Lebih Bagus Lazada, Shopee, atau Tokopedia

Daftar Isi

    LancangKuning Seiring berjalannya waktu, aplikasi toko online sekarang semakin ketat persaingannya, termasuk Lazada, Shopee, dan Tokopedia. Ketiga toko online tersebut cukup lincah dalam mencari minat pasar, terutama bagi kaum anak muda yang haus akan belanja. Lazada, Shopee, dan Tokopedia juga terus meningkat performanya untuk saling menyaingi. Tetapi jika ingin memilih toko mana yang lebih terbaik. Mari kita kupas tuntas semuannya.

    Kali ini kita akan membandingkan toko Lazada, Shopee, dan Tokopedia, yang mana ketiga toko tersebut masih menempati posisi puncak sebagai marketplace yang mempunyai jumlah pelanggan yang tinggi.

    • Shopee

    Shopee merupakan sebuah aplikasi toko yang beroperasi di bidang jual beli secara online dan diakses dengan secara mudah menggunakan smartphone (HP). Shopee muncul dalam bentuk aplikasi yang memudahkan penggunanya untuk melakukan aktivitas berbelanja secara online tanpa harus ribet-ribet keluar dari rumah. Namun cukup menggunakan smartphone kita, Shopee akan menawarkan berbagai macam-macam banyak produk fashion hingga produk untuk kebutuhan sehari-hari.

    Shopee ikut meriahkan pasar Indonesia pada akhir bulan Mei 2015 dan mulai bergerak sejak Juni 2015. Shopee merupakan anak dari sebuah perusahaan Garena yang berbasis di Singapura.

    CEO Shopee, mengatakan sejak launching pada bulan Juni tahun 2016 Aplikasi ini mudah diterima di Negara Asia Tenggara. Sekarang Shopee telah menyebar luas di berbagai Negara di Kawasan Asia seperti di Singapura, Malaysia, Vietnam, Thailand, dan Indonesia.

    Kelebihan Shopee

    1. Kemudahan Menginput Gambar Produk
      Apabila kita ingin mendaftar menjadi penjual di Shopee, maka salah satu fasilitas yang Anda dapatkan adalah kemudahan untuk menginput gambar produk dipasarkan di sana. Anda bisa memposting foto barang dagangan hingga 9 foto sehingga para pelanggan dapat melihat lebih jelas tentang produk apa yang akan mereka beli.
    2. Aplikasi Shopee Tersedia di Android maupun Apple
      Tidak semua orang bisa melakukan cara membuka laptop atau PC hanya untuk belanja online. Oleh sebab itu, Shopee menuruti keinginan semua orang untuk mendapatkan sebuah aplikasi dengan antarmuka yang mudah digunakan. Kita bisa menemukan aplikasi Shopee di Google Play Store maupun di AppStore.

    Kekurangan Shopee

    1. Cukup Rumit
      Bagi kalian yang tidak suka menggunakan aplikasi yang sedikit ribet, mungkin kalian juga akan setuju jika Shopee adalah situs atau aplikasi jual beli yang agak rumit. Beberapa hal adalah adanya bagian pembeli dan penjual yang terpisah sehingga tampak tidak praktis, namun sebenarnya itu cukup membantu. Kemudian untuk promosi gratis ongkirnya, persyaratan yang harus dipenuhi juga sedikit sulit dan merepotkan.
    2. Pencairan Dana Cukup Lama
      Setelah proses transaksi selesai, pencairan dana dari Shopee pay ke rekening bank penjual agak sedikit memakan waktu. Bisa sampai kurang lebih satu sampai dua hari. Dari sisi pembeli, tampilan dari keterangan produk terlihat kurang menarik untuk kalangan orang.
    • Lazada

    Lazada adalah perusahaan yang bergerak di bidang layanan jual beli online, hasil perkembangan dari suatu perusahaan Inkubator Teknologi Internet asal Jerman yaitu Rocket Internet. Roket internet ini juga sudah sukses menciptakan berbagai macam perusahan-perusahaan yang inovatif dan kreatif di berbagai belahan dunia, yang memiliki kantor pusat di Berlin, Jerman.

    Lazada launching di Indonesia pada tahun 2012 dan merupakan salah satu dari jaringan retail online Lazada Group juga yang beroperasi di enam Negara Asia Tenggara, yang terdiri dari Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, Singapore, dan Filipina.

    Kelebihan Lazada

    1. Bebas Ongkos Kirim
      Lazada menyediakan layanan terpadu untuk menghilangkan ongkos kirim dengan ketentuan di beberapa wilayah. Jika di daerah Jabotabek dan pembeliannya di atas Rp. 100.000 perbulan, maka akan bebas dari biaya ongkos kirim. Tapi jika diluar Jabotabek, maka masuk dalam wilayah 2 dan 3. Di wilayah 2, pengiriman akan gratis jika harga pembelian di atas Rp. 90.000 perbulan dan berat barang kurang dari 6 kg. Dan untuk wilayah 3, seluruhnya akan dikenakan biaya pengiriman.
    2. Banyak Diskon
      Siapa diantara kalian yang tidak suka dengan diskon? Semuanya pasti menyukainya terlebih lagi kaum hawa. Untuk itu, Lazada sangat tahu apa yang diinginkan konsumennya,A karena sering memberikan diskon-diskon menarik pada produk yang diperjualkan. Diskon yang diberikan juga banyak macam-macam, mulai dari 10 % hingga di atas 50%.

    Kekurangan Lazada

    1. Konfirmasi Pembayaran Lama
      Kita sebagai pembeli, pasti ingin mendapat kepastian dalam berbelanja, tetapi sayangnya konfirmasi pembayaran yang diterima oleh para pembeli di Lazada cukup lama sehingga sering membuat pembeli khawatir dan kecewa.
    2. Fasilitas COD Masih Belum Tersedia di Banyak Kota
      Fasilitas COD yang ditawarkan memang sangat bagus buat konsumen, tapi saat ini masih berlaku untuk wilayah kota Jakarta dan sekitarnya saja. Untuk itu diharapkan Lazada bisa membuat fasilitas ini digunakan oleh konsumen di berbagai kota Indonesia.
    • Tokopedia

    Tokopedia merupakan salah satu situs perbelanjaan online terbesar yang ada diIindonesia. Tokopedia memungkinkan setiap individu, toko kecil, dan merk untuk membuka dan mengatur toko online mereka sendiri. Sejak diluncurkan pada tahun 2009 lalu, pelayanan Tokopedia ini dapat digunakan oleh semua orang secara gratis. Tokopedia mempunyai sebuah program yang bisa mendukung untuk para Pengusaha Kecil dan Menengah (UMKM) dan individu untuk mengembangkan bisnis mereka dengan memasarkan produk secaranya online.

    Tokopedia menawarkan macam-macam produk yang terbagi dalam 21 kategori, diantaranya yaitu Pakaian, Fashion,  Aksesoris, Kesehatan, Rumah tangga, Dapur, Kecantikan, Perawatan bayi, Mobile, Tablet, Mainan, Hobi, Laptop, komputer, Film & Musik hingga Game. Dihitung sejak bulan Januari 2015, lebih dari 1.200 kategori produk yang tersedia di Tokopedia.

    Kelebihan Tokopedia

    • Gratis dan tidak berbayar.
    • Situs muatnya yang mudah, terutama di halaman toko dan produk.
    • Transfer relatif cepat dengan rata-rata 2 hingga sampai 3 jam, dan maksimalnya 4 jam untuk transfer ke bank-bank besar
    • Waktu proses pemesanan memiliki waktu yang lebih leluasa, yang berkisar antara 5 sampai 7 hari sejak faktur masuk.

    Kekurangan Tokopedia

    • Situs dan aplikasi Tokopedia sering mengalami kesalahan.
    • Terlalu sering update sehingga sering membuat pengunjung merasa kesal.
    • Tidak ada fitur daftar hitam untuk pembeli atau penjual.
    • Tidak memiliki fitur diskon.

    Jadi Anda ingin memilih Lazada, Shopee, atau Tokopedia?Itu semua tergantung konsumen nya sendiri, semua marketplace juga mempunyai kelebihan dan kekurangannya.(Yafi)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Lebih Bagus Lazada, Shopee, atau Tokopedia
    Sangat Suka

    50%

    Suka

    33%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    16%

    Komentar