Tokopedia Vs Shopee

Daftar Isi

    LancangKuning - Tokopedia adalah merupakan suatu perusahaan perdagangan elektronik atau sering disebut toko daring. Sejak didirikan pada 2009, Tokopedia telah bertransformasi menjadi sebuah unicorn yang berpengaruh tidak hanya di Indonesia tetapi juga di Indonesia tetapi juga di Asia Tenggara.

    Hingga saat ini, Tokopedia termasuk marketplace yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat di Indonesia. Tokopedia turut mendukung para pelaku usaha dari mikro kecil dan menengah (UMKM) dan perorangan untuk mengembangkan usaha mereka dengan memasarkan produk secara daring dengan pemerintah dan pihak-pihak lainnya.

    Tokopedia adalah merupakan sebuah perusahaan internet asal Indonesia yang didirikan oleh william Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edision. Inspirasi pendirian Tokopedia ini muncul dari pengalaman founder Tokopedia yang dulu juga tergabung ke dalam komunitas cafe gaul yang melihat permasalah banyaknya kasus penipuan dalam transaksi jual beli online. Bermodalkan suatu pengalaman selama menjadi anggota di cafe gaul tersebut, dan akhirnya founder Tokopedia memanfaatkan masalah itu   tersebut menjadi sebuah peluang untuk bisnis yang sangat potensial.

    Sampai saat ini Tokopedia selain marketplace, Tokopedia memiliki banyak produk digital yang membuat para penggunanya semakin nyaman menggunakan Tokopedia untuk keperluan sehari-harinya, seperti:

    1. Tokocash
    2. Tiket kareta api
    3. Air PDAM
    4. Angsuran kredit
    5. Pasca bayar
    6. Gas PGN
    7. Mitra toppers
    8. Pulsa
    9. BPJS
    10. Telkom
    11. Donasi
    12. Voucher game dll

    Tokopedia memiliki banyak fitur yang dapat membuatnya menjadi pilihan banyak masyarakat di Indonesia sebagai tempat berjualan ataupun mencari barang yang kita inginkan:

    1. Topads
      Dengan menggunakan fitur topads di toko ataupun diluar produk yang sedang dipromosikan dan dapat dilihat oleh banyak calon pembeli.
    2. Statistik toko
      Melalui statistik toko penjualan bisa memantau perkembangan toko, dengan begini penjualan bisa merencanakan strategi penjualan yang tepat supaya toko bisa semakin berkembang.
    3. Gold merchant
      Ini adalah fitur berbayar di Tokopedia yang memberi kemudahan untuk menjual dalam pengolahan toko nya.
    4. JNE online booking
      Penjualan ini tidak perlu lagi memasukkan resi manual karena sudah masuk secara otomatis melalui JNE.
    5. Preferred logistic partner
      Pengiriman dengan menggunakan JNE akan mendapatkan cashback sebesar 2% dari setiap ongkos kirim yang dikeluarkan.
    6. TopPoints
      topPoints diberikan oleh Tokopedia kepada pembeli aktif yang beruntung.

    SHOPEE

    Shopee adalah merupakan suatu aplikasi yang bergerak di bidang jual beli secara online dan dapat kita akses secara mudah dengan menggunakan smartphone. Shopee hadir dalam bentuk suatu aplikasi yang memudahkan si penggunanya dalam melakukan kegiatan berbelanja secara online tanpa harus ribet menggunakan perangkat dari komputer.

    Beberapa keunggulan shopee:

    • Proses penjualan barang dengan cukup cepat dan dapat dilakukan hanya dalam waktu 30 detik.
    • Memudahkan si penjual dalam memasarkan barang dagangannya dengan menggunakan fitur foto. Sehingga bisa mengunggah foto barang hingga sambil mengambil foto.
    • Ada fitur pemberitahuan tentang suatu sistem pembayaran sampai dengan penyelesaian transaksi. Sehingga memudahkan si penjual dalam mengecek transaksi jual beli online.
    • Memberi kemudahan dalam memilih suatu produk seperti memilih varian motif, warna hingga ukuran. Jadi jangan khawatir apabila keinginan anda tidak sesuai.
    • Memiliki layanan gratis ongkir atau ongkos kirim.
    • Memiliki layanan terbaru yang bisa kita gunakan untuk membayar suatu tagihan listrik PLN.
    • Memiliki suatu tampilan yang dikemas menarik dan dapat digunakan dengan mudah walaupun oleh si pengguna yang baru.
    • Menghadirkan suatu fitur live chat yang akan memudahkan si pembeli agar bisa langsung berbicara dengan si penjual untuk bisa bertransaksi atau bernegosiasi. Fitur ini sangat memudahkan pengguna shopee karena mengingat pada situs e-commerce atau aplikasi yang lain yang harus menyimpan nomor telepon terlebih dahulu ketika ingin bertransaksi.
    • Memiliki fitur tawar menawar yang memungkinkan si pembeli untuk menawar harga.
    • Memiliki fitur berbagai yang lengkap agar dengan mudah menyebarkan info ke berbagai situs media sosial atau aplikasi messenger, seperti facebook, instagram, twitter, line, pinterest, whatsapp.(Lisdayani)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tokopedia Vs Shopee
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar