Storyboard Media Pembelajaran Interaktif

Daftar Isi

    LancangKuning - Perkembangan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) yang terdapat di dalamnya bersamaan dengan perkembangan teknologi multimedia, serta menjadikan produk-produk TIK semakin beragam. Pada tahun 1980-an teknologi computer multimedia mulai memperkenalkan, jadi sejak saat itu multimedia pembelajaran berbasis komputerpun dimulai.

    Ada berbagai sebutan untuk media pembelajaran berbasis computer seperti CAI (Computer Assisted Insruction ), MPI ( Multimedia Pembelajaran Interaktif ), software pembelajaran mandiri, media presentasi bantuan computer, dan lain sebagainya. Setiap penyebutan pasti mempunyai karakteristik khusus sesuai dengan yang dimaksud oleh pengembang tersebut. Mulai saat itu MPI sudah menjadi bahan dikalangan dunia.

    Storyboard

    Storyboard visualisasi sebuah ide dari aplikasi yang akan dibangun, sehingga bisa memberikan gambaran dari aplikasi yang akan dihasilkan nantinya. Storyboard bisa juga disebut dengan visual script yang akan dijadikan Outline dari suatu proyek, ditampilkan shot by shot dalam istilah biasanya disebut juga dengan scence.

    Storyboard sekarang sangat banyak digunakan untuk membuat rancangan sebuah kerangka pembuatan website dan proyek media interaktif Ketika dalam tahap mendesain. Pegembangan suatu perangkat lunak serta perancangan instruksi untuk mempresentasikan dan menjelaskan kejadian interaktif semacam suara serta Gerakan dan biasanya antarmuka pengguna, halaman dan layar presentasi.

    Storyboard media interaktif biasanya digunakan dengan antarmuka dalam grafik pengguna, itu yang disebut dengan Storyboard media. Untuk rancangan rencana desain sebuah ebsite atau proyek interaktif sebagaimana alat visual untuk perencanaan isi tersebut. Mamun sebuah site map (peta) atau flowchart bisa lebih bagus digunakan untuk merencanakan arsitektur informasi, navigasi, links, organisasi dan pengalaman pengguna , terutama yaitu urutan kejadian yang susah diprediksi ataupun penukaran audiovisual kejadian menjadi kepentingan desain yang belum menyeluruh.

    Yang paling utama keuntungan dari Storyboard yaitu, dapat membuat pengguna untuk mengalami perubahan dalam alur cerita untuk memicu suatu reaksi serta ketertarikan yang lebih dalam.

    Membuat Storyboard

    Untuk membuat Storyboard sebelumnya kita harus membuat rangkaian Storyboard terlebih dahulu dalam bentuk rincian naskah yang setelah itu akan dituangkan secara detail grafik dan visual untuk mempertegas serta memperjelas tema tersebut. Batasan pada produksi terakhir akan dijelaskan supaya sesuai dengan jenis produksi yang ditentukan, misalnya Storyboard iklan, film, ataupun video lainnya.

    Untuk mempermudah dalam membuat proyek, maka harus membuat sebuah rencana sebagai dasar pelaksanaan. Outline di tampilkan dalam membuat poin penting pekerjaan yang berfungsi membantu untuk mengidentifikasikan material yang harus dibuat, didapatkan serta disusun agar pekerjaan bisa berjalan. Menggunakan Outline sebetulnya sudah cukup dalam proses produksi, namun dalam berbagai macam proyek video seperti : iklan televisi, company profile sinetron , drama televisi dan film animasi tetap membutuhkan scenario formal yang berisi dialog.

    Format apapun yang dipilih untuk Storyboard, ada beberapa informasi yang harus dicantumkan  :

    • Sketsa dan gambaran layar
    • Warna penempatan serta ukuran grafik,
    • Teks asli, jika ditampilkan pada halaman atau layar
    • Warna, ukuran serta tipe font
    • Narasi
    • Animasi
    • Video
    • Audio
    • Interaksi dengan penonton

    Aspek rekayasa perangkat lunak dalam media pembelajaran

    1. Efektif dan efesien dalam pengembangan maupun pengguna media pembelajaran.
      Seringkali dalam sebuah program yang sepertinya berukuran mini dan memiliki fitur yang tidak terlalu rumit, tapi berjalan dengan sangat lambat. Jika setiap computer memiliki kecepatan yang tidak terbatas dan memory (RAM) yang bebas, maka tidak aka ada masalah. Dalam mengatur pemakaian resource (CPU, RAM dan Harddisk) tersebut harus secara efektif serta efisien , itu pasti akan lebih baik.
    2. Realibitas (kehandalan)
      Program dikatakan reliable apabila program dapat berjalan dengan sangat baik, tidak mudah error, crash atau berhenti pada saat pengoperasian. Kehandalan program juga dinilai dari seberapa jauh dapat tetap berjalan walaupun terjadi kesalahan pengoperasian.

    Tentukan jenis multimedia pembelajaran

    1. Multimedia Presentasi Pembelajaran
      Alat bantu guru dalam proses pembelajaran di kelas serta tidak menggantikan guru tersebut secara keseluruhan. Berupa poin-point materi yang sudah dipersiapkan serta bisa ditambahkan dengan multimedia linear berupa film dan video untuk memperkuat pemahaman siswa.
    2. Multimedia pembelajaran mandiri
      Software pembelajaran yang bisa dimanfaatkan oleh siswa secara mandiri tanpa haru menerima bantuan guru.(Riski)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Storyboard Media Pembelajaran Interaktif
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar