Cara Merawat Komputer Secara Software Hardware

Daftar Isi

    LancangKuning - Menurut komputer yang telah dirumuskan, komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data. Perawatan komputer harus diperhatikan dengan baik agar memperoleh hasil atau kinerja komputer menjadi stabil. Perawatan komputer baik itu pada CPU maupun monitor harus dilakukan secara berkala. Perawatan komputer adalah hal dasar yang sering dilupakan oleh pengguna, sehingga menyebabkan terjadinya kerusakan pada komputer.

    Cara merawat komputer secara Software:

    1. Ikuti sesuai prosedur ketika menghidupkan dan mematikan computer
      Lakukan shutdown terlebih dahulu agar system operasi tidak terjadi suatu masalah.
    2. Lakukan backup data secara berkala
      Melakukan backup data, membantu menjaga keamanan data, memudahkan pendistribusian data, dan mengurangi penggunaan kapasitas penyimpanan
    3. Gunakan Operating System yang sesuai
      System operasi ini berpengaruh dengan spesifikasi komputer yang digunakan.
    4. Defrag harddisk secara berkala
      Fungsinya agar menata serta mengurutkan file-file harddisk berdasarkan jenis file/data sehingga mempermudah read/write yang akan meringankan beban kerja serta dapat memperpanjang umur harddisk.
    5. Bersihkan recycle bin secara teratur
      Ketika mendelete sebuah file/folder, maka file/folder tersebut tidak langsung hilang, karena akan ditampung terlebih dahulu di Recycle Bin. Ketika file/folder yang berada di Recycle Bin sudah banyak, maka hal tersebut akan menyita ruang harddisk yang menyebabkan pembacaan harddisk menjadi lelet.
    6. Uninstall program yang tidak perlu
      Ruang harddisk yang banyak tersita akan memperlambat proses read/writer harddisk yang menyebabkan beban kerja lebih berat sehingga harddisk akan cepat rusak.
    7. Tutup program yang tidak berguna
      Program yang dijalankan akan membutuhkan memori (RAM) sehingga program yang dijalankan semakin banyak maka semakin banyak memori yang tersita. Hal ini membuat berjalannya komputer menjadi lebih lambat dan membuat beban kerja menjadi lebih berat sehingga mengakibatkan pendeknya umur komponen atau computer.
    8. Gunakan program aplikasi sesuai kebutuhan
      Jika menggunakan program aplikasi sesuai kebutuhan, maka hal tersebut akan memperpanjang umur dari software.
    9. AntiVirus yang Update
      Lakukan terhadap antivirus.Dengan adanya virus, maka akan menyebabkan akses pada computer menjadi lambat serta rusaknya system atau data.

    Cara merawat computer secara hardware:

    1. Debu atau kotoran kecil yang menempel
      Bersihkan debu dengan menggunakan kompressor dan dilakukan di ruangan terbuka. Ketika merawat komputer secara hardware, berhati-hatilah saat membersihkan lapisan isolator pada PCB terkelupas yang akan menyebabkan korosi pada jalur tembaga. Jika hal tersebut terjadi, maka harus mengganti peripheral tersebut. Gunakan contact cleaner/degreaser cleaner jika terjadi korosi pada soket untuk membersihkannya. Jangan membersihkan dengan menggunakan kuas agar debu tidak ada yang masuk.
    2. Pengecekan pada pemasangan peripheral
      Selalu mengecek kembali saat pemasangan Motherboard atau peripheral agar tidak akan terjadi masalah.
    3. Jauhkan benda yang mengandung medan magnet
      Medan magnet mengakibatkan warna monitor menjadi tidak rata atau belang-belang. Jauhkan benda seperti speaker, hp dan benda yang lainnya yang mengandung magnet.
    4. Menstabilkan tegangan listrik
      Tegangan listrik yang tinggi atau malah justru rendah, akan menyebabkan computer mati mendadak. Gunakanlah UPS dan stabilizer jika rumah berada pada daerah yang sering terjadi pemadaman listrik.
    5. Ventilasi udara yang cukup
      Ventilasi udara yang kurang baik akan menyebabkan panas yang berlebihan yang komponen/elektronik juga akan menjadi cepat panas sehingga dapat memperpendek umur komponen komputer.
    6. System pendingin (kipas dan aluminium pendingin)
      Tambahlah system pendingin dengan yang lebih baik ketika pengguna sering menggunakan computer dengan kinerja yang tinggi.
    7. Menghidupkan dan mematikan computer juga harus sesuai dengan prosedur
      Lakukan shutdown pada komputer yang akan dimatikan sebelum mencabut kabel power.
    8. Hindari penempatan computer yang terkena langsung oleh sinar matahari.
    9. Merawat LCD monitor
      Dengan cara tidak menyentuh permukaan layar secara langsung, akan menghindari timbulnya kotor atau tergores. Jika layar terlanjur kotor, gunakan cairan khusus pembersih LCD dengan menggunakan kain lap yang halus untuk membersihkannya dan hindari menekan permukaan LCD.

    Semakin sering merawat komputer software hardware, maka komputer akan awet dan lebih panjang umurnya. (Tria)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Merawat Komputer Secara Software Hardware
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    33%

    Terinspirasi

    33%

    Tidak Peduli

    33%

    Marah

    0%

    Komentar