Cara Meningkatkan Kinerja Android Agar Lebih Ringan dan cepat

Daftar Isi

    LancangKuning - Smartphone atau hp android merupakan barang elektronik yang hampir dimiliki semua orang dengan kecanggihan yang berbeda-beda serta selalu menjadi pilihan tertentu. Biasanya kecangggihan hp android yang dimiliki hanya bertahan beberapa saat saja, karena hp yang digunakan tersebut sudah lemot.

    Hp android yang lemot bisa disebabkan karena adanya berbagai factor tertentu, dari cara penggunan yang tidak sesuai dengan aturan, terlalu banyak file sampah di dalamnya ataupun terkena virus saat mengakses internet .meningkatkan cara kinerja harus menggunakan cara yang mudah :

    1. Mengaktifkan mode perform yang tersedia di hp android

    Setiap android mempunyai fitur yaitu mode performa. Mulai dari performa batrai, mode hemat baterai, pengoptimal memory, mode normal, dan power save dan juga perawatan perangkatnya. Apabila android sudah sangat lemot, oleh karena itu anda bisa memilih dan mengaktifkan 1 mode performa tersebut, kecuali performa yang hemat batrai. Anda dapat menggunakan mode performa dan juga mode normal, sampai kinerja ponsel tersebut akan membaik dan sangat cepat, hingga pengoperasian android biasa lebih ringan dari yang sebelumnya.

    1. Menonaktifkan apikasi yang jarang dipakai

    Cara yang kedua ini menonaktifkan ataupun mendisable aplikasi yang tidak pernah gunakan. Setiap jenis hp android pasti beberapa aplikasi memiliki beberapa aplikasi bawaan yang sangat berbeda-beda termasuk smartphone pasti memiliki beberapa aplikasi.

    Biasanya aplikasi bawaan memang tidak bisa di uninstall jika di hapus maka mempengaruhi kinerja android. maka aplikasi tersebut di non aktifkan. Biasanya orang yang ingin penghemat kapasitas RAM harus melakukan terlebih dahulu sampai aplikasi bawaan hilang, tetapi cara efektif karena dapat dan dapat merupakan menon aktifkannya terkadang aplikasi bawaannya yang jarang digunakan kemudian bisa dinon aktifkan melalui pengaturan serta menu manajer aplikasi.

    Biasanya aplikasi bawaan yang tersedia di android juga akan menguras kapasitas ram sehingga pengguna tidak bisa dapat menambah aplikasi lain semacam game. Apabila ada pembaruan lunak yang tidak dapat dinon aktifkan secara auto (otomatis). Kapasitas ram akan berkurang serta kinerja android tersebut menjadi semakin berat, maka anda harus menonaktifkan beberapa aplikasi tersebut.

    1. Menghapus aplikasi yang tidak digunakan

    Cara yang ketiga menghapus aplikasi yang tidak digunakan lagi. Saat memiliki hp android baru pastinya pengguna sangat ingin mengunduh berbagai macam aplikasi yang disukai oleh penggunanya salah satunya yaitu aplikasi game. Terkadang aplikasi game yang diunduh merupakan game inline yang kapasitasnya berukuran besar, hal ini dapat membuat kinerja hp android semakin lambat dan hp tersebut cepat panas.

    Maka game ataupun aplikasi lainnya yang kapasitasnya besar ataupun banyak memakan RAM anda perlu menghapusnya. Jika anda ingin mendownload aplikasi chat ataupun sosmed (sosial media). Oleh karena itu usahakan untuk mendownload aplikasi dengan versi lite atau kapasitasnya yang berukuran kecil, Karena dapat menghemat pada pemakaian kapasitas RAM. Seluruh aplikasi harus dioptimalkan supaya tidak memberatkan kinerja android serta android tersebut lebih ringan dan cepat.

    1. Menghapus cache aplikasi

    Cara berikutnya yaitu menghapus cache. Cache merupakan data yang ada disetiap aplikasi. cache terkadang tidak dapat dibuka karena merupakan hasil data setiap anda sedang mengoperasikan aplikasi  tersebut. jika tidak dapat dibuka tetapi data cache dapat menguras kapasitas RAM dengan cepat.

    1. Memasang aplikasi pembersih

    Memasang aplikasi pembersih pada android kita juga bisa menghapus data, sampah, dan cache pada android yang tidak berguna. Anda bisa gunakan aplikasi yang anda gunakan untuk pembersih tanpa akses Root, serta mondownload aplikasinya tersebut. ada beberapa macam aplikasinya, yaitu cleaner mobile, clean master, du boster dan masih banyak lagi. Gunakan salah satunya saja karena justru bisa mempercepat kinerja anda.

    Demikian pengetahuan tentang cara meningkatkan kinerja android agar lebih ringan dan cepat semoga bermanfaat terimakasih.(Riski)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Meningkatkan Kinerja Android Agar Lebih Ringan dan cepat
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar