Kelebihan dan Kekurangan Vps Hosting

Daftar Isi

    LancangKuning - Mungkin kamu yang sering mengelola suatu website atau situs sudah tidak asing dengan VPS atau virtual private server. Jika kamu belum memahaminya atau belum pernah mendengar istilah ini, kita akan membahas tentang VPS sebagai salah satu layanan hosting yang banyak digunakan saat ini.

    VPS hosting sering digunakan untuk mengonlinekan website. Meski telah digunakan lebih dari satu user, tipe hosting ini menggunakan teknologi virtualisasi dengan resource dedicated (pribadi) pada server.

    Pengertian VPS

    VPS hosting adalah satu solusi yang aman dan stabil dibandingkan tipe hosting yang lainnya karena VPS tidak menggunakan ruang server yang dedicated. Walaupun tipe lain lebih mudah dibandingkan kamu menyewa atau membeli semua ruang server, tetapi tetap saja fitur dan pelayanan yang diberikan vps lebih memuaskan.

    Biasanya orang pemilik situs menyewa VPS karena jumlah traffic pada website yang sudah tinggi, bahkan telah mencapai batas penggunaan yang disediakan pada shared hosting atau tipe lainnya. Namun, kamu mungkin belum memerlukan resource dari server dedicated sehingga VPS dirasa menjadi pilihan yang tepat karena bisa mengcover kebutuhan, namun tidak berlebihan.

    Cara Kerja VPS

    Sebagai server, computer merupakan tempat hosting yang berfungsi untuk menyimpan database dan file yang diperlukan website. Apabila ada visitor yang mengakses website kamu, permintaan akan dikirimkan oleh browser ke server, kemudian server mengirimkan file yang dibutuhkan melalui internet. Fungsi vps adalah menyediakan server virtual yang menyerupai server fisik dengan beberapa user yang terbagi.

    VPS bersifat privat karena kamu mempunyai kendali yang penuh, VPS terbagi dengan server user lainnya pada level OS. Selain itu VPS memiliki sifat virtual karena adanya layer virtual di atas sistem operasi dari server yang membagi server ke partisi, setiap user harus bisa menginstal OS dan software.

    Jika kamu menggunakan VPS hosting maka website kamu akan menjadi lebih aman karena adanya jaminan resource dan tidak memaksa kamu untuk berbagi bersama user lainnya.

    Apakah ada alternative VPS?

    Kesulitan tidak terduga dari VPS hosting yaitu kamu harus mengelola platform server tanpa dibantu oleh orang lain. Mau atau tidaknya kamu harus bisa mengurusnya sendiri. Jika kamu tidak bisa merawatnya dengan baik maka situs kamu akan mengalami masalah terkait keamanan dan performa. VPS managed adalah salah satu cara alternative VPS hosting yang lebih canggih dan dilengkapi dengan bantuan teknis.

    Kelebihan VPS

    Berikut beberapa kelebihan yang ada pada VPS :

    • Kelebihan pertama yang dimiliki oleh PVS adalah lebih handal dan cepat di banding shared hosting an adanya jaminan resource server, contohnya processing power sehingga fluktuasi resource yang tersedia bahkan tidak ada.
    • Kedua akses super user ke server, jika terjadi masalah pada website dan traffic pada user lain situs kamu tidak terganggu karena dapat menjaga kestabilan dengan baik dan situs kamu tetap berjalan lancar.
    • Kelebihan yang ketiga, pelayanan yang mudah di scale kamu bisa meng-upgrade resource server dengan kelebihan ini di harapkan mampu memaksimalkan kinerja website.
    • Memiliki IP Public yang khusus
    • Bebas meginstall dan menguninstall Software

    Kekurangan VPS

    VPS hosting juga memiliki kekurangan yang tidak dapat di hindari. Berikut adalah beberapa kekurangan dari VPS :

    • Kekurangan yang pertama dari VPS adalah harganya yang lumayan mahal di bandingkan shared hosting. Tentu saja berkaitan dengan fasilitas yang di berikan, dan sebenarnya harga yang di keluarkan sebanding dengan kualitasnya.
    • Kekurangan yang kedua adalah kesalahan pengaturan pada server yang mengakibatkan cukup beras atas keamanannya, Kamu harus menjaga server ini agar tidak mendatangkan masalah.
    • Kekurangan yang ketiga adalah kita harus memiliki pemahaman teknis agar server bisa dikelola dengan baik.
    • Tidak disarankan bagi pemula.(Delia)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kelebihan dan Kekurangan Vps Hosting
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar