Tanaman Alami dan pengolahannya Untuk Obesitas

Daftar Isi

    LancangKuning.com – Obesitas adalah kelebihan berat badan yang bisa berdampak sangat berbahaya bagi penderitanya. Obesitas dapat terjadi karena tidak terjaganya pola makan sehingga berat badan selalu meningkat.

    Beragam cara mungkin akan mencari cara bagaimana mencegah obesitas ini, ternyata banyak sekali tanaman alami yang baik untuk mereka yang obesitas diantaranya :

    1. Daun Jati Belanda

    Daun ini bisa dikatakan mirip dengan daun jati biasa. Daun jati belanda(Guazuma ulmifolia) banyak mengandung zat kimia, tidak hanya daun yang mengandung zat kimia tetapi batang terdapat juga zat kimianya. Zat kimia tersebut seperti adanya  glukosa, damar, zat pahit, asam, zat-zat tersebut berguna bagi kesehatan tubuh kita. Manfaat daun jati belanda ini mampu melangsingkan  tubuh serta dapat menghilangkan lemak jahat dari tubuh kita. Caranya yaitu sangat mudah dengan membuat teh dari daun jati belanda yang sudah di keringkan kita buat untuk suduan minum, seperti minum teh.

    1. Serai

    Serai mengandung zat yang baik untuk mengurangi lemak beracun di dalam tubuh kita.

    Cara nya yaitu:

    • Saat kita memasak makanan kita bisa mencampurkan serai ke dalamnya. Serai memiliki nilai kalori yang tidak terlalu banyak, jadi kamu tidak perlu cemas mencampurkan serai ke dalam masakan kamu.
    • Minum teh serai dengan rutin setiap hari fungsi nya supaya kita tidak kelebihan air.
    • Mengkombinasikan serai dengan bahan lainnya .Selain menjadikan teh, kamu bisa mengkombinasikan serai dengan bahan lainnya yang sudah terbukti ampuh membantu merangsang pembakaran lemak tubuh, diantaranya: lemon/jeruk, madu, cengkeh, kayu manis. Caranya haluskan 2 batang serai, lalu rebus bersama kayu manis dan cengkeh hingga mendidih. Setelah hangat-hangat kuku tambahkan irisan lemon/jeruk dan tambahkan madu setiap kali akan diminum. Konsumsilah secara terartur sebanyak 3x  sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
    1. Jeruk Nipis

    Pada kandungan jeruk nipis ini terdapat vitamin C yang bisa menyerap lemak dalam tubuh kita, sehingga mampu menurunkan berat badan. Di dalam jeruk nipis asam nya sangat tinggi sebaiknya kamu mengkonsumsi sebelum makan jika kamu mempunyai penyakit maagh kamu bisa mengurangi asamnya. Caranya jeruk nipis kamu belah 2 lalu di masukkan ke dalam air hangat jika kamu menambahkan madu juga tidak apa-apa, tetapi lebih baik air hangat dan jeruk nipis fungsi nya untuk mengurangi obesitas.

    1. Tanaman Okra

    Tanaman okra adalah salah satu tanaman yang dapat dijadikan sayuran seperti sup, dll. Tanaman okra ini bisa mencegah atau mengantisipasi obesitas yang berlebihan.

      Caranya:

    • Ambil 1 atau 2 buah okra lalu iris tipis-tipis
    • Lalu rendam irisan okra dalam  sebuah gelas yang berisi air
    • Setelah itu, simpan rendaman buah okra di dalam kulkas
    • Setelah 3 jam rendaman buah okra akan berlendir dan sudah dapat diminum
    1. Kayu Manis dan Madu Asli

    Kandungan cinnamaldehyde di dalam kayu manis  berfungsi untuk membakar lemak yang berkumpul di dalam tubuh.

    Caranya yaitu:

    • Tumbuklah kayu manis hingga halus
    • Lalu masukkan kedalam air yang berisi air hangat
    • Setelah itu, tutup dan tunggulah beberapa menit
    • Kemudian, aduk dengan rata lalu, saring ampasnya
    • Minum 2X sehari
    1. Jahe

    Manfaat jahe sangat banyak sekali yaitu: jahe bisa menyembuhkan berbagai penyakit seperti; pusing, masuk angin, mules, demam. Jahe ini bisa dikatakan tanaman yang dapat mengurangi berat badan. Cara nya yaitu: haluskan jahe, lalu rebus ke dalam air mendidih, setelah itu saring ampasnya dan minum 3 kali sehari.

    1. Tanaman Mulberry

    Ecdysterone, lupeol, rutin di dalam mulberry yang berfungsi untuk menurunkan kadar lemak yang berlebihan. Caranya cukup mudah dengan mengkonsumsi buah tersebut.

    1. Tanaman Mint

    Tanaman mint mengandung nutrisi untuk mencegah obesitas. Daunnya mengandung berbagai vitamin      seperti vitamin A,B,C,D dan E,DAN juga mengandung kalsiuam dan fosfor. Caranya yaitu: Ambil 5 atau 6 helai daun mint, lalu cuci untuk menghilangkan kumannya, setelah itu, masukkan ke dalam gelas yang berisi air hangat, tunggu hingga masak, setelah itu, saring dan buanglah ampasnya, ambil airnya dan minum 3X sehari.

    1. Kubis

    Kalsium, potassium, besi, natrium adalah jenis mineral pada kubis yang berfungsi untuk membakar lemak pada tubuh. Cara nya bisa kamu tambahkan ke dalam masakan kamu.

    Itulah beberapa tanaman alami atau herbal yang bisa dimanfaatkan serta pengolahannya untuk penderita obesitas.(Jenny)

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tanaman Alami dan pengolahannya Untuk Obesitas
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar