Perbandingan Telegram Vs Whatsapp

Daftar Isi

    LancangKuning - Telegram? Apa itu telegram? Telegram ialah aplikasi pesan chatting yang bisa memungkinkan pengguna untuk mengirimkan pesan secara pribadi. Telegram juga bisa mengirim atau berbagi gambar atau video, tetapi Telegram juga memungkinkan kamu mentransfer dokumen atau mengirim lokasi kamu saat ini kepada teman dengan mudah.

    Telegram merupakan salah satu aplikasi terbaik dari semua, cepat, ringan dan tidak ada iklan. Aplikasi ini sangat mirip dengan WhatsApp dan bisa dibilang menjadi alternative dari WhatsApp, apalagi pada saat ini WhatsApp sedang mengalami trouble sebab dibatasi oleh pemerintah, maka dari itu Telegram bisa kamu gunakan untuk berkirim pesan tanpa gangguan.

    Aplikasi chatting Telegram memiliki antarmuka yang bersih dan memiliki banyak fitur, sebab itu Telegram sangat banyak digunakan oleh seluruh dunia pada saat ini. Bahkan kamu juga bisa memasukkan beberapa program agar Telegram bisa bekerja sesuai dengan keinginan kita.

    Di Telegram kamu juga bisa membuat grup chat dengan teman-teman mu. Grup chat bisa menjadi lebih hidup dengan adanya fitur reply, mentions, hastags dan forwards, tidak hanya itu pengguna Telegram juga dapat membuat stiker.

    Jika untuk pengguna biasa, Telegram akan lebih aman dibandingkan dengan WhatsApp. Telegram mempunyai fitur secret chat yang jauh lebih aman. Proses penyiaran dapat dilakukan dengan menggunakan Channel. Channel bisa menampung jumlah anggota yang tak terbatas. Dari WhatsApp sendiri tidak mempunyai fitur untuk menangani penyiaran seperti Telegram.

    Kelebihan Telegram

    1. Aplikasi gratis

    Salah satu kelebihan dari Telegram yaitu memiliki versi gratis dan versi berbayar. Dari kedua versi tersebut fitur yang ditawarkan pastinya berbeda.

    1. Bebas dari iklan

    Banyak dari aplikasi yang kita ketahui bahwa perusahaan banyak yang menawarkan iklan kepada suatu aplikasi tersebut. Tapi Telegram bebas dari iklan

    1. Aplikasi ringan dan cepat mengirim pesan

    Jika kita bandingkan dengan WhatsApp mengenai kecepatan dalam mengirim pesan, Telegram lebih cepat karena menggunakan system Cloud. Maka dari itu Telegram menjadi aplikasi tercepat dalam mengirim pesan.

    Kekurangan Telegram

    1. Telegram tidak menyediakan fitur video call

    Jika dibandingkan dengan aplikasi Line dan WhatsApp yang telah menggunakan fitur video call sejak awal perilisan. Berbeda dengan Telegram yang sama sekali tidak mau menambahkan fitur video call.

    1. Telegram tidak menyediakan fitur stories

    Menurut saya, Telegram tidak menyediakan fitur stories karena aplikasi telegram masi menganggap bahwa private pengguna lebih penting dibandingkan dengan menambahkan fitur stories.

    WhatsApp? Apa itu WhatsApp? WhatsApp adalah media berpesan online yang menggunakan paket kuota atau sering di dengar dengan kata kuota internet. Hampir seluruh orang menggunakan aplikasi WhatsApp tersebut. Aplikasi WhatsApp juga mempunyai banyak fitur yang cukup menarik. Dimana kamu dapat mengirim dan menerima teks pesan, audio, video, file dan lainnya. WhatsApp juga mendukung fitur video call dan juga membolehkan kamu untuk menelepon sambil bertatap muka.

    WhatsApp juga memiliki fitur story. Fitur ini yang nantinya akan memperbolehkan kamu untuk meng-share apapun melalui fitur ini, dengan kurun waktu yang lamanya selama 24 jam. Dan kamu juga bisa mengetahui siapa saja yang sudah melihat story kamu.

    Kelebihan Whatsapp

    1. Terdapat backup data

    Di WhatsApp kamu bisa membackup data chat dalam waktu tertentu. Sehingga jika kamu ingin melihat kembali chat yang sudah kamu kirimkan beberapa waktu yang lalu.

    1. Tidak terlalu memakan banyak bateray

    Jika kamu ingin menghemat baterai, maka kamu dapat menggunakan aplikasi Whatsapp untuk mengirit baterai. Pengguna aplikasi WhatsApp memang bisa dipercaya untuk lebih menghemat baterai.

    1. Tersedia layanan pembatalan pengiriman pesan

    Ketika kamu salah mengirim pesan, maka kamu bisa menarik kembali pesan tersebut.

    Kekurangan WhatsApp

    1. Tidak irit kuota

    Sampai saat ini cukup sulit untuk menemukan aplikasi yang bisa menunjang penggunaan kuota yang lebih irit.

    1. Tidak dapat melakukan video call pada WhatsApp web

    Saat kamu menggunakan Whatsapp pada web atau yang terpasang di laptop atau computer. Kamu belum bisa melakukan videocall.

    1. Mengharuskan kamu untuk memiliki koneksi internet yang kuat

    Ketika jaringan kamu tidak bagus maka itu akan berakibat juga pada WhatsApp, sebab jika jaringan kamu tidak bagus Whatsapp pun akan berjalan sangat lama.(Delia)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Perbandingan Telegram Vs Whatsapp
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    100%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar