpastian dari sebuah informasi non kuantitatif (kualitatif ) perusahaan. Informasi akuntansi memiliki istilah ‘ accounting is a business language ‘ sehingga akuntansi sebuah alat bagi manajer untuk berpikir dalam menjalankan bisnis dan mengomunikasikan pikiran bisnis manajer kepada bawahan serta atasannya kepada manajer yang lain dari pihak eksternal perusahaan.

    • Score Keeping ( sebagai pencatat skor )

    Akuntansi manajemen sebagai pencatat skor maksudnya ialah akuntansi membantu untuk mencatat serta mengendalikan rencana aktivitas agar bisa mendiskusikan skor kepada manajer suatu perusahaan sehingga pihak manajemen dapat mengevaluasi sebuah pelaksanaan atau kinerja sesuai rencana yang telah di atur.

    • Attention Directing ( sebagai objek perhatian manajemen )

    Akuntansi manajemen diwajibkan menyajikan informasi penyimpangan dari sebuah pelaksanaan yang tidak sesuai dengan rencana sehingga diperlukan sebuah perhatian manajemen untuk mencegah penyimpangan berlarut – larut dan munculnya simpang baru.

    • Problem Solving ( sebagai pemecah masalah )

    Akuntansi manajemen dapat menyajikan sebuah informasi yang berguna bagi manajemen untuk mengambil sebuah keputusan yang bisa menyelesaikan masalah perusahaan.

    Jenis Akuntansi Manajerial

    • Penetapan Biaya dan Penilaian Produk.
    • Analisis Arus Kas.
    • Analisis Perputaran Persediaan.
    • Analisis Kendala.
    • Metrik Leverage Keuangan.
    • Manajemen Piutang Usaha (AR).
    • Penganggaran, Analisis Tren, dan Peramalan.(Edrian)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Karakteristik dan Ruang Lingkup Akuntansi Manajemen
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar