Wabup Siak Terpilih: Pariwisata Penopang Pendapatan Daerah

Daftar Isi

    Keterangan foto: Peresmian taman hijau Sungai Penampo Khalifah Sulaiman di Dosan dihadiri Wakil Bupati Siak terpilih H Husni Merza (batik hijau). (Gs)

    SIAK, Lancangkuning.com - Salah satu konsentrasi Bupati-Wakil Bupati Siak terpilih H Alfedri-Husni Merza, pada periode 2021-2026 akan menggenjot lagi sektor pariwisata di Kabupaten Siak.

    "Kedepan, salah satu konsentrasi Alfedri-Husni akan menggenjot lagi sektor pariwisata,  karena pariwisata ini sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi daerah kedepannya, dan merupakan salah satu kegiatan prioritas yang kita kembangkan," kata wakil Bupati Siak terpilih H Husni Merza,  dijumpai usai peresmian taman hijau  Sungai Penampo Khalifah Sulaiman di Kampung Dosan Kecamatan Pusako, Selasa (29/12/20).

    Husni mengatakan, bersama Alfedri nantinya mereka akan berusaha untuk membuat iven-iven pariwisata,  sehingga efeknya nanti orang akan banyak berkunjung ke Siak.

    "Pariwisata penopang pendapatan daerah,  untuk itu kedepan sektor pariwisata ini akan kita genjot,  dan tentu akan mendorong hidupnya perekonomian masyarakat, UMKM akan muncul, seperti taman hijau Sungai Penampo Khalifah Sulaiman ini," kata Husni.

    Husni mengapresiasi upaya yang dilakukan kelompok masyarakat di Dosan untuk meningkatkan PAD dengan membantu tempat wisata.

    "Sehingga kedepan desa bisa meningkatkan PAD, dan bisa mendukung pembangunan desa serta bisa mensejahterakan masyarakat," jelasnya.

    Husni mengatakan, upaya pemerintah untuk menonjolkan wisata, wisata tidak harus wisata alam, tergantung keunikan kampung itu sendiri. 

    "Setiap daerah tidak harus menonjolkan ekosiwata, tergantung daerahnya masing-masing, kita akan dorong setiap desa ada objek wisata sendiri, gunanya untuk merilekkan diri dan pikirannya di tengah kesibukan mereka sehari-hari," katanya.

    Di tengah pandemi kata Husni, juga merupakan tantangan sendiri dari sektor pariwisata,  namun dengan terpilihnya Sandiaga Uno menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, diharap pemikiran cerdas dan bernasnya bisa mendorong desa-desa wisata atau daerah mendapat solusi.

    Sementara itu, Penghulu Dosan Zamri mengatakan, taman hijau sungai penampo Khalifah Sulaiman itu didirikan seluas 1,5 hektar di lahan masyarakat yang telah dihibahkan ke kampung.

    "Tujuan membangun  taman hijau ini, untuk memenuhi visi misi kami sewaktu pilkampung lalu. Konsepnya, kita ingin penghijauan di kampung dan tempat relaksasi masyarakat," kata Zamri.

    Zamri mengatakan,  selain itu masyarakat juga bisa melakukan oengembangan UMKM nya, seperti menjual wajik nanas, stok raico, keripik cabe dan lainnya.

    "Meski dalam pembangunan, kedepan tetap akan kita lakukan pengembangan," katanya.

    Peresmian taman hijau Sungai Penampo Khalifah Sulaiman itu diresmikan Bupati Siak yang diwakili Asisten II Setdakab Siak Hendrisan, juga dihadiri anggota DPRD Siak Zulfaini, perwakilan camat Pusako, tokoh masyarakat dan lainnya. (Gs)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Wabup Siak Terpilih: Pariwisata Penopang Pendapatan Daerah
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar