Terapkan Diet Ini untuk Cegah Kematian Karena Kanker Payudara

Daftar Isi

    LancangKuning.com – Istilah diet mungkin hanya kita gunakan untuk menurunkan berat badan saja karena merasa gendutan. Tahukah kami, ternyata diet adalah mengatur pola makan agar kita bisa hidup sehat.

    Pasalnya makanan bisa saja menjadi salah satu faktor kita bisa sehat maupun sakit. Apabila kita mengkonsumsi makanan yang tidak sehat tentu saja kita bisa sakit, begitu juga sebaliknya. Jika makanan yang kita konsumsi adalah makanan sehat tentu saja tubuh kita akan ikut sehat serta kita akan terhindar dari yang namanya penyakit salah satunya penyakit kanker payudara.

    Pada sebuah penelitian yang baru terbit pada JAMA Oncologi yang di dalam penelitian tersebut menjelaskan bahwa untuk menurunkan resiko kematian yang diakibatkan oleh kanker bisa dilakukan dengan cara pola diet tertentu.

    Dr. Rowan Chlebowski yang merupakan profesor penelitian dari City of Hope National Medical Center beserta timnya  melakukan analisa data terhadap 48 ribu wanita yang terdaftar di Women’s Health Initiative, merupakan sebuah penelitian nasional besar di 40 negara bagian US.

    Pada awal penelitian, semua wanita yang terdata didiagnosa bebas kanker, namun wanita tersebut dibagi menjadi dua kelompok yang pertama sekitar 20 ribu wanita yang dipilih secara acak diminta untuk mengubah pola makan mereka tertentu dan menurunkan asupan lemak harian dai kalori harian sampai 20 persen. Selain itu para wanita tersebut juga disarankan untuk lebih banyak mengkonsumsi sayur-sayuran, bijia-bijan dan buah-buah.

    Sedangkan kelompok lainnya tidak diberi instruksi apapu dalam mengubah pola makan mereka, namun kemudian mereka diberi edukasi mengenai nutrisi dan diet sehat.

    Para peneliti memriksa jumlah orang yang telah didiagnosa kanker serta melihat penyebab kematian pada wanita dalam selang 8,5 tahun. Peneliti menemukan fakta diantar wanita yang telah didiagnosa kanker payudara, mereka yang tergolong dalam kelompok diet rendah lemak tenyata resiko kematian karena kanker menurun dan mengalami penurunan resiko kematian karena jantung sekitar 38% dibandingkan dengan para wanita yang hanya diberikan edukasi nutrisi.

    Penelitian ini membuktikan bahwa pola makan yang sehat dan mengatur pola makan tertentu dapat mempengaruhi resiko akibat serangaan jantung ataupun kanker payudara. Selain itu, jika kita merepakan pola hidup sehat tentu saja kita memiliki jangka waktu hidup yang lebih lama apabila dibandingkan dengan mereka yang tidak menerapkan pola hidup sehat.

    Karena itu disarankan sekali untuk kita semua terutama wanita agar bisa memilih makanan yang sehat dan menjaga pola makan kita.(UT)

     

    Sumber : Vemale.com

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Terapkan Diet Ini untuk Cegah Kematian Karena Kanker Payudara
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar