Pengertian Switch

Daftar Isi

    LancangKuning - Switch adalah jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa alat komputer lainnya agar dapat melakukan pergantian paket, menerima, memproses, dan meneruskan data ke perangkat yang dituju.

    Istilah lain dari switch adalah jenis bagian jaringan komputer yang digunakan untuk menghubungkan beberapa HUB dalam membentuk jaringan yang lebih besar dan membutuhkan bandwidth yang cukup besar.

    Switch bekerja lebih praktis, teratur, dan langsung kepada alamat yang dituju. Switch dapat mengambil tujuan data sehingga mengatasi terjadinya tabrakan pada saat data dikirim.

    • Fungsi Switch

    Fungsi switch pada jaringan komputer adalah menjadi HUB, yang menerima dan membagikan data komputer. Beberapa fungsi switch sebagai berikut:

    1. Meneruskan Data Frame, Switch juga meneruskan paket data yang akan diterima alamat tujuan, ke alamat MAC address mana, dan port berapa. Dengan itu, kemudian proses pengiriman data tidak akan mengalami tabrakan.
    2. Address Learning, switch dapat mencatat alamat MAC address dari perangkat jaringan yang terhubung dengannya. Begitu switch menerima data, switch akan mencatat MAC address pengirim dan mempelajari kemana data tersebut akan dikirim.
    3. Looping Avoidance, switch dapat mengatasi terjadinya looping (data hanya berputar-putar pada port-port switch) ketika data yang akan diterima tidak diketahui tujuannya. Data yang diterima akan diteruskan ke alamat tujuan dengan cara memblok salah satu port yang terhubung dengan perangkat lainnya.
    • Cara Kerja Switch

    Pada awalnya cara kerja switch sama seperti HUB, yang memperbedakan keduanya adalah kemampuan switch yang lebih bagus dan praktis dalam pertukaran data, memproses, dan mengirim data.

    Pada penerapannya, switch akan menerima data dari perangkat yang berbeda terhubung dengannya. Kemudian switch menangkap dan mencocokkan alamat MAC Address perangkat yang dituju dengan data tabel yang dimilikinya.

    Seterusnya, switch membuat suatu logika koneksi dengan port yang terhubung dengan perangkat tujuan. Dengan itu, data yang dikirimkan hanya dapat diterima oleh port yang dituju, sedangkan port lainnya tidak dapat menerima data tersebut sehingga mengurangi kekuatan terjadinya tabrakan data.

    • Jenis Jenis Switch

    Menurut model OSI (Open System Interconnection), switch dapat dibedakan menjadi dua jenis. Penjelasan mengenai jenis-jenis switch adalah sebagai berikut:

    1. Switch Layer 2, beroperasi Data Link layer pada lapisan model OSI. Jenis switch ini dapat menambahkan paket data dengan menangkap MAC Address tujuan. Switch ini juga dapat melakukan fungsi bridge antara beberapa segmen LAN (Local Area Network) karena switch akan mengirimkan paket-paket data dengan cara melihat alamat yang dituju tanpa mengetahui protokol jaringan yang digunakan.
    2. Switch Layer 3, terdapat di Network Layer pada lapisan model OSI. Jenis switch ini bisa meneruskan paket data menggunakan alamat IP suatu perangkat. Switch ini bisa disebut juga dengan switch routing atau switch multi-layer.
    • Mengenai beberapa jenis atau tipe switch antara lain sebagai berikut:

    ATM Switch

    ATM (Asynchronous Transfer Mode) adalah mode transfer yang dibuat berbentuk sel-sel. Arti dari asinkronus adalah mengulang sel yang mengandung informasi dari user dan tidak menggunakan periodik.

    ISDN Switch

    ISDN (Integrated Services Digital Network) Switch atau Frame Relay Switch Over ISDN ini sering sekali ada di Service Provide bekerja seperti switch, namun mempunyai perbedaan pada interface yang dipakai dalam tampilan ISDN card atau ISDN router.

    DSLAM Switch

    Digital Subscriber Line Access Multiplexer (DSLAM, baca dee-lam) berguna sebagai telepon garis untuk membikin koneksi lebih cepat ke internet. Digital Subscriber Line Acces Multiplexer ini adalah perangkat jaringan, yang berada di perdagangan telepon dari penyedia fasilitas.

    Fasilitas yang terhubung ke para pengguna Digital Subscriber Lines (DSLs) dengan kecepatan tinggi backbone internet line dengan menggunakan multiplexing teknik.

    Ethernet Switch

    Switch Ethernet merupakan LAN interkoneksi perangkat yang bekerja di lapisan data-link (lapisan dua) dari model referensi OSI, saklar pada dasarnya sama dengan jembatan, tetapi membantu jumlah yang lebih besar dari segmen LAN tersambung dan mempunyai kemampuan manajemen yang lebih banyak.

    LAN modern semakin diganti media bersama diaktifkan, dengan melakukan instalasi switch etherne dan jembatan di tempat hub dan repeater. Partisi logis ini adalah lalu lintas perjalanan, hanya beberapa bagian jaringan jalur antara sumber dan tujuan.

    Hal ini akan menjadi bandwith berkurang. Manfaat dari keamanan ditingkatkan (penggunaan kurang bisa tap-in ke data pengguna lain).(Yafi)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pengertian Switch
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar