Prinsip- Prinsip Cash Management

Daftar Isi

    LancangKuning - Cash Management merupakan suatu service atau jasa perbankan yang berfungsi untuk nasabah perusahaan dan perorangan pengusaha. Tujuan dari cash management ini adalah untuk membantu mereka dalam mengolah arus kas dan arus informasi bagi transaksi keuangan bisnis mereka sehingga dapat memberikan hasil yang optimal dan dapat meningkatkan efisien serta efektivitas kita dalam kehidupan bisnis.

    Manfaat dari cash management

    1. Memudahkan nasabah dalam melakukan segala transaksi bisnis keuangan dan serta monitoring atas transaksi mereka tersebut.
    2. Dapat memberikan rasa aman dan nyaman dalam melakukan transaksi keuangan bisnis tersebut.
    3. Cash management ini juga memiliki layanan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan yang sesuai dengan yang dibutuhkan yang tentunya berbeda dari setiap jenis usahanya.
    4. Meminimalkan kemungkinan akan timbulnya resiko- resiko yang akan mungkin terjadi dalam setiap melakukan transaksi di perbankan nasabah.
    5. Anda tidak perlu takut, karena segala transaksi keuangan nasabah dapat tersusun dengan rapid an terkontrol dan tentunya sudah jelas aman.

    Prinsip – Prinsipnya

    • Akuntabilitas
      Prinsip ini merupakan prinsip yang dimana kewajiban moral atau hukum yang melekat pada perusahaan, individu, atau kelompok. Dan dimana ini akan menjelaskan bagaimana cara proses pemanfaatan dana , atau alat- alat yang digunakan, yang artinya prinsip ini sangat penting untuk dijalankan  karena semua pihak akan  berhak mengetahui bagaimana pemanfaatan dana atau wewenang yang diberikan.
       
    • Konsistensi
      Dalam prinsip ini, sistem dan kebijakan haruslah konsisten dalam waktu ke waktu. Dan sistem keuangan seharusnya bisa menyesuaikan dengan perubahan yang terjadi di perusahaan agar tidak terjadi kesalahan.
       
    • Kelangsungan Hidup
      Pada prinsip ini , penting bagi pihak perusahaan untuk menyiapkan  rencana keuangan dimana dalam rencana ini akan harus terlihat bagaimana proses perusahaan menjalankan strategi dan memenuhi kebutuhan keuangannya. Dan prinsip ini bisa di katakana keamanan dan keberlanjutan keuangan organisasi agar keuangan perusahaan terjaga dan aman ketika setiap pengeluaran harus berjalan dengan dana yang di peroleh atau dibutuhkan.
       
    • Transparansi
      Intinya perusahaan ini harus transparan atau terbuka mengenai pekerjaannya .Dan perusahaan harus menyediakan berbagai informasi yang mengenai rencana dan aktivitas perusahaan pada pihak yang berkepentingan. Apabila perusahaan tidak bersikap transparan maka perusahaan akan diindikasikan sebagai suatu yang buruk dan ada sesuatu yang disembunyikan atau tidak benar.
       
    • Standar Akuntansi
      Prinsip ini lebih mengedepankan pada sistem akuntansi dan sistem keuangan yang digunakan oleh perusahaan, dan dimana sistem ini haruslah sesuai dengan standar akuntansi pada umumnya. Jadi perusahaan tidak boleh  sembaragan memilih  mengadaptasi sistem akuntansi  yang mungkin tidak sesuai dengan standar yang berlaku di Indonesia, karena itu akan membuat standar akuntansi perusahaan jadi ambruk karena tidak sesuai dengan apa yang sudah ditetapkan oleh negara Indonesia.
       
    • Integritas
      Dalam prinsip ini , mengatakan bahwa setiap individu yang terlibat dalam operasional perusahaan harus memiliki integritas yang baik dan bagus. Prinsip ini tidak hanya berlaku pada personel atau individu, tetapi juga berlaku untuk berbagai laporan atau catatan keuangan. Semua catatan dan laporan atau yang berkaitan dengan perusahaan harus dijaga integrasinya. Cara terbaik untuk menjaga integrasinya adalah dengan pencatatan keuangan yang lengkap dan akurat.
       
    • Pengelolaan
      Dan inilah prinsip cash yang terakhir adalah pengelolaan. Dimana prinsip ini harus menekankan pada kemampuan perusahaan untuk mengelola dan menggunakan dana yang diperoleh demi supaya bisa mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Prinsip ini bukan hanya fokus pada dana saja tetapi lebih fokus pada pengelolaan keuangan secara keseluruhan dan ini haruslah berhati – hati.

    Manajemen perusahaan yang baik haruslah dibarengi dengan sistem yang baik dan bagus. Salah satu sistem yang bagus adalah Ukirima ERP, yang dimana ini memiliki fitur persediaan, pembelian, penjualan, pengelolaan SDM, manufaktur, hingga sistem akuntansi, dan sistem ini dapat menghasilkan laporan keuangan bagi perusahaan anda.(Syaidah)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Prinsip- Prinsip Cash Management
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar